Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.

Perbaikan Struktur Data Blog wilbeblogger.com hampir final. Apa rahasianya?
Struktur Data merupakan komponen yang terdiri dari bahasa markup HTML/XHTML yang dapat langsung Anda lihat pada Template Blog. Struktur Data ini dibentuk pula dari bahasa markup HTML/XHTML data untuk laman web (Web Pages) yang disebut hAtom (hTML Atom). hAtom dan mikroformat teman yang tidak dapat dipisahkan, saling melengkapi dan bekerja sama satu sama lain. Mikroformat adalah berbagai bahasa markup dengan sintaksis HTML biasa yang digunakan untuk mengenali data. Dengan kata lain mikroformat adalah sebuah rumusan bahasa markup untuk web browser dan beberapa perangkat lunak lain yang mencari data tertentu pada laman Blog tersebut.

Sebagai contoh sintaksis hAtom markup mikroformat dengan atribut CLASS dan REL dalam DIV dan SPAN.

Contoh:
div class='column-right-outer'

span class='cse-status'

span itemprop='dateModified' rel ='bookmark' title='permanen link'

Struktur data hAtom markup mikroformat khusus dan dikenali browser (firefox, chrome, dan perangkat lunak lainnya) dalam mencari data yang relevan dimunculkan sesuai keinginan user. Saat Anda mengetikan kata pada browser atau mesin pencari maka ia akan menampilkan relevansi data blog kepada user dalam mencari jawaban informasi lewat internet.

Singkatnya bila struktur data yang terdapat pada template blog Anda mengalami eror atau kesalahan dapat mempengaruhi SERP (Search Engine Result Page) Blog pada pencarian. Sayang sekali karena kesalahan struktur data, perayap web tidak dapat mengenali sebagian bahkan keseluruhan blog, sehingga robot tidak bisa menampilkan data relevan yang dibutuhkan pengunjung sesuai dengan topik blog Anda. Oleh karena itu penting sekali untuk segera menyelesaikan eror pada struktur data blog yang dilaporkan lewat Search Console Google Webmaster Tools Anda.

Berikut ini beberapa eror yang terjadi pada struktur data hAtom markup mikroformat serta cara memperbaikinya. Terlebih dahulu masuk ke Search Console menggunakan Akun Google Anda, pilih Struktur Data, Berikut ini Saya tampilkan contoh screenshot Blog yang sedang mengalami eror pada struktur datanya.


Bila Anda klik pada bagian yang bertanda panah merah pada gambar maka akan tampil beberapa kesalahan (missing) umum seperti:

Missing: updated
Missing: author

seperti pada gambar di bawah ini:


Pilih salah satu klik "Page URL" pada bagian yang eror, maka akan muncul detail halaman yang mengalami eror seperti gambar di bawah ini:


kemudian, klik   Test live data  

Anda di bawa pada laman Structured Data Testing Tool seperti pada gambar di bawah ini:


Structured Data Testing Tool 
Pada bagian ini akan terlihat langsung struktur data yang eror pada template blog, Anda akan melihat ada beberapa kesalahan yang terjadi baik pada hAtom (1) maupun Blogposting (1) seperti pada gambar di bawah:


Pada gambar di atas terjadi kesalahan pada BlogPosting(1). Beberapa eror atau kesalahan yang terjadi pada BlogPosting, jika Anda klik bagian ini akan terlihat kesalahan-kesalahan atau eror beserta penanganannya.

Catatan:
Perbaikan eror dilakukan langsung pada template blog Anda yaitu dengan mencari kode-kode yang mengalami eror atau kesalahan. Struktur Data Testing Tool hanya sebuah alat tes saja.

Memperbaiki Kesalahan 'image_URL'

itemprop='image_url'

 
cukup hapus _url, sehingga menjadi: itemprop='image'
kemudian klik   validasi  , tunggu beberapa saat eror pada image fix dapat ditangani.

Memperbaiki Kesalahan 'blogId' dan 'postId'


hapus kedua kode di atas.

Memperbaiki Kesalahan 'datePublished'



format jam pukul 9:26 AM tidak dikenali karena tidak sesuai dengan format waktu standar ISO, oleh sebab itu untuk melakukan perbaikan ini:
masuk pada blogger area
Settings
Language and formatting
Formatting
Timestamp Format
pilih waktu yang sesuai seperti format waktu pada gambar di bawah ini:

Save Settings. pastinya kesalahan 'datePublished' pada blog Anda sudah teratasi :)

kemudian:


Memperbaiki Kesalahan 'headline'
Masuk pada Template Blog cari kode sesuai pada template blog di bawah:


Ubah bagian yang diberi tanda lingkaran 'name' menjadi 'headline', save template.

Memperbaiki Kesalahan 'image' 
Kesalahan pada image akan segera teratasi bila Anda sudah mengatasi masalah 'image_URL'.

Memperbaiki Kesalahan 'publisher' 
Kesalahan 'publisher' berarti tidak ditemukannya identitas Anda sebagai penulis dan publisher pada artikel maupun video yang dipasang melalui laman blog.
Contoh kodenya untuk publisher artikel:

    "publisher": {
      "@type": "Organization",
      "name": "Google",
      "logo": {
        "@type": "ImageObject",
        "url": "https://example.com/logo.jpg",
        "width": 600,
        "height": 60
      } 
 
Bila Anda melihat bahwa blog Saya belum memiliki logo, setelah pikir-pikir referensi publisher apa yang akan Saya tampilkan sebagai identitas publishernya dan berhasil tidak terjadi eror akhirnya profil Google+.

Untuk lebih jelasnya silahkan cari kode pada template blog Anda seperti di bawah ini:


Kemudian tambahkan semua kode di bawah ini (maaf tidak mencantumkan kode copas, yang rajin ketik ulang..hehe) tepat di bawah kode di atas:


Lihat Saya memasang URL Google+ Saya. Simpan Template. Sangat disarankan untuk mencantumkan URL LOGO Blog Anda pada bagian ini. Save template.

Kesalahan 'dateModified' 

Cari kode di bawah di template blog Anda:


dilengkapi kode di atas dengan menambah kode pada bagian depan dan belakang kode di atas, sehingga menjadi:


Kesalahan 'mainEntityOfPage'
Cari kode di bawah ini lagi:


lengkapi kode di atas sesuai dengan tampilan kode di bawah ini, sehingga menjadi:


Setelah Anda memperbaiki semua kesalahan Struktur Data hAtom Markup Microformat, silahkan klik kembali URL yang mengalami kesalahan pada Search Console Anda kemudian klik Test live data  . Apakah masih terjadi kesalahan atau Eror?

Demikianlah cara Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool, semoga membantu.

Selamat Membaca, Happy Blogging.
Post a Comment

Teman-teman Google+ Terkren!

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.