Cara terbaru daftar jadi PAKAR produk Google

Foto sedang tes kaca mata virtual
(Foto oleh keponakan Clarissa Nelda di pusat belanja Jurong Point Singapura)

Hai para sahabatku sejagat maya.

Cie..sok kenal sok deket ini haha. Iya dong mengapa saya menyapa demikian, karena topik yang akan saya tulis ini bisa menjadi peluang dan kesempatan kepada siapa saja yang benar-benar tertarik bukan hanya di Indonesia ya tapi seluruh jagat maya.

Orang-orang yang senang berbagi pengetahuan di internet biasanya menyalurkannya dengan beberapa media yang saat ini populer yaitu dengan blogging, aktif diskusi di komunitas online, dan sosial media.

Nah, kali ini saya akan membagikan bagaimana cara kamu menjadi kontributor di produk Google sampai menjadi pakar di sana dan apa saja sih keuntungannya?


Jadi, program ini dinamakan Product Experts With Google. Dulu namanya "Program Top Contributor (TC)". Program TC dunia ini sudah sangat lama, namun di Indonesia yang saya tahu untuk forum komunitas webmaster yang saat ini saya sudah menjadi pakar di forum tersebut, baru mulai Oktober 2015. Ketika temu para pakar TC APAC (Asia Pacific) di Singapura 2016 lalu ada yang sudah berkontribusi dan menjadi pakar di beberapa produk Google sudah mencapai 10 tahun. Wow...menurut saya luar biasa!!


Oke, tidak berpanjang lebar mungkin kamu sudah tidak sabaran ๐Ÿ˜€.


Pertama, kenali produk Google yang mana yang kamu minati. Beberapa produk yang kita kenal yang sudah ada di ponsel pintar (Android) kamu seperti Chrome, Gmail, Photos, Drive, Maps, Google Earth, dan lain sebagainya. Untuk melihat apa saja semua produk Google kamu juga bisa langsung tanya Google.


Kedua, buat akun Google. Bila sudah punya Gmail kamu bisa langsung daftar menjadi pakar produk Google.


Selanjutnya, mulai berkontribusi! Berdasarkan pengalaman prosesnya dimulai dari:

  • mempelajari dan menekuni setiap produk google yang diminati. Bila ada yang tidak jelas langsung berkunjung ke komunitas produk tersebut untuk mendapatkan jawaban dari para pakar di sana.
  • Atau, bila kamu rasa sudah cukup mengerti tentang produk tersebut kamu juga bisa langsung masuk ke komunitasnya untuk menjawab pertanyaan user di sana.
  • begitu dan seterusnya belajar dan terus aktif berkontribusi di komunitas. Nanti Googler (sebutan karyawan Google) akan melakukan penilaian dan kelayakan kamu menjadi pakar. Untuk lamanya sepenuhnya menjadi kewenangan dan hak CM (Community Manager).
Sebagai contoh mungkin kamu juga memiliki minat yang sama dengan saya untuk berbagi pengetahuan lebih kepada pengguna internet mengenai seputar Google Webmaster.

Google webmaster adalah kerjaan para webmaster atau pengelola situs/website yang ingin website mereka memiliki performa menakjubkan atau ramah di hasil penelusuran Google. Untuk memantau performa situs tersebut Google menyediakan aplikasi sekaligus tempat mendaftarkan situs di sana yaitu aplikasi Search Console. 

Untuk menjadi seorang webmaster tidak mesti memiliki pendidikan khusus bidang IT, intinya siapa saja yang memiliki situs pribadi atau bisnis dan mengelolanya langsung sudah bisa menyandang predikat webmaster.

Pertama masuk ke situs Google Webmaster/Search Console, kemudian login menggunakan akun yang sudah kamu daftarkan ke program pakar Google sebelumnya.

Gambar dari Google.

Kemudian klik Get Help (Dapatkan bantuan), nanti kamu akan dibawa ke Komunitas webmaster untuk mendapatkan jawaban.

Gambar dari Google

Nanti kamu bisa mengetikan untuk mencari masalah/sesuatu yang ingin kamu ketahui seputar webmaster. Beberapa pertanyaan seputar Google Webmaster misalnya:
  • Hai mastah, bisa bantu mencari solusi mengapa situs saya hilang pada hasil pencarian Google?
  • Hai Guys, bagaimana saya bisa membangun situs yang ramah google?
  • Pakar-pakar sekalian, Google melaporkan bahwa situs saya terindikasi spam apa yang mesti saya lakukan? Huu..hu...
  • Mohon bantuan dari grup ini trafik website kami berkurang dalam waktu beberapa hari ini☹️?
  • dlsb..
Kamu juga dapat membuka thread atau link berdasarkan kategori-kategori postingan untuk melihat pertanyaan apa saja yang ditanyakan anggota/pengunjung pada setiap kategori tersebut. Kamu juga langsung dapat membalas pertanyaan-pertanyaan tersebut sebagai bentuk kontribusi kamu. Semakin banyak berkontribusi semakin banyak belajar untuk mendapatkan pengetahuan seputar produk tersebut dan semakin berpeluang menjadi pakar! 

Bila informasi yang ingin kamu dapatkan seputar Google Webmaster belum cukup kamu bisa langsung mengajukan pertanyaan pada halaman tersebut dengan meng-klik "Tanyakan sekarang" pada bagian kanan bawah halaman teersebut.

Gambar dari Google.

Tips dan saran bagi kamu yang serius mau belajar dan ingin berbagi pengetahuan lebih seputar produk-produk Google, bukan semata-mata hanya ingin menjadi pakar yang paling penting seberapa besar komitmen kamu melakukannya untuk menolong orang lain yang membutuhkan jawaban seputar produk.

Yakin aja kerja keras kamu pasti akan membuahkan hasil pada waktunya. Untuk mengetahui apa saja reward/bonus yang kamu dapatkan ketika menjadi pakar produk Google dapat kamu lihat di sini.

Selamat mencoba๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘Œ

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Filosofi Tato Burung Enggang Dayak

Ansabi sawi kampung sayuran khas Dayak.

Kenali macam-macam dosis obat dan jangan lagi ragu minum obat