SEO Blog penelusuran Google daftar Webmaster Tools
Gambar dari Google.
Sebagai mesin pencari terkemuka sejagat Google tentunya ingin mengambil sebanyak mungkin laman web dan memasukannya ke dalam daftar indeks sehingga dapat disajikan sesuai relevansinya kepada pengguna yang mencari ide dan solusi di internet sesuai kueri yang diminta.

Meskipun secara otomatis dalam sekali perayapan Google mungkin dapat saja menemukan blog Anda pada web dan menampilkannya pada hasil penelusuran, namun lebih dari itu Google menyediakan sebuah perangkat online yang memberikan servis penuh keberadaan dan kesehatan blog.

Mendaftarkan Blog pada Google Webmaster Tools (Search Console) untuk mendapatkan kontrol terhadap eksistensi web Anda. Search Console adalah sebuah perangkat lunak yang disediakan gratis oleh Google agar para webmaster (pengelola web) dapat memantau performa situs serta mengambil langkah yang cepat dan tepat bila situs mengalami masalah keamanan. 

Mendaftar blog pada Search Console adalah langkah SEO yang baik bagi Anda yang ingin mengoptimasi situs. Google juga menyediakan Forum Bantuan Webmaster Google (khusus Indonesia) bagi Anda yang mengalami masalah perayapan, pengindeksan, performa dan keamanan situs.

Setelah mendaftarkan situs pada Search Console, nantinya Google akan memberitahukan kepada webmaster langkah apa saja yang dilakukan untuk membangun situs yang ramah Google. Baiklah mungkin tidak berlama-lama lagi silahkan Anda yang belum mendaftarkan blog pada Search Console Google langsung submit URL ke Google atau dapat juga mengikuti beberapa petunjuk di bawah ini secara detil.

1. Cari/search: Search Console, Klik salah satu dari ketiga anak panah tersebut.


2. Google Webmaster, klik "Masuk ke Search Console"


3. Masuk dengan Akun Google (Gmail dan Password) Anda.

4. Search Console Home: Add Property/Tambahkan Properti


5. Masukan URL Blog atau Situs Web Anda, Terus.
6.  Proses Verifikasi.
Secara kebetulan Blog Saya sudah mendaftar di Google Analytic maka sistem Google sudah tahu secara otomatis dengan merekomendasikan verifikasi dengan Google Analytic dan Anda tidak perlu berlama-lama dan langsung   verify   dan selesai.


7. Verifikasi berhasil Selamat untuk Anda!

Verifikasi dengan Metode Alternatif
Bila Blog atau Situs Web belum belum sama sekali Anda daftarkan di Google Analytic, maka Anda dapat memilih verfikasi dengan Metode Alternatif (Alternate Methods) dan lihat gambar di atasnya.

Klik Alternate Methods: pilih HTML tag, Copy (lihat gambar di bawah ini)


Kemudian masuk pada Blogger dasbor, Template, dan Edit HTML


 
Paste HTML tag tadi setelah "head" tag Blog Anda (lihat tanda panah merah pada gambar di bawah)



Simpan Template.

Setelah itu jangan lupa kembali pada Search Console Google Webmaster tadi dan klik   verify 

Google Webmaster memverifikasi sampai 100 Blog atau Situs Web untuk satu akun Google. Siapkan Akun Google yang baru bila Anda akan mendaftarkan dan memverifikasi Blog atau Situs Web yang ke-101 dan seterusnya.
 
Bila Anda sudah melakukan langkah demi langkah dengan benar maka Google akan perlahan merayapi (crawling) Blog/Situs Anda. Saya sendiri setiap hari (2 sampai 3 kali) masuk di Search Console Google Webmaster untuk melihat perkembangan kesehatan Blog atau Situs Web Sendiri. Selamat mencoba.

Post a Comment:

Teman-teman Google+ Terkren!