Riset kata kunci yang tepat dengan Keyword Planner Google
Sumber gambar dari Google
Banyak para blogger mungkin kurang yakin, Apakah topik blog yang dipilih benar-benar dicari banyak pengunjung melalui mesin pencari dengan kata lain apakah kata kunci yang dibangun relevan? Tidak jarang mungkin ketika membangun blog Anda sudah mempunya konten yang banyak dan sudah cukup berumur lama tetapi pengunjungnya tetap sedikit? Atau Anda menghabiskan waktu mengetikan kueri atau kata kunci pada mesin pencari untuk menemukan apakah blog muncul dengan kategori kata kunci yang Anda pilih dan ternyata blog tidak juga ketemu dan kecewa? Yang Anda butuhkan menghadapi situasi ini kembali ke belakang meneliti bahkan riset kembali kata kunci satu demi satu dan kontennya benar-benar Niche yang unik dan menarik.

Niche Blog yang Anda pilih selain menjadi minat Anda juga diminati oleh pengunjung dibuktikan dengan banyak dicari melalui mesin pencari khususnya mesin pencari Google. Untuk mengetahui sejauh mana minat pengunjung dengan topik Blog Anda, Anda sebaiknya melakukan riset.

Cara riset yang paling mudah dan sederhana adalah dengan bantuan alat (tool) Google yang dinamakan Google Keyword Planner. Cara ini menentukan seberapa banyak pencarian organik kata kunci pada mesin pencari Google, tingkat kompetisinya (rendah, sedang dan tinggi), dan pengunjung unik yang tertarget sesuai dengan Topik Blog Anda.

Bagaimanakan cara riset kata kunci dengan Google Adwords Keyword Planner tentunya yang Anda tunggu-tunggu. Riset dapat Anda lakukan kapan saja baik memulai blog baru maupun meneliti kembali relevansi kata kunci yang sudah dibangun sebelumnya.

Diibaratkan Anda sudah pikir-pikir dan sudah menentukan Niche Blog dengan memilih banyak kata kunci untuk dijadikan topik Blog nantinya.

Anggap saja Anda saat ini sudah memiliki Blog dengan niche "Manfaat Kopi".

Langsung saja cari Google Adwords Keyword Planner pada mesin telusur Google.


Klik Sign in atau masuk pada pojok kanan atas seperti pada gambar dengan Akun Google Anda.


Kemudian pilih "Tools" dan >>pilih "Find new keywords and get search volume data" >>Klik "search for new keywords using a phrase, website or category"

Masukan kata kunci "Manfaat Kopi" 

Khusus bagian "keyword filters"  buat rata-rata penelurusan perbulan di atas atau sama dengan 1000 dengan kompetisi medium dan low.

Pada bagian targeting di set all locations (semua negara), Target bahasa English, Indonesian, di mesin telusur Google.
Kemudian klik   Get Ideas  .



Lihat gambar di atas, cukup banyak yang mencari topik kopi yaitu ada 42,100 rata-rata pencarian bulanan dengan kompetisi "low". Sebenarnya manfaat kopi ini berpotensi untuk dikembangkan atau diambil menjadi topik tulisan blog Anda, namun bila kita lihat kata kunci yang muncul hanya 2 yaitu "kopi" dan "cara membuat masker kopi" saja dengan masing-masing pencarian yang banyak (lihat pada gambar di bawah).


Rasanya belum puas jika belum menemukan kata kunci yang banyak. Bila kita perluas lagi kata kuncinya misalkan hanya "kopi" mari kita lihat hasil pada gambar di bawah ini:



Untuk kata "kopi" ada 40500 kunjungan melalui mesin telusur Google per bulannya dengan kompetisi low. Oke....cukup banyak orang yang mencari kata kopi lihat beberapa kata kunci yang muncul (lihat gambar di bawah ini).


Dan, kata kunci yang berhubungan dengan kopi cukup banyak. Lihat banyaknya hasil pencarian kata kunci per bulan dan tingkat kompetisinya pada gambar di bawah:

^kopi luwak>60500 kali pencarian>medium
^luwak coffee>9900 kali pencarian>medium
^cofee luwak>2400 kali pencarian>mediun
^luwak>14400 kali pencarian>low
^dan lain-lain.

Anda dapat memilih dan mengembangkan semua kata kunci di atas. Anda hanya dapat mengambil satu kata kunci di atas yang dijadikan judul blog. Misalnya dengan optimis Anda mengambil kata kunci "kopi luwak" sebagai judul Blog Anda. Pemilihan kata kunci ini sangat mendasar mungkin Anda:

^seorang sales kopi luwak, 
^memiliki pabrik kopi luwak, 
^memiliki kafe yang menyajikan kopi luwak,
^penikmat kopi luwak,
^dan lain-lainnya

Hal ini sangat memungkinkan dan berpotensi besar dijadikan topik Blog Anda. Setelah Anda memilih satu kata kunci utama sebagai judul Blog-nya, langkah selanjutnya tentukanlah kata kunci penyertanya sebagai artikel atau postingan Blog.

Kata kunci penyerta bisa diambil dari Google Keyword Planner atau menambahkan sendiri kalimat penyerta kata kunci tanpa kehilangan maksud dari kata kunci utamanya yang berhubungan dengan "kopi luwak" seperti contoh di bawah ini:

^Nikmatnya Kopi Luwak
^Harga Kopi Luwak di Jakarta
^Jual Bubuk Luwak Coffee
^Aroma Khas Kopi Luwak
^dan lain-lain 

Setelah selesai melakukan riset dan mendapatkan kata kunci yang tepat, langkah selanjutnya blogger terus membangun konten yang ramah, unik dan menarik Pastinya Anda tidak langsung kecewa lagi karena kata kunci yang kamu pilih tepat dan memiliki kompetisi yang dapat bersaing sehingga dapat dengan mudah muncul dan ditemukan pengunjung pada mesin pencari. 

Anda dapat langsung membuat konten Blog misalnya pada Blogger.com bagi yang belum memiliki blog agar praktiknya menjadi lebih mudah. Selamat mencoba Semoga Sukses Happy Blogging.
 

Post a Comment:

Teman-teman Google+ Terkren!