Search Console baru: Cara daftar dan verifikasi situs/website di Google Search

Google Search Console
(Sumber: https://www.tytonmedia.com/)

Memiliki situs (website/blog) dan aplikasi (apk) pribadi mungkin menjadi dambaan bagi para onliner. Tidak sedikit yang merogoh kocek demi bisnis yang akan dibangun di internet untuk menjangkau para pengguna atau pelanggan secara daring. 

Bagaimana cara membuat situs dan aplikasi silahkan kamu search sendiri di Google. Banyak penyedia layanan pembuatan dari gratis dibuat sendiri melalui platform gratis dan berbayar (membeli jasa/desain).

Melalui situs atau aplikasi, kamu sebagai pengelola situs/apk (webmaster) menyediakan informasi penting yang berkaitan dengan bisnis niche, serta mengharapkan interaksi sebanyak mungkin kepada siapa saja yang merasakan manfaat dari situs maupun aplikasi tersebut. Ingat situs/apk yang kamu bangun itu tidak bekerja sendiri loh. Ketika situs/apk dipublikasi ke pasar daring/internet www (tempatnya web dunia), bot (robot pencari halaman) para mesin pencari Google (googlebot), Bing (bingbot), dan bot-bot lainnya akan mengumpulkan sebanyak mungkin halaman-halaman di web dunia, mengindeks dan menampilkannya sesuai dengan kebutuhan pengguna yang melakukan pencarian melalui mesin pencari mereka.

Tahukah kamu bahwa Google sendiri menyediakan alat webmaster secara gratis bagi siapa saja yang ingin mengetahui sejauh mana performa dan kesehatan situs/apk mereka. Alat webmaster ini yaitu Search Console yang tentunya tidak asing lagi bagi para webmaster (pengelola situs/apk). Sejak 2006 lalu webmaster tool ini sudah ada tersedia bagi webmaster. Kemudian 2015 mengalami perubahan nama menjadi Search Console, kemudian mengalami perubahan tampilan dan tambahan fitur sejak dirilis versi beta pada 2018 lalu Google terus menyempurnakan tool ini dengan mendengarkan masukan dari berbagai pihak. Kemudian Januari 2020 lalu Search Console baru final dirilis bagi semua. Kamu yang sudah pernah mendaftarkan situs di Google Webmaster (Search Console) sebelumnya pasti sudah merasakan manfaat menggunakannya. 

Search Console menyediakan informasi penting untuk mengambil langkah dalam memaksimalkan situs/apk kamu. Berikut manfaat mendaftarkan situs/apk pada search console seperti mengoptimalkan konten pada hasil penelusuran, memunculkan halaman pada Google, mendapatkan pemberitahuan masalah dan cara memperbaiki situs, dan bagaimana Google melihat halaman situs/apk kita. Selain itu memverifikasi situs pada Search Console supaya Google tahu bahwa kamu pemilik yang terverifikasi berhak masuk dan mengelola situs tersebut.

Berikut cara daftar dan verifikasi situs/apk pada Search Console.
Ketik Search Console pada pencarian Google, kemudian login dengan akun Google (Gmail) atau Akun Google (Gmail) yang tertaut dengan blogger/Google Site kamu.



Setelah login, ada 2 jenis properti yang dapat kamu pilih untuk melakukan verifikasi: 
1. Domain
2. Awalan/prefix URL


Untuk pilihan jenis properti Domain, kamu cukup memasukan "nama domain" contoh bolabasket.com, makanmalam.net, www.masakenak.com, dll yang merupakan nama domain utama.


Maka, akan muncul kode TXT, copy, dan masuk cPanel hosting situs untuk melakukan verifikasi domain ke Search Console menggunkan DNS.


Jenis properti dengan Awalan/prefix URL, dengan menambahkan URL lengkap situs/apk. 

Contoh: 
http://bolabasket.com/bajujas/1234..
https://kameramen.net/lensa/1234..

Metode ini menginjinkan beberapa metode verifikasi dengan cara: 
1. mengunggah file HTML ke situs
2. menambahkan Tag HTML ke situs
3. Menggunakan Google Analitis
4. Google Tag manager
5. Kaitkan data DNS (melalui penyedia DNS) dengan Google.

Cara yang paling mudah dilakukan untuk memverfikasi situs yang juga pernah saya lakukan sebelumnya pada blog ini dengan cara menambahkan/menyisipkan kode Tag HTML dibawah kode <head> atau di atas </head> pada template situs/apk kamu.


Setelah menyalin kode Tag HTML, selanjutnya sisipakan kode di bawah <head>


Setelah di Save, kembali ke Search Console tadi kemudian klik "verifikasi"

Proses pendaftaran dan verifikasi sudah selesai. Setelah itu juga kamu dapat mengirimkan peta situs pada Search Console untuk mendapatkan antrian perayapan segera dari Google. Selanjutnya Google akan menampilkan informasi performa situs pada Search Console kamu. Bila ada masalah keamanan Google juga akan memberitahu kamu melalui Search Console dan menuntun cara melakukan perbaikan di sana. Oya bagi kamu pengguna Blogger/Blogspot dan Google site, Google secara otomatis memverifikasi situs kamu ketika menambahkan situs pada Search Console.

Semoga bermanfaat selamat mencoba. Bila ada yang tidak jelas silahkan tulis pesan pada kolom komentar di bawah dan dengan senang hati menjawabnya.

Comments

Popular posts from this blog

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Drive penyimpanan foto video tanpa mengurangi kualitas gambar asli

Motif Tato Dayak Iban yang Terkenal