Cara mengetahui performa penelusuran situs/blog di Google.

Seperti halnya pekerja, situs/blog juga dapat diketahui seberapa baik performanya. Mungkin ada beberapa blogger yang tidak menghiraukan performa blog mereka, karena konten blog privat yang hanya sebatas tulisan pribadi yang membatasi diakses kepada publik. Namun, banyak pula blogger yang ingin blognya diakses secara publik atau oleh siapapun. Kemunculan blog di hasil penelusuran Google menjadi poin atau alasan penting dalam menilai seberapa baik performa blog Anda.

Mengapa kemunculan blog penting?
Dapat muncul saja di hasil pencarian sudah oke, kemudian terus ditingkatkan. Google merayapi menemukan miliaran laman di web dunia, mengindeks dan menampilkan hasil yang relevan sesuai pencarian kueri oleh pengguna. Relevansi konten yang ditampilkan sangat ditentukan oleh seberapa bermanfaat blog Anda kepada pengguna sehingga berpotensi tampil secara konsisten dan dengan mudah ditemukan pada hasil penelusuran Google semakin besar. Usaha membuat konten yang unik dan menarik, serta selalu melakukan pembaharuan atau update konten secara konsisten merupakan komitmen yang baik dalam meningkatkan blog yang ramah dimata Google. 

Prinsip Dasar
Google tidak menjamin blog selalu tampil konsisten pada halaman muka hasil penelusuran Google. Hal ini juga yang membuat peringkat blog fluktuatif, dikarenakan algoritme Google yang sewaktu-waktu dapat berubah dalam upaya menampilkan konten yang benar-benar dicari penggunjung. Praktik terbaik dengan mengikuti Pedoman Kualitas Google memberikan peluang meningkatkan performa blog Anda, ditambah upaya yang optimal dalam dan untuk selalu menghasilkan konten yang segar.

Ketahui poin penting performa penelusuran blog.
Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan oleh webmaster untuk mengetahui seberapa baik performa penelusuran blog:
1. mengetahui Blog sudah masuk dalam Google Indeks.
2. Apakah ada spam manual yang mempengaruhi blog?
3. Google dapat menemukan, merayapi dan mengindeks blog
4. Memastikan Konten berguna dan relevan.

Blog sudah masuk dalam Google Indeks?
Blog yang dibuat dan sudah dipublikasikan sebenarnya sudah ada di dalam web dunia. Mesin pencari seperti Google mencari dan menemukan blog Anda. Secara normal Google merayapi dan mengindeks semua konten kata per kata dan memasukannya dalam Google Indeks. Blog yang sudah terindeks tersebut dalam ditemukan pada hasil pencariain Google dengan beberapa cara:

1. penelusuran dengan ketik site:URL Blog. misalnya site:wilbeblogger.com
2. mengetahui peringkat berdasarkan nama domain blog, ketik URL atau domain pada mesin pencari. misal www.kutumata.com atau ketik kutumata.com tanpa www.
3. Mengirimkan peta situs untuk mengetahui konten baru blog.

Pengaruh Spam Manual?
Selain Google penelusuran bekerja secara otomatis dalam menyajikan konten yang bermanfaat bagi Anda, Spam manual atau tindakan manual dari tim teknis Google juga dilakukan yang diberitahukan (umumnya lewat Search Console) karena blog diduga melakukan praktik-praktik diluar Pedoman Kualitas Konten sesuai kebijakan Google. Hal ini dilakukan Google bertujuan melindungi kualitas konten penelusuran pengguna. Periksa pesan pada Search Console apakah blog terkena spam manual atau tindakan manual. Oleh karena itu mendaftarkan blog pada Search Console Google Webmaster Tools untuk memeriksa adanya kemungkinan pesan yang memberitahu Anda bahwa blog tidak sesuai dengan Pedoman Kualitas Webmaster.

Google dapat Menemukan, Merayapi dan Mengindeks Blog?
Googlebot (robot utama mesin pencari Google) meng-crawl atau merayapi laman baru dan menambahkannya dalam Google Indeks. Pastikan:
1. apakah ada kesalahan perayapan pada Search Console Anda. Kesalahan ini terdiri dari kesalahan situs dan kesalahan URL.
2. apakah ada pemblokiran Googlebot oleh file robots.txt blog Anda pada URL atau direktori. Gunakan Alat uji robots.txt.
3. URL tidak diblokir meta tag misalkan tidak mengijinkan Googlebot mengindeks laman dengan memasang meta tag 'noindex".
4. struktur blog disarankan berbasiskan teks (mudah dirayapi dan dimasukan dalam Google Indeks).
5. lakukan redirect permanen 301 dalam memindahkan blog ke domain baru.
6. membuat peta situs dan mengirimkannya merupakan cara terbaik memperkenalkan blog pada Googlebot.

Konten Blog Berguna dan Relevan?
Konten blog yang beguna dan relevan memiliki potensi besar muncul pada hasil pencarian dan ditemukan pembaca/pengunjung apalagi ditulis dengan bahasa yang ramah dan menarik serta mudah dipahami. Sebuah konten yang unik dan relevan tersebut diupayakan berdasarkan kreatifitas Anda sendiri, memiliki daya tarik pengunjung dan Google sebagai pemilik mesin pencari terkemuka. Oleh karena itu mendaftarkan Blog pada Search Console sangat bermanfaat dalam memberikan petunjuk dan pemahaman Webmaster untuk melakukan langkah terbaik terkait konten blog yang relevan seperti:

Kueri Penelusuran - periksan klik-tayang setiap kata/kueri. misalnya kueri "blog unik" mendapat klik yang tinggi. Hal ini mungkin pengunjung tertarik, meng-klik dan mengetahui bahwa ternyata konten blog Anda berisi topik blog yang unik untuk dibaca.

Kata Kunci dan Frasa - Google mengenali blog Anda dengan cara memahami kemungkinan "kata kunci atau frasa" yang digunakan blog lain nge-link ke blog Anda. Untuk mengetahuinya lihat pada kueri penelusuran Search Console. Kueri-kueri dengan klik-tayang yang tinggi yang dapat menjadi pelajaran Anda dalam membangun konten yang tertarget.

Perbaikan HTML - Periksa apakah ada terjadi duplikasi meta, karena duplikasi ini membingungkan pengunjung dalam memilih konten mana yang bermanfaat karena konten yang berbeda ditampilkan dengan deskripsi yang sama pada hasil penelusuran.

Buat konten dan publikasikan gambar - isi gambar yang bagus meningkatkan pengalaman penelusuran yang terbaik salah cara mendatangkan lalu-lintas blog. Anda yang pintar menggambar dan mendesain dapat membuat gambar sendiri yang menjadi nilai tambah di hasil penelusuran. Ikuti pedoman publikasi gambar dari Google.

Post a Comment

Teman-teman Google+ Terkren!

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.