Kunci Keamanan Akun Google dari Hacker
Gambar dari Google
Jutaan pengguna internet menggunakan Akun Google Gmail untuk mengakses sosial media, komunitas, Blog dan situs-situs lainnya. Namun tidak jarang dari antara mereka mengalami masalah keamanan Akun. Masalah tidak dapat sign in karena diduga akun dibajak oleh hacker/pembajak yang banyak menjadi keluhan user yang disampaikan dalam forum bantuan Google. Anda yang masih baru dan yang selalu doyan nongkrong di dunia maya sebaiknya mulai dan harus memikirkan keamanan browsing Anda, khususnya keamanan data pribadi. Mengapa demikian?

Data-data pribadi yang Anda masukan saat mendaftar untuk mengakses sebuah situs web misalnya sosial media, blog, komunitas, dan lainnya dapat menjadi target utama peretas dalam menjalankan kejahatannya dalam dunia maya jika Anda tidak mengamankannya. Data pribadi ini dapat disalahgunakan dengan berbagai macam modus kejahatan yang mengatasnamakan pribadi Anda. Berbahaya bukan!

Tulisan ini mungkin tidak dapat memberikan solusi secara langsung mengenai bagaimana mengembalikan Akun Anda yang sudah diretas, namun menjadi bermanfaat bagi Anda yang akan mengamankan Akun mulai saat ini.

Untuk menjaga keamanan Akun Google anda juga harus menjaga keamanan PONSEL Anda, karena pemberitahuan ketidakamanan, opsi verifikasi dan pemulihan Akun Google dengan dan melalui NOMOR HP Anda.

Setidaknya lakukan 3 (tiga) langkah menjaga keamanan Akun Google dari pembajak, yaitu:

1. Buat Kata Sandi atau Password yang rumit.
Buatlah kata sandi yang dapat Anda ingat yang terdiri dari huruf besar, huruf kecil, lambang, dan angka yang hanya Anda ketahui, serta hanya ada dalam pikiran sendiri. Berikut ini saran dari Top Kontributor Google. Lakukan perubahan password secara berkala sesuai kebutuhan keamanan Anda bisa setiap minggu atau bulan demi keamanan penjelajahan internet Anda.

2. Aktifkan verifikasi 2 langkah.
Masuk melalui situs Akun Google di: https://account.google.com untuk menghindari situs samaran yang dapat mencuri data Anda (Akun dan kata sandi) ketika Anda masuk melaluinya. Masukan Akun dan kata sandi Anda:

>> Klik Masuk dan Keamanan:


 >> Mulai melindungi Akun dengan verifikasi 2 langkah:


Aktifkan verifikasi 2 langkah dengan melakukan sign in kembali:


>> Opsi Cadangan (tambahkan no telepon cadangan yang aktif dan cetak/unduh kode cadangan).


Guna Opsi cadangan agar Anda tetap dapat mendapatkan kiriman kode verifikasi melalui ponsel cadangan bila ponsel lama Anda hilang atau bila kedua ponsel hilang Anda masih dapat langsung menggunakan salah satu kode cadangan yang dicetak/unduh untuk proses verifikasi.

3. Opsi Pemulihan Akun.
Anda dapat membuat Gmail pemulihan sendiri sesuai keinginan, misalnya namalainselalinemailutama@gmail.com atau memasukan kembali no ponsel Anda (dapat no ponsel hp pribadi lalinnya).

Opsi pemulihan Akun bertujuan sebagai petunjuk yang dipergunakan oleh Google dalam memberikan informasi dan verifikasi Akun bila suatu ketika Akun tidak dapat diakses karena lupa user, kata sandi, maupun oleh karena dibajak.

Langkah bijaksana Anda dalam mengamankan Akun Google membuat Akun super aman dari penjahat. Bila dikemudian hari Anda mengalami masalah saat masuk pada Akun, Anda dapat mengirimkan opsi pemulihan di: https://goo.gl/wX0dNg ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Post a Comment:

Teman-teman Google+ Terkren!