19 November 2015

Menentukan Niche Blog yang tepat.

Pernahkah Anda menemukan  bahkan mengelola sebuah Blog yang menulis dan mengupas topik yang khusus, kemudian melakukan pembaharuan topik atau konten secara rutin? Banyak blog yang demikian di internet. Istilah Blog yang memiliki konten laman yang spesifik itu disebut Niche Blogging

Niche Blogging atau Niche Blog adalah sebuah aktivitas dalam membuat sebuah Blog dengan topik khusus yang dibutuhkan pasar (niche market) yang terfokus pada produk spesifik pula.

Contoh:
Blog yang membantu pengunjung dalam menemukan solusi apa yang dibutuhkan misalnya cara menggemukan ternak sapi secara alami, cara membeli domain dan web hosting, cara belanja online dengan kartu kredit, layanan alat-alat elektronik, dan banyak lagi lainnya.

Anda dapat dengan mudah menentukan Niche Blog dalam memulai bisnis blogging. Ribuan dollar muncul dari ide sendiri dengan riset pasar yang tepat. Berikut ini cara tips dan kiat yang baik dilakukan dalam menentukan Niche yang tepat:

Kenali Minat Anda
Akan menjadi sebuah langkah yang tepat dan menyenangkan bila Blog yang dibuat didasarkan atas minat pribadi. Butlah daftar minat atau passion Anda dan tentukan prioritas yang akan menjadi topik Blog.

Minat Anda akan memacu semangat dalam membangun sebuah Niche Blog yang bermanfaat, kaya akan produk yang nantinya menjadi tawarannya. Misalkan Anda mempunyai minat dan membuat Niche Blog kuliner. Anda dapat menawarkan banyak produk yang diantaranya alat memasak, buku resep, produk bumbu, sampai pada jasa pemesanan makanan. 

Bila Anda hobi dengan musik rock Indonesia mungkin akan membuat direktori musik Indonesia yang dapat dengan gratis di download oleh pengunjung. Lewat blog musik ini juga memungkinkan ada produk yang ditawarkan seperti alat-alat musik, jualan album (jangan bajakan ya..), dan lain sebagainya. 

Blog Kaya Sumber.
Saat Anda ingin menentukan prioritas utama Blog yang sesuai dengan minat pribadi, Anda juga harus mempertimbangkan apakah Blog tersebut "kaya" akan sumber atau referensi? karena konten yang ditulis dengan berkualitas dan selalu di-update semakin memperjelas dan mempertajam tujuan Niche Blog tersebut.
 
Anda seorang Blogger yang baik sejagat maya maupun sejagat raya senantiasa menghargai apa yang sudah menjadi jerih payah orang lain dalam bentuk ide dan kreatifitas yang dihasilkan. Sebaiknya Anda kreatif dan bijaksana memanfaatkan sumber yang didapatkan baik dari internet maupun dari outernet.  TIDAK copy-paste Blog orang lain tanpa melalui proses editing. Jadikan semua referensi tersebut hanya sebagai inspirasi dalam proses menemukan ide tulisan Blog Anda dan jangan lupa untuk mencantumkan sumber inspirasi tersebut. Buatlah tulisan Blog dengan bahasa Anda sendiri dan mudah dipahami.

Ide Anda diminati?
Sebuah Niche Blog tidak hanya dapat diminati oleh penulisnya saja melainkan Anda ingin orang lain merasakan manfaat apa yang Anda tulis. Anda ingin apa yang manjadi ide pribadi juga diminati orang lain. Pertanyaannya adalah seberapa banyak orang yang meminati apa yang Anda minati?

Untuk mengetahuinya Anda tidak melakukannya dengan menerka-nerka saja, melainkan Anda memerlukan alat atau tool yang dibutuhkan untuk  mengetahui seberapa banyak orang pada posisi minat saya.

Misalkan Anda mempunyai sebuah Blog yang menulis panjang lebar mengenai "pupuk organik", maka informasi yang Anda butuhkan adalah seberapa banyak orang yang melakukan pencarian pada mesin pencari (misal Google, dll) mengenai topik "pupuk organik" tersebut. Anda dapat mengembangkan blog tersebut bila topik itu banyak dicari dan sedikit saingannya. Untuk mengetahui jawabannya lakukan riset dengan Google Keyword Planner.

Melalui riset dengan Google Keyword Planner, dapatlah diketahui berapa jumlah pencarian kata kunci yang dimaksud tersebut melalui mesin pencari terutama mesin pencari Google.

Ada Produknya tidak?
Ibarat toko di pasar, semakin banyak orang yang meminati dan berkunjung pada toko tersebut, besar pula kemungkinan orang membeli apa yang kita jual tersebut. Menentukan Niche Blog adalah sebagaimana  Blog Anda nantinya dapat memasarkan produk yang sesuai dengan topik konten laman.

Misalkan Anda menulis tentang jasa "repair hp online" maka produk yang berpotensi diafiliasi dengan Blog Anda adalah merek-merek hp terkenal, keunggulan-keunggulan salah satu produk hp, jual headset, jual powerbank, dan lain sebagainya.

Untuk memaksimalkan hal tersebut, kunjungi situs-situs penjualan atau toko online yang menyediakan layanan affiliate marketing, carilah produk-produk yang sesuai dengan topik bahasan Blog Anda. Atau Blog Anda juga dapat didaftarkan melalui program Google Adsense dan menampilkan iklan Google berdasarkan relevansi konten dan sudah melewati peninjauan dan lulus verifikasi dari Google Adsense.

Blog Anda harus mampu memberikan manfaat dan tidak diragukan oleh pengunjung. Anda dapat menentukan produk potensial atau bahkan orang lain menawarkan Anda menjadi publisher produk mereka sesuai topik Blog Anda yang dapat menjadi tawaran pada Blog Anda nantinya.

Menentukan Niche Blog yang tepat tidak sulit bukan, lakukan praktik dan tidak putus asa untuk selalu mencoba. Jurus kesuksesan berada di depan mata Anda, semoga para Blogger selalu siap untuk tantangan ini dan selalu sukses! 


"Ora et Labora"
Sumber: 1. Gambar 1 - http://afriadiiblog.blogspot.co.id/2014/08/cara-membuat-niche-blog.html 2. Google - See more at: http://1bloggerku.blogspot.com/2015/09/riset-niche-blogging-SEO-dengan-google-adwords.html#more
Sumber: 1. Gambar 1 - http://afriadiiblog.blogspot.co.id/2014/08/cara-membuat-niche-blog.html 2. Google - See more at: http://1bloggerku.blogspot.com/2015/09/riset-niche-blogging-SEO-dengan-google-adwords.html#more
Sumber: 1. Gambar 1 - http://afriadiiblog.blogspot.co.id/2014/08/cara-membuat-niche-blog.html 2. Google - See more at: http://1bloggerku.blogspot.com/2015/09/riset-niche-blogging-SEO-dengan-google-adwords.html#more
Post a Comment