Google Drive Foto ruang penyimpanan TANPA BATAS tanpa ragu memori HP penuh

Aplikasi Android Google Foto.
Saat ini HP sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Banyak hal yang dapat dilakukan mulai dari sekedar menelpon, sms, aktif bermedsos, mencari informasi di internet, berbelanja, berjualan, dan lain-lain. Yang tidak kalah pentingnya adalah portabilitasnya yaitu dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan kapan saja.


Bagi saya alasan memiliki HP karena bisa mendokumentasikan setiap momen penting dengan foto atau vidio lewat jepretan kamera HP. Berbagi foto dan vidio sangat favorit masa kini terutama di media sosial dan website. Gambar dan vidio mampu memberikan kesan dan pengalaman kepada siapapun yang melihatnya. Beda dengan teks/tulisan, menurut Saya tidak banyak orang yang senang membaca apalagi kalimatnya panjang.

Permasalahannya setiap tipe dan merek HP memiliki variasi harga, fitur, RAM, dan keterbatasan ruang dalam penyimpanan data. Data yang besar di HP dalam bentuk foto dan video. Tentunya Kamu tidak sudi menghapus semua atau beberapa foto dan video penting tersebut karena suatu ketika akan digunakan lagi atau sebagai kenangan hidup yang tidak pernah terlupakan.

Setiap foto dan vidio yang diambil atau direkam akan mengurangi ruang penyimpanan di dalam HP Kamu. Kebanyakan orang mungkin tidak mengetahui bahwa HP-nya tidak memiliki banyak ruang penyimpanan lagi sehingga membuat aktifitas daring (internet) menjadi terganggu, padahal HP mesti memiliki cukup ruang seperti ketika ingin membuka situs tertentu dan ingin melihat gambar atao vidio, atau bahkan lebih parah lagi HP tidak dapat membuka situs karena ruang penyimpanan sudah kritis.

Kemudian bila terjadi demikian apa yang akan dilakukan? Kamu pasti terpaksa menghapus beberapa foto atau vidio yang mungkin Kamu sebenarnya tidak rela menghapusnya! Atau kamu membeli kartu memori ekstra yang lebih besar untuk ruang penyimpanan semuanya atau memindahkannya ke laptop/komputer. Pertanyaannya berapa banyak memori eksternal yang kamu butuhkan untuk menyimpan semua data tersebut? Belum lagi kartu memori tersebut aus atau rusak pastinya Kamu bisa bertambah stress.😩😩


Apakah kamu akan berhenti untuk membuat foto dan video kenangan atau video-video lainnya? sepertinya itu bukan rencana yang bijaksana😀😀. Nah, sejak 2015 lalu Google meluncurkan Google Foto sebagai solusinya. Aplikasi Google Foto biasanya sudah ada terpasang di HP Android Kamu, tinggal diaktifkan agar semua foto yang diambil di HP secara otomatis tersimpan di Google Foto.

Google Foto adalah aplikasi tempat penyimpanan data (dokumen, foto dan vidio) online milik Google di Google Drive yang langsung terkoneksi dengan akun Google pada HP android kamu dengan ruang tanpa batas (ukuran upload Kualitas Tinggi) untuk resolusi gambar 16 megapiksel dan Video 1080 piksel. Jadi ketika membuka Google Drive, Kita juga bisa melihat Google Foto di sana.

Jadi bila foto yang dibackup kurang atau melebihi ukuran 16 MP, maka foto akan diskalakan menjadi 16 MP sesuai ukuran upload "kualitas tinggi". Video yang berukuran tinggi melebihi 1080 piksel, maka akan diskalakan menjadi 1080 piksel. Bila video yang dibackup kurang atau sama dengan 1080 piksel akan mirip menjadi video aslinya.

Oya, khusus semua foto yang dibackup dengan resolusi kualitas tinggi ini sangat menguntungkan apabila gambar yang Kamu butuhkan sehari-hari hanya untuk postingan atau berbagi di web, kalaupun untuk tujuan dicetak gambar ukuran cetakan gambar hingga 24 inci x 16 inci saja atau sekitar 61 cm x 41 cm. Terus gimana dong solusinya di Google Foto kalau Kamu ingin menyimpan resolusi foto dan video seukuran aslinya?

Sebelum mengetahui cara seting Google Foto di HP Android, pertama-tama penting sekali Kamu memperhatikan keamanan akun di HP Android agar semua data-data aman. Buatlah akun Gmail sendiri atau dibuat oleh orang yang dipercaya, paling penting ketika membuat password mesti dibuat sendiri kodenya dan tidak diketahui orang lain!! Bila lalai dengan proses ini Kamu bisa kehilangan semua file yang sudah disimpan (backup) di Google Foto. 

Oke baik kita langsung saja cara menyetel Google Foto pada HP Android Kamu. Cara sangat mudah yaitu kamu tinggal buka saja aplikasi Google Foto atau bila belum tersedia di HP silahkan download sendiri di Play Store atau Google Play di HP Kamu.

1. Masuk ke aplikasi Google Foto 
2. Tambahkan akun Google (Gmail dan password rahasia Kamu). Bila sudah masuk Google Foto akan otomatis mencari dan mendapatkan foto pada perangkat HP (biasanya foto yang ada pada Gallery HP) dan memunculkannya.
3. Klik tab Menu Menu pada kiri atas berikutnya Setelan/Setting berikutnya sambungkan Google Foto dengan Google Drive untuk menampilkan foto dan video.

Dengan mengikuti ketiga cara di atas setidaknya Foto dan video yang diambil atau dibuat melalui HP Android Kamu sudah otomatis masuk ke Aplikasi Google Foto tersebut. Bila tidak percaya silahkan Kamu jepret 1 foto setelah itu buka aplikasi Google Foto, maka secara otomatis foto tadi sudah masuk di sana tinggal di-BACKUP. Backup ibarat menyimpan salinan setiap foto dan video yang ada pada album/galery HP ke Google foto, dengan demikian meskipun Kamu menghapus Foto dan Video yang ada pada album/galery maka salinannya masih ada di Google Foto.

Berikut ini cara backup & sinkronisasi:
1. Buka aplikasi Google Foto
2. Menu Menu Setelah/Setting 
3. Hidupkan tombol Backup & sinkronisasi. Setelah dihidupkan backup dimulai.
4. Pilih "Ukuran Upload"  berikutnya High Quality (Kualitas Tinggi) untuk penyimpanan Foto dan Video tanpa batas. Bila Ukuran Upload yang dipilih "Kualitas Original", maka ruang penyimpanan yang digunakan hanya maksimum 17 GB saja.

Masih pada menu tersebut yang paling penting juga Kamu dapat mengaktifkan apakah mau backup menggunakan data seluler atau wifi. Bila backup menggunakan data seluler dinonaktifkan maka dengan sendirinya backup akan hidup otomatis bila sambungan wifi tersedia, dengan demikian dapat menghemat data seluler Kamu.

Tidak perlu KHAWATIR foto mana yang sudah ter-backup karena pada aplikasi Google Foto akan memberitahu seberapa besar space yang mesti dihapus yang di dalamnya sudah termasuk semua foto dan video yang sudah selesai di-backup. Bila demikian kamu langsung meng-klik saja keterangan tersebut untuk dihapus dari perangkat HP.

Gambar hapus backup foto video yang sudah selesai

Sudah jelas bukan! Sekarang Kamu tidak perlu khawatir lagi akan ruang penyimpanan HP yang kecil, terlepas HP murah maupun mahal😀😀. Ruang penyimpanan foto dan video ada dalam genggamanmu berkat bantuan Google Foto, karena setiap foto dan video dapat kamu simpan tanpa batas di Google Foto. 

Selamat mencoba!
Post a Comment

Teman-teman Google+ Terkren!

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.