Kerja online nanti lanjut kerja offline hanya di Google Drive begini caranya.

Bagi yang sudah biasa menggunakan komputer sudah tidak asing lagi dengan aplikasi microsoft office. Mau ngetik-ngetik surat pakai Word, ngitung-ngitung pakai Excel, kalau presentasi dengan Powerpoint. Mau ngetik di mana saja tinggal bawa laptop semua bisa dikerjakan dan beres. Cukup praktis bila mau berbagi atau mengirimkan dokumen kepada orang lain, tinggal di email atau dikirim via sosmed biasanya whatsapp bagi yang sudah ada jaringan internet.

Komputer yang dijual di Indonesia kebanyakan menggunakan OS (operating system) Windows bajakan sehingga kalau terjadi masalah keamanan pada komputer, pihak Microsoft pemilik windows tidak bertanggung jawab. Untuk menggunakan windows dengan support penuh dan keamanan terjamin, kamu harus siap membayar untuk berlangganan yang saya rasa tidak murah.

Atau kamu tetap menggunakan windows bajakan tersebut dengan harap-harap cemas. Karena bagaimana pun menggunakan sesuatu yang dibajak pasti berisiko. Misalnya di Bandara Soekarno Hatta kerap melakukan pemeriksaan bagi penumpang yang tidak menggunakan OS atau windows yang asli.  CNN menulis 90% komputer di Indonesia memiliki peranti lunak bajakan! Bukan tidak bisa digunakan, masalahnya sebagian besar peranti lunak tersebut terinfeksi malware (software berbahaya) yang bisa membajak komputer mengontrol apa saja yang kamu lakukan di komputer sendiri, sampai mencuri data pribadi kamu, kemudian pembajak melakukan transaksi atas nama kamu, ini berbahaya bukan!

Kisah menggunakan OS yang tidak aman di atas menjadi alasan saya menulis mengapa kamu mulai berpikir menggunakan Google Drive. Menurut saya lebih aman menggunakan aplikasi yang berlisensi langsung dari Google dan mempersilahkan semua orang menggunakannya dengan gratis dan dengan support penuh. Google Drive memindai setiap dokumen yang diunggah dengan antivirusnya sampai batas 100 MB per file saya pikir ini jumlah yang cukup. Kita tidak perlu repot harus menginstal antivirus yang belum tentu juga aman di komputer.

Google Drive tempat menyimpan file Google Foto maupun Dokumen (Docs, Spreadsheet, Slide). Setiap orang diberikan space 15 GB free dan 30 GB GSuit (berbayar). Melalui Google Drive juga bisa langsung berbagi dokumen dengan yang rekan dan mengerjakan tugas secara online pada file halaman yang sama.

Kan, menggunakan Google Drive harus online kalau tidak ada internet bagaimana?
Google Drive bisa digunakan dalam keadaan online dan bila kamu ingin melanjutkan pekerjaan di rumah secara offline sendiri sepenuhnya bisa. Namun, pada Google Drive offline kita belum bisa berbagi dengan rekan untuk mengerjakan tugas pada file halaman yang sama kecuali saat online baru bisa berbagi file. Untuk menggunakan drive offline kamu harus melakukan beberapa penyetelan di komputer kamu. Ini juga sangat-sangat membantu komputer seperti macbook yang ketika dibeli pertama kali belum memiliki office. Sudah tidak sabar?

Unduh Google Chrome di komputer bagi yang belum terinstall.

Install dan aktifkan Ekstensi Google Dokumen Offline pada Chrome.

Buka Google Chrome, centang box offline di drive.google.com/drive/settings, sehingga dapat mengedit dokumen, spreadsheet, slide dan gambar ke komputer secara offline.

Oke sampai ini Chrome sudah disetel dapat membuka Google Drive secara offline.

Kemudian untuk dapat menggunakan dokumen (word), spreadsheet (excel), dan Slide (powerpoint) secara offline kamu harus menyetel setiap file "tersedia offline" pada Google Drive/Docs/Spreadsheet/Slide dengan cara klik kanan pada file kemudian aktifkan "tersedia offline".


Selanjutnya tinggal logout akun google dan matikan komputer. File-file yang sudah disetel "tersedia offline" dapat dibuka kembali di drive.google.com dalam keadaan tidak terkoneksi internet. Jadi tidak perlu ragu lagi bila kamu harus mengerjakan tugas dalam keadaan offline, so Google Drive pilihannya.

Selain dapat melanjutkan mengerjakan tugas secara offline. Kamu juga dapat langsung kerja menggunakan docs, spreadsheet maupun slide di Google Drive Offline. Lihat screenshot contoh tampilan di bawah ini:

Tampilan Google Drive Offline

Tampilan Google Docs Offline
Selamat mencoba. Good Luck!

Comments

Popular posts from this blog

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Drive penyimpanan foto video tanpa mengurangi kualitas gambar asli

Motif Tato Dayak Iban yang Terkenal