18 April 2016

Cara Memperbaiki status 404 kesalahan perayapan di Console Google Webmaster

Error Page Not Found kesalahan perayapan
Gambar dari Google
Sebelum dipaparkan lebih lanjut bagaimana cara memperbaiki status kesalahan tidak ditemukan (404) terlebih dahulu perlu diketahui mengapa halaman tidak ditemukan dengan kode status 404. Meskipun Anda sudah melakukan penghapusan tautan (URL) pada Console namun kerap status kesalahan 404 ini dapat muncul kembali. Bagaimana cara mengatasinya?

Sebenarnya kode status http 404 dan solusinya pernah di bahas dalam tulisan sebelumnya di sini, namun dirasa perlu melengkapi kembali tulisan tersebut mengingat banyak yang menanyakan kembali bagaimana solusi status 404 di Forum Bantunan Webmaster Google.

Pada umumnya kesalahan tidak ditemukan (404) ini tidak memengaruhi pemeringkatan situs di Google (simak juga di: https://goo.gl/NCT0I9), jadi Anda tidak harus panik. Namun laman tidak dapat ditemukan (404) ini sebaiknya juga menjadi perhatian khusus bagi para blogger untuk meneliti seberapa jauh kesalahan ini terjadi pada blog.

Bila Anda menemukan status kesalahan laman tidak ditemukan (404) pada blog atau laman web Anda dengan mudah melakukan eksekusi dan perbaikannya. Namun mungkin kesalahan laman tidak ditemukan (404) yang tidak diinginkan dapat saja terjadi pada tautan sehat yang memiliki tautan tersemat baik dalam bentuk file javascript, flash atau konten lainnya. Tautan tersemat dalam bentuk file ini membingungkan Googlebot sehingga terjadi kesalahan perayapan terhadap tautan tersemat tersebut.

Cek tautan dengan http://brokenlinkcheck.com untuk mengetahuinya, kemudian Anda dapat menghapus atau mengganti tautan dengan status kesalahan 404 dengan redirect 301 permanen pada laman yang sebenarnya. Bila ternyata kesalahan perayapan 404 terjadi dan terdeteksi oleh Search Console, tetap jangan panik dulu lakukan beberapa langkah berikut:

Cara pertama: Bila URL tersebut adalah URL Anda sebelumnya kemudian oleh karena sesuatu dan lain hal sudah dihapus atau URL tersebut bukan konten blog yang diinginkan pemiliknya, tidak perlu dilakukan apa pun karena tautan itu juga akan dihapus atau juga cukup centang seluruh URL yang mengalami kode tanggapan 404 kemudian tandai sebagai telah diperbaiki.


 
Cara kedua, salin tautan pada kesalahan perayapan Search Console, Google indeks, Hapus URL, Sembunyikan Sementara, Paste URL,Terus, Kirim Permintaan. Lakukan terus-menerus sampai semua tautan diselesaikan.

Cara ketiga: buat pengalihan permanen atau redirect 301. Redirect 301 tidak perlu dilakukan pada tautan yang benar-benar tidak Anda inginkan kembali, namun cukup memunculkan 404 saja. Namun, untuk tautan yang masih diinginkan namun karena kesalahan sendiri (human error) tautan muncul 404 lakukan pengalihan tautan permanen 301 pada pengaturan blog Anda.

Sehingga ketika pengunjung atau perayap web menemukan tautan atau URL yang mengalami kesalahan tidak ditemukan 404 segera dialihkan secara permanen dan otomatis pada laman yang sebenarnya, sehingga trafik blog tetap dipertahankan.

Beberapa hal di atas merupakan beberapa strategi bagaimana cara memperbaiki status 404 kesalahan perayapan yang dilaporkan pada Search Console Anda. Untuk tahap selanjutnya yang paling penting menjadi perhatian Anda tetap membuat konten yang unik dan berkualitas demi kesehatan Blog Anda.

Demikian tulisan ini selamat mencoba, Happy Blogging.
Post a Comment