Kenali sikap dan karakter kamu belang hidung akan tampak bila terjadi ini.

Sikap dan Karakter 

Mungkin banyak diantara kita tidak mengetahui sifat asli dirinya sendiri. Yang tidak tahu sama sekali artinya "tidak tahu diri" hehe. Banyak juga diantara kita yang sudah tahu sifat dirinya. Dalam keseharian melalui sikap dan karakter dalam bertindak, berujar, bersikap, dan merespon sesuatu membuat belang hidung kamu cepat atau lambat akan ketahuan juga.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan sikap, karakter maupun sifat kamu itu, tetapi ini bisa menjadi persoalan bila sifat yang nampak itu membuat sekitar kamu tidak nyaman sampai orang lain kurang respek terhadap kamu. Kita dan rekan kita setiap hari menampakan diri dengan baik, tetapi ketika dihadapkan pada persoalan semua sikap dan karakternya drastis berubah 180 derajat. Repot juga dibuatnya hehe.

Ada juga yang sadar dan berusaha memperbaiki diri menjadi lebih baik. Tapi juga ada yang tetap mempertahankan sifat tersebut dan mungkin kamu berpikir ini hak kamu? Bila itu yang terjadi, intinya kamu harus instropeksi diri mencoba memaklumi dan berkompromi untuk hal-hal tertentu. Kita memang manusia lemah, tapi itu tidak dijadikan alasan untuk kita tidak merubah diri dan menjadi lebih baik.

Nah, ini yang menjadi poin penting kita mengenali seseorang dalam hidup ini. Kamu yang giat dalam membangun bisnis, memilih teman, bahkan pasangan hidup harus mampu mengenal sifat, sikap dan perilaku orang lain. Untuk mengetahui sikap dan karakter seseorang tidak perlu lama pasti akan nampak ketika:

1. Reaksi dia saat dibuat kesal dan emosi
Kita sering melihat orang atau teman kita kesal. Seseorang akan sangat sulit menghadapi sesuatu jika dibuat kesal, sampai melakukan reaksi emosional yang berlebihan.  Karakter asli seseorang akan langsung nampak ketika emosi.

Bisa jadi dia membanting barang, marah dengan nada tinggi, diam, atau menghindari masalahnya. Semua itu bisa kamu lihat dari reaksinya. Kedirian seseorang terlihat ketika menghadapi situasi seperti ini. 

2. Cara dia memperlakukan orang
Orang cenderung akan menjadi dirinya saat merasa punya kuasa lebih terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini dengan gampang terlihat ketika orang tersebut memperlakukan orang lain yang setara atau bawahannya begitulah sikap aslinya. Orang seperti ini jangan dinilai dari bagaimana dia bersikap dengan orang di atasnya atau yang orang yang lebih berkuasa, sebab pasti sikapnya hormat dan bisa jadi palsu. 

3. Sikap saat bekerja
Orang bisa dikenali dengan mudah lewat cara dia bekerja. Bagaimana dia berusaha membereskan apa yang menjadi tanggung jawabnya di tempat kerja. Ada yang datang ke tempat kerja pagi hari, namun baru bekerja di siang hari menjelang makan siang.

Dari hal-hal sepele seperti ini, kamu bisa melihat apakah dia orang yang bertanggung jawab dan tahu waktu atau tidak. Memang hasilnya akan selesai juga. Namun, cara dia bekerja itu mencerminkan sikap dan karakter aslinya.

4. Lihat cara dia berbicara dengan orang lain
Kalau saat berbicara dengan orang lain, seseorang lebih banyak mendengarkan daripada berbicara, artinya mereka pemikir mendalam dan mudah berempati dengan orang lain. Namun, kalau sebaliknya mereka lebih suka berbicara daripada mendengarkan artinya mereka memiliki ego yang tinggi, suka mendominasi dan selalu ingin dituruti.

5. Perhatikan cara dia menghadapi masalah
Saat dihadapkan dengan masalah, orang yang tak sabaran akan selalu mengeluh dan menyalahkan orang lain dalam setiap masalahnya. Berbeda dengan orang yang optimis, mereka akan selalu mencari jalan keluar dan menyelesaikannya dengan penuh tanggung jawab.

Lima hal di atas bisa dijadikan cara mengenali sikap asli dari seseorang. Jangan tertipu karena dia sekadar baik saja, coba kenali dia lewat cara di atas. Semoga kamu dipertemukan dengan orang-orang yang memiliki sifat baik, ya. 

Untuk merubah diri menjadi lebih baik lagi kita butuh mengelola karakter kita. Kita selalu siap sedia dikritik atau dievaluasi.


Referensi:
https://id.quora.com/Bagaimanakah-cara-terbaik-mengungkap-sifat-asli-seseorang
https://www.idntimes.com/life/inspiration/laurensius-aldiron-1/cara-tahu-sifat-asli-seseorang-c1c2/5
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url