04 June 2016

Eror format Peta Situs HTML Googlebot tetap merayapi blog.

Kesalahan Umum Peta Situs HTML Eror
Googlebot tetap setia merayapi blog
Baru mengetahui pesan setelah menguji peta situs dengan sitemap.xml: "Errors Your sitemap appears to be an HTML pages. Please use a supported sitemap format instead". Apa yang salah dan harus berbuat apa?

Bingung dan penasaran juga membaca laporan kesalahan atau eror di atas. Peta situs melaporkan berapa banyak laman yang tersimpan dalam format peta situs yang sudah dikirim siap dirayapi dan menampilkan sebagian atau seluruh laman sudah masuk dalam indeks Google. Bila terjadi kesalahan apakah akan berdampak buruk dengan ranking blog?

Apakah Googlebot sedang bingung dengan struktur data blog, padahal Anda mengirimkan format xml untuk peta situs malah dibaca dan diterjemahkan sebagai HTML? Bila hal ini terjadi, bagaimana mungkin Googlebot merayapi blog apalagi mengindeksnya?

Search Console Webmaster dapat menampilkan pesan kesalahan atau eror yang sama untuk semua situs yang sudah mendaftar di Search Console, namun penanganannya bisa saja berbeda-beda. Ada yang murni karena kesalahan format peta situs misalnya eror dengan mengirimkan format xml, namun terkirim dan keterima peta situs-nya dengan format RSS, dan sebaliknya.

Setelah mempelajari kembali bagaimana mengelola peta situs dan laporannya, format peta situs yang tidak didukung yang mengalami kesalahan atau eror oleh karena kesalahan dalam struktur header dan tanda baca pada komponen peta situsnya. Memang bila dibutuhkan Anda juga memerlukan konsultan untuk membuat peta situs yang benar.

Meskipun mengirimkan peta situs merupakan cara yang dianjurkan agar perayap seperti Googlebot memahami blog, namun bukan sebuah alasan Googlebot mangkir merayapi miliaran situs di web. Kesalahan atau eror yang terjadi saat Anda menguji dan/atau mengirimkan peta situs tidak menghambat perayapan dan pengindeksan blog, serta tidak berpengaruh berarti pada proses pemeringkatan atau ranking blog.

Terbukti bahwa setelah berselang satu hari kegalauan terhadap eror peta situs format HTML, Search Console menjawab masalahnya. Lakukan pengajuan kembali peta situs dengan format yang mendukung (sitemap.xml, RSS, dan lainnya) semuanya bekerja dan laman terindeks meskipun tidak semuanya. Apakah di Search Console juga ada bug? mungkin saja semua hal bisa saja terjadi eror, perlu diingat peta situs dan search console hanyalah sebuah perangkat lunak yang membantu webmaster memantau kinerja blog bukan menjadi penghalang proses perayapan, kecuali Anda tidak mengijinkan beberapa atau semua laman untuk dirayapi melalui robots.txt.

Bila ingat dan kembali lagi mempelajari, peta situs adalah sebuah file tempat menyimpan URL laman blog Anda yang memberitahu Googlebot mengenai susunan konten blog sehingga dirayapi secara cerdas. Oleh karena itu bila terjadi eror format peta situs tidak mendukung, jangan panik dulu Anda tunggu beberapa saat atau sampai sehari semuanya akan bekerja kembali.
Post a Comment