Bagaimana cara agar Gmail, Drive, dan Foto kamu tidak dihapus Google

Hai Gaes :)

Kamu wajib tahu kebijakan baru Google khususnya mengenai ruang penyimpanan yang digunakan untuk Gmail, Drive dan Google Foto. kalau tidak, kamu bakalan akan menyesal karena bisa jadi konten yang tersimpan di ruang penyimpanan akun Google kamu bisa dihapus bila tidak mengindahkan kebijakan baru ini. Kayaknya Google ingin agar para pemilik Akunnya benar-benar memaksimalkan dengan terus aktif menggunakan produk-produk Google dalam menjalankan bisnis setiap waktu.

Berapa sih ruang penyimpanan gratis yang diberikan Google ketika kita daftar Gmail atau membuat Akun Google? Saat ini cuman 15 GB untuk Akun Gratis dan 30 GB untuk Gsuit basic (berbayar). Dulu, 15 GB setelah daftar akun dan tambahan 2 GB bila menggunakan Google+. Google+ sudah ditutup Google 2 April 2019 lalu.

Anggap aja kamu sekarang membuat email/Akun sendiri dengan nama sendiri, misalkan
toms@gmail.com, maka kamu akan diberikan kuota penyimpanan gratis 15 GB, sedangkan ruang penyimpanan sebesar 30 GB untuk Gsuit basic berbayar (misal toms@doctor.com, org, net, dll) untuk penyimpanan data yang nanti digunakan untuk Gmail, Google Drive dan Google Foto.

Jadi semua aktivitas kita dalam mengirim/menerima file lewat email, menyimpan file di Drive, dan mengunduh foto/video pada dasarnya akan mengurangi ruang penyimpanan yang diberikan.

Khusus foto/video pernah dibahas sebelumnya mengenai backup foto/video di Google Foto. Foto/video yang diupload tanpa mengurangi ruang penyimpanan dengan cara menyetel ukuran upload ke Kualitas Tinggi (High Quality), jadi berapapun foto/video yang diupload tidak akan mengurangi ruang penyimpanan Google kita alias unlimited, sedangkan bila kita mengunggah semua foto/video ke "Kualitas Asli/Original" pasti akan mengurangi ruang penyimpanan yang tersedia. 

Bila kuota penyimpanan akun Google kita sudah penuh maka harus menyewa/membeli ruang penyimpanan sesuai dengan kebutuhan di Google One dengan jumlah ruang yang ditawarkan minimal 100GB dan yang lebih besar mulai dari 200 GB, 2 TB dan 10 TB. Kalau tidak menyewa ruang penyimpanan ekstra pasti kamu tidak bisa menyimpan data di Drive, Google Foto, dan juga mengganggu kemampuan Gmail dalam menerima pesan yang masuk. Walau demikian Google masih baik memberikan kamu akses login. Tentunya kamu tidak mau kan sampai konyol kayak gini hehe.

Sejak Desember 2020 lalu saya mendapat email pemberitahuan dari Google mengenai kebijakan penting penggunaan Google Foto, Drive dan Gmail bagi akunnya yang tidak aktif dan melebihi kuota penyimpanan. Berikut ini beberapa perubahannya:

Google Foto
  1. Video/Foto yang dicadangkan dengan kualitas tinggi sebelum tanggal 1 Juni 2021 tidak mengurangi ruang penyimpanan akun Google.
  2. Video/Foto yang dicadangkan dengan kualitas asli sebelum tanggal 1 Juni 2021 tetap mengurangi ruang penyimpanan akun Google.
  3. Video/Foto yang dicadangkan dengan kualitas tinggi setelah tanggal 1 Juni 2021 akan mengurangi ruang penyimpanan akun Google, begitu pula kualitas asli.
  4. Tidak aktif sama sekali menggunakan atau melakukan aktivitas di Google Foto selama 2 tahun, kontennya akan dihapus. Sebelumnya akan ada pemberitahuan dari Google.
  5. Agar bisa tetap aktif, buka Google Foto sekedar melihat galeri, membuat album atau buku foto dan mencadangkannya. Selain itu bila batas penyimpanan habis segera dilakukan tindakan seperti membeli ruang penyimpanan melalui Google One.
  6. Kamu tidak dapat lagi mencadangkan (backup) foto bila kuota penyimpanan kamu sudah penuh.
Gmail
  1. Semua file yang dikirim melalui gmail tetap mengurangi kuota penyimpanan akun kamu;
  2. Google juga akan menghapus semua konten yang ada pada gmail kamu, bila kamu tidak pernah membuka dan/atau melakukan aktivitas gmail selama 2 tahun. Oleh sebab itu selalu aktif menggunakan gmail seperti beberapa aktivitas berikut seperti melihat email masuk, mengirim, membaca, mengarsipkan dokumen ke drive, dll.
Google Drive
  1. Setelah 1 Juni 2021 file yang diedit/dibuat pada aplikasi kolaboratif seperti Google Docs, Spreadsheet, slide, formulir dan jamboard akan mengurangi sisa kuota penyimpanan akun, tetapi aktivitas menggunakan aplikasi kolaboratif sebelum 1 Juni 2021 tidak akan mengurangi sisa kuota.
  2. Juga tetap membuka dan melakukan aktivitas di aplikasi Google Drive seperti seperti membuat konten kolaboratif melalui docs, spreadsheet, slide, formulir, dan jamboard, juga membuka, mengedit, memberikan komentar file di drive, serta menyimpan file dari perangkat ke drive.
Jadi gaes, bagi kamu yang sudah terlanjur memiliki akun google atau gmail, menggunakan Google Foto sebagai tempat bernostalgia karena banyak video dan foto tersimpan di sana, dan menjadi Google Drive sebagai gudang penyimpanan file kamu supaya dimaksimalkan jangan sampai tidak dibuka-buka selama 2 tahun. Selain itu kebijakan ini mau mengajar kita supaya semakin selektif memilah video/foto yang penting perlu untuk di simpan/dicadangkan, memaksimalkan gmail paling tidak dalam proses pengiriman/menerima pesan, dan file apa saja yang penting untuk disimpan dalam Google Drive. Dengan demikian kuota penyimpanan dalam batas aman untuk digunakan dalam kurun waktu lama ke depannya sampai kamu memutuskan untuk membeli kuota tambahan seperlunya.

Comments

Popular posts from this blog

Drive penyimpanan foto video tanpa mengurangi kualitas gambar asli

Motif Tato Dayak Iban yang Terkenal

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.