Apa sih perbedaan Myth Buster dan Hoax Buster?


Berita bohong atau fakta (Sumber: https://fin.co.id)

Myth-Buster dan Hoax Buster ibarat 2 sisi koin mata uang memiliki padanan arti yang sama. Banyak orang yang terjerumus akibat berita bohong yang beredar di masyarakat lokal maupun dunia. Pembuat hoaks merupakan kejahatan yang memiliki jaringan dan terstruktur.

Menurut Kamus Bahasa Inggris Cambridge,

Myth-Buster adalah "a person, book, etc. that shows that something generally thought to be true is not, in fact, true"
(Seseorang, buku, dll. yang menunjukkan sesuatu pada umumnya dianggap tidak benar, tetapi pada kenyataannya benar) atau mungkin sebaliknya.

Kalau Hoax Buster istilah ini tidak ada ditemukan dalam Kamus Bahasa Inggris. Namun untuk mengartikannya cukup dari 2 kata: Hoax dan Buster.

Hoax (bahasa Inggris) atau hoaks (ejaan baku Indonesia) berarti informasi Bohong (KBBI KEMDIKBUD RI)

-Buster merupakan suffix (akhiran) menurut Kamus Bahasa Inggris Cambridge diartikan sebagai:
"a person or thing intended to destroy the stated thing: crime-busters"
(seseorang atau sesuatu yang dimaksudkan untuk menghancurkan hal yang dinyatakan: seperti penjahat kejahatan).
 
Jadi dari definisi di atas dapat disimpulkan:
Mythbuster adalah seseorang atau cara yang menguji sesuatu informasi yang dianggap benar tetapi pada kenyataannya salah. Biasanya pembuktiannya dilakukan berdasarkan penelitian ilmu pengetahuan. Misalnya ketika hari ini mengetikan kueri "mythbuster" pada Google akan muncul sederetan halaman hasil pencarian. Yang menarik perhatian saya adalah situs Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencantumkan mythbuster covid-19 pada situsnya sebagai upaya memerangi informasi/persepsi yang tidak benar (cenderung berkaitan dengan ilmu pengetahuan) di kalangan masyarakat dunia berkaitan dengan merebaknya virus corona covid-19.

Nah, Hoax Buster adalah seseorang atau cara yang dimaksudkan untuk menghancurkan berita/informasi bohong yang beredar di masyarakat. Coba search Google ketik "Hoax Buster" yang muncul pertama situs gugus covid-19 RI. Istilah ini memang santer digunakan di Indonesia saat banyaknya oknum pembuat hoaks sengaja ingin membuat masyarakat resah atau bahkan takut demi kepentingan pribadi maupun kelompok. 

Hoax Buster cukup familiar pada situs-situs terpercaya yang menyediakan informasi terutama selama pendemi covid-19 ini. Salah satunya tadi Hoax Buster pada situs Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Republik Indonesia. Pada ulasan hoax buster gugus covid-19 disibukan dengan mengkonfirmasi berita bohong yang bukan hanya berkaitan dengan informasi pengetahuan covid-19 yang keliru, namun gugus tugas berperang dengan hoaks yang dibuat berhubungan dengan isu-isu sosial, kriminalitas dan banyak lagi. Coba deh baca hoax busternya di situs covid-19 berapa banyak berita bohong yang sudah dikonfirmasi kesalahannya, huh aneh-aneh dan ada-ada aja kelakuan para oknum pembuat hoaks itu.

Mythbuster dan Hoax Buster sebenarnya memiliki padanan arti yang sama namun pada setiap negara istilahnya disesuaikan dengan kegilaannya masing-masing alias kegilaan oknum pembuat hoaksnya. Para penguji mitos dan hoaks berupaya mematahkan berita/informasi bohong tersebut dengan menunjukan sumber atau penelitian ilmiah yang terpercaya.

Masih banyak contoh Mythbuster dan Hoax Buster, yang tidak mungkin mampu penulis ulas pada tulisan kali ini. Oya mythbuster juga merupakan "program hiburan pendidikan TV yang dibuat dan diproduksi oleh perusahaan Australia, .........dalam menguji keabsahan rumor, mitos, dll ..." 

Pertanyaannya, Sampai kapankah di negaraku steril dari para oknum pembuat hoaks? Silahkan komen kalau ada yang bisa menjawabnya. hehe.


Referensi:
https://kbbi.kemdikbud.go.id/
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/
https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/myth-busters
https://id.wikipedia.org/wiki/MythBusters
https://fin.co.id/2020/02/13/sehari-minimal-muncul-empat-berita-bohong/

Comments

Popular posts from this blog

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Drive penyimpanan foto video tanpa mengurangi kualitas gambar asli

Motif Tato Dayak Iban yang Terkenal