30 March 2018

Drive penyimpanan foto video tanpa mengurangi kualitas gambar asli

Foto Kualitas Asli di Google Drive
Pada tulisan sebelumnya Kamu sudah menemukan solusi yang cukup memuaskan backup foto dan video penyimpanan tanpa batas di Google Drive (Google Foto). Namun mungkin tidak memuaskan bagi Kamu yang bergerak dalam bidang cetak iklan poster, banner, maupun video dalam ukuran yang besar tentunya butuh tempat penyimpanan yang tidak sedikit dan tidak ingin kehilangan resolusi gambar atau video yang disimpan.

Sebenarnya Kamu bisa saja membeli hard disk atau kartu memori dengan kapasitas penyimpanan besar untuk semua dokumen foto dan gambar tersebut, namun lagi-lagi timbul kekuatiran karena bisa rusak dimakan usia! Dari pada kecewa kemudian lebih baik direncanakan saat ini agar tidak kecewa lagi😀😀.

Saran saya simpan semua foto dan video resolusi asli tersebut online di Google Drive (Google Foto) aja dengan menyewa ruang penyimpanan per bulan atau membayar sewa setiap setahun sekaligus. Untuk harga dan kapasitasnya tergantung kebutuhan. Kapasitas ruang penyimpanan gratis dari Google Drive terbatas sampai 17 GB untuk Akun Gmail gratis dan untuk custom Gmail (berbayar) sampai 30 GB. Jika mengandalkan ruang penyimpanan yang ada tidak cukup menyimpan semua foto dan video dengan kualitas asli/orisinil. 

Cara peyimpanan ini sangat praktis, cukup dibutuhkan komputer maupun ponsel cerdas untuk menyetelnya. Bila ponsel maupun komputer rusak, semua foto dan video tidak hilang dan dapat dibuka baik dalam keadaan luring (offline) maupun daring (online) yang paling penting jaga keamanan Akun Google agar lain waktu dapat masuk dan mengakses Google Drive (Google Foto) lagi.

Oya, khusus untuk kapasitas penyimpanan di Google Drive mulai dari 100 GB sampai dengan maksimal 30 TB dengan kisaran harga menurut saya cukup terjangkau tergantung bisnis Kamu. Untuk pembayaran sangat mudah dilakukan melalui pemotongan pulsa telkomsel, kartu debit dan/atau kartu kredit.

Oke, saya anggap kamu sudah menentukan dan membeli ruang penyimpanan di Google Drive saat ini untuk penyimpanan semua foto dan video yang berkualitas orisinil dengan resolusi melebihi dari 16 MP foto dan 1080 piksel video, langkah selanjutnya adalah menyetel metode backup di Google Foto. Nama aplikasinya Google Foto namun di dalamnya tempat penyimpanan khusus dengan format foto dan video.

Menyetel backup foto dan video caranya tidak jauh berbeda pada desktop maupun di HP Android kamu. Berikut Saya bagikan bagaimana cara menyetelnya di HP Android Kamu. 
1. Buka Aplikasi Google Foto.
2. Klik menu Menu di kiri atas
3. Setelan
4. Backup & sinkronisasi
5. Ukuran Upload
6. Pilih "Asli (terbatas pada ruang penyimpanan akun).

Kemudian kamu juga bisa memilih backup menggunakan data seluler atau wifi caranya masih pada menu pengaturan yang sama tinggal aktifkan saja backup menggunakan data seluler (foto maupun video). Bila kamu ingin menghemat data seluler cukup dinonaktifkan saja, nanti bila HP terkoneksi dengan wifi maka otomatis backup melalui jaringan wifi.

Bila foto dan video resolusi orisinil sudah semua terbackup di Google Drive/Google Foto, sekarang semua foto dan video Kamu tersimpan aman bila suatu saat mau digunakan tinggal di unduh (download) atau langung di share dari Google Drive tersebut.
Post a Comment