23 November 2016

Berkesan dari mulai dan sampai ikuti temu TC Google di Singapura.

Tim Kontributor di Forum Webmaster Google Indonesia
Foto diambil di Kantor Baru Google Asia Pasific di Singapura 
Mengikuti Temu Acara Kontributor Utama atau Top Contributor (TC) Google di Singapura merupakan sebuah momentum dan pengalaman yang tidak pernah terlupakan di dalam hidup Saya. Meskipun pertemuan ini tidak memakan waktu yang lama hanya 2 hari namun banyak hal yang membekas mulai dari saat pertama kali memulai aktif di forum, mendapat undangan sampai selesainya acara. Bekas-bekas itu Saya rangkum dalam sebuah kisah/cerita dan pengalaman. Bagaimanakah memulainya mungkin menjadi pertanyaan besar bagi teman semua dan bagaimana bisa sampai diundang ke Kantor Google!

Minat dan ketertarikan dimulai dari keingintahuan mencari informasi bahkan bukan sekedar itu melainkan ingin bisa menulis apa saja yang penting bermanfaat dan memiliki situs/blog sendiri. Meskipun sudah bertahun-tahun bergelut dengan dunia internet namun tetap juga tidak tahu bagaimana memulai belajar dan mengembangkannya.

Kurang minat dan pemikiran selalu berubah biasanya membuat rencana dan ide yang tidak konsisten terhadap apa yang menjadi keinginan dan cita-cita. Pada akhirnya juga mencoba serius menekuni dunia blogging dengan harap-harap cemas 😀.

Teman-teman yang aktif sebagai daringer/onliner baik mengelola situs pribadi, sosial, bisnis, dan media sosial masing-masing ingin mendapatkan manfaat dari aktifitas yang paling banyak menghabiskan waktu berjam-jam ini ketika dinikmati. Apa yang ingin didapatkan dari semuanya itu?

Tidak dipungkiri banyak orang bahkan milyaran orang terbantu dengan apa yang dilakukannya di internet. Banyak yang terinspirasi sehingga seolah orang merasa dapat hidup dan berkiprah di dunia maya ini. Salah satu dampak positifnya Anda dapat menemukan informasi dan terkoneksi dengan siapapun lewat internet. 

Bagi Saya untuk menggeluti dunia maya tidak cukup berinteraksi di media sosial saja. Aktivitas dunia maya juga tidak ubahnya dunia nyata dimana banyak orang juga membutuhkan bantuan di sana dalam berbagai bidang. Minat dan Tertarik berbagi pengetahuan dengan semua orang sesuai kemampuan sepertinya cukup menantang dalam belajar apapun di internet. Mungkin banyak orang menawarkan kerjasama dalam berbagai hal namun bagi Saya kesan pertama yang dirasakan bagaimana berbagi pengetahuan dan informasi mengenai produk-produk Google itu sendiri. Bagaimana dengan Kamu?

Diundang dalam acara pertemuan Kontributor Utama boleh dikatakan sebagai jawabannya. Bagaimana bisa? Kebetulan produk yang Saya coba tekuni adalah Search Console Google melalui Forum Bantuan Webmaster Google Indonesia.


Sumber Gambar dari Google
Oya.. khusus di Indonesia saat ini baru ada 3 forum resmi (lihat gambar di atas) Google. Namun sangat terbuka Kamu juga dapat berkontribusi di forum produk Google dunia misalnya yang berbahasa Inggris, cek produk-produknya di sini.

Sejak diluncurkannya Forum Bantuan Webmaster Google Indonesia Oktober 2015 lalu forum ini banyak berdiskusi dan berkontribusi mengatasi masalah seputar situs agar ramah di penelusuran. Selain itu forum bantuan ini bertujuan memberikan saran dan dorongan kepada Anda sebagai Webmaster untuk senantiasa membuat konten yang unik, menarik dan berkualitas bagi pengguna. Selain itu penting bagi Webmaster mendaftarkan situs pada mesin pencari Google melalui Google Webmaster Tools dan memantau kinerja situs lewat Search Console yang disediakan Google.



Maret 2016 lalu Saya mulai tertarik dan pertama kali menjawab pertanyaan di Forum Bantuan Webmaster Google. Seperti kebanyakan teman yang juga terlibat di Forum meluangkan waktu dan fokus setiap harinya menjadi tantangan tersendiri selain itu dibutuhkan pengalaman terutama mengelola situs/blog sendiri menjadi poin tambahan agar lengkaplah dirasa praktiknya. Anda yang aktif diberikan semacam nilai/peringkat yang bertahap pada setiap periode oleh manajer komunitas forum. Singkat cerita setelah melewati proses dalam berkontribusi Saya mendapat lencana sebagai Bintang Baru atau Rising Star di forum.




Menjadi Bintang Baru di Forum sejak 14 Juni 2016 lalu menambah semangat dan kegembiraan, namun juga tantangan. Gembiranya karena akan terkoneksi dengan para Googler, tantangannya selalu siap sedia waktu dalam menjawab pelbagai pertanyaan dengan memberikan solusi yang tepat dan bermanfaat. Keseriusan, keaktifan dan penguasaan materi menjadi dasar pertimbangan manajer komunitas selanjutnya menetapkan Kamu menjadi Kontributor Utama.


Singkat cerita setelah melewati proses yang cukup panjang sebagai Rising Star dan komitmen membantu anggota yang bertanya di forum Webmaster Indonesia, maka tanggal 29 Maret 2017 lalu ditetapkan menjadi Kontributor Teratas/Utama dan mendapat lencana hijau dari Google.



Teman dan Anda semua mungkin bertanya apa sih yang menjadi keuntungan menjadi dan mengikuti Program Kontributor Utama Google. Para Kontributor sebagai relawan (bukan karyawan Google) yang berpartisipasi paling aktif pada forum dalam menjawab pertanyaan seputar masing-masing produk, mungkin Kamu tertarik lihat situsnya di sini. Keuntungan dan sekaligus menjadi kesempatan:
  1. Diundang menghadiri pertemuan puncak acara para top kontributor.
  2. Mendapatkan undangan eksklusif menjadi penguji beta produk Google sebelum diluncurkan.
  3. Bergabung dengan komunitas yaitu orang-orang yang menggeluti dan berpengalaman tentang produk-produk Google.
  4. Bertemu karyawan Google (Googler) mendapat akses langsung bila ada pertanyaan dan ide.
  5. Menghadiri pertemuan rutin para Kontributor Utama, salah satunya temu para TC di Singapura November 2016 tahun lalu dan menghadiri acara puncaknya biasanya di Kantor Pusat Google.
  6. Membantu orang lain selain yang bertanya yaitu orang lain yang menelusuri dan menemukan jawaban tersebut melalui pencaria Google.
Pada tangal 13 Juli 2016 tahun lalu diundangan dari Google untuk mengikuti pertemuan rutin para Kontributor Utama di Singapura sekaligus pertama kalinya bepergian ke LN (Luar Negeri) Emailnya: You're invited to the Singapore Top Contributor Program Meetup! yang diadakan pada tanggal 2 dan 3 November 2016.



Secara pribadi beberapa kesan yang menjadi keyakinan dari pertemuan tersebut:
  1. Selalu ada orang yang siap berbagi dan membantu dalam berbagai hal sesuai minat dan ketertarikannya;
  2. Setiap orang memberikan cara yang unik dalam memberikan bantuan kepada orang lain;
  3. Memberikan waktu merupakan salah satu cara yang baik dan bermanfaat dalam membantu orang lain;
  4. Usia tidak menjadi batasan menolong orang lain;
  5. Bantuan tidak hanya berasal dari sekitar Anda melainkan dari berbagai tempat di dunia;
  6. Makin lama menolong makin tambah pengetahuan dan pengalaman;
  7. dan banyak lagi, tapi itu saja dulu..haha.

Dengan demikian, Anda yang memiliki ketertarikan dan minat mengenai produk-produk Google juga berkesempatan menjadi Kontributor Utama. Kamu yang sudah pernah masuk ke salah satu atau lebih forum produk yang diminati dan sudah bertanya dan mencoba menjawab pertanyaan di sana dapat langsung mengisi formulir bila tertarik untuk bergabung lebih jauh lagi. Melalui ini merupakan salah satu cara belajar dan bentuk pengembangan diri dalam bidang informasi dan teknologi yang dapat memberikan manfaat bagi banyak orang sejagat raya dan maya.
Post a Comment