Langkah keberhasilan pemulihan Akun Google yang diretas.

Mendapatkan kembali Akun Google yang diretas melalui proses pemulihan Akun tentunya menjadi harapan, karena Blog dan beberapa produk Google lainnya, serta games tentunya dapat diakses kembali. Oleh karena itu penting sekali untuk Anda mengamankan Akun Google agar tidak mudah diretas oleh siapapun.
 
Akun Google menjadi sangat populer dan digunakan jutaan user di internet. Membuat Akun Google sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mengetikan beberapa data pribadi, menambahkan Akun Gmail, dan kata sandi. Akun Google juga banyak digunakan oleh user untuk masuk ke semua produk Google dan situs-situs web. Kemudahan ini juga berpotensi mengundang berbagai tindak kejahatan dengan Akun Google Anda bila tidak mengamankannya.

Akun Google yang dibuat sebenarnya tidak mudah diretas oleh siapapun bila: kata sandi yang digunakan rumit sulit dipecahkan oleh siapapun, sudah mengaktifkan opsi verifikasi 2 langkah dalam proses pengamanan Akun Google, TIDAK memberitahukan pengguna dan kata sandi kepada orang lain, dan berhati-hati tidak sembarangan melakukan akses terhadap situs terlarang yang meminta untuk memasukan atau mengirimkan nama pengguna dan kata sandi Google Anda.

Mungkin Anda yang sangat asyik melakukan aktifitas online memakai Akun Google untuk masuk pada media sosial dan banyak situs web tidak jarang lupa nama pengguna dan kata sandi yang sudah terlanjur digunakan, apalagi Anda masih mengingat secara benar Akun Google namun sudah tidak dapat diakses kembali mungkin Akun Anda sudah diretas.

Anda yang masih dapat masuk pada Akun Google sebaiknya rutin melihat dan memeriksa apakah ada aktifitas dan notifikasi perangkat yang mencurigakan yang mencoba menggunakan Akun Google Anda. Bila ada yang berusaha demikian sebaiknya Anda secepatnya masuk dan mengamankannya dengan mengubah kata sandi atau mengaktifkan verifikasi 2 langkah bila belum, opsi cadangan dan email pemulihan.

Banyak dan hampir setiap hari user yang tidak dapat masuk ke Akun Google menyampaikan keluhannya di Forum Bantuan Google:
 
"....akun saya kena hack"
"...diretas"
"..dibajak"
".....sehingga tidak dapat masuk, password diganti kemudian diaktifkan verifikasi 2 langkah oleh pembajak", dan lain-lain.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemulihan Akun Google: jangan panik dulu, konsentrasi, pastikan bahwa Anda dapat mengingat pengguna Akun secara tepat, ingat kata sandi yang pernah Anda gunakan untuk Akun Google tersebut, Terakhir kali masuk ke Akun Google dan Kapan pertama kali membuat Akun Google.

Yang perlu Anda ingat bahwa Google membutuhkan usaha Anda dalam proses pemulihan Akun Google, tanpa informasi yang akurat Akun Anda tidak akan pernah kembali. Beberapa hal di atas menjadi kunci keberhasilan pemulihan Akun Google yang diretas.

Berikut ini adalah keluhan-keluhan yang sering dilaporkan para anggota yang mencari jawaban  pada Forum Bantuan Google:

"kata sandi diubah, saya tidak dapat masuk Akun Google....!
Tidak dapat masuk meskipun sudah mengetikan nama pengguna dan kata sandi dengan benar. Jika Anda yakin ini dilakukan orang lain, berarti Akun Google Anda diretas dan sudah diganti kata sandinya oleh orang lain. Untuk masalah ini gunakan laman bantuan sandi dengan cara masukan alamat email.


Setelah Anda masuk dengan alamat email yang benar maka akan muncul nama pengguna Gmail dan masukan kata sandi yang pernah digunakan baik yang dulu yang bisa diingat atau yang barusan diganti oleh peretas.

Bila sudah memasukan semua data yang diminta dengan benar klik lanjutkan dan setelan kata sandi dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah yang dikirimkan melalui email pemulihan (Saya pribadi sengaja membuat alamat email pemulihan ini di Yahoo).

Setelah Anda menemukan kembali Akun dan menyetel kata sandi yang baru, langkah selanjutnya lakukan kembali langkah-langkah pengamanan Akun agar tidak mudah diretas pelaku kejahatan lagi.

"tidak dapat masuk Akun Google lupa nama pengguna atau username, mohon bantuannya....."
Mengatasi masalah ini Anda butuh pemulihan karena lupa username/nama pengguna. Ada 2 opsi pemulihan yang dapat dilakukan agar Anda mendapatkan kembali username atau pengguna yaitu menggunakan email pemulihan dan nomor telepon. Yang paling sering dan lebih praktis Saya pikir yaitu pemulihan dengan menggunakan nomor telepon. Lihat gambar di bawah ini. lakukan pengisian dan ikuti perintah langkah demi langkah.
"tidak dapat masuk Akun Google dan sudah diaktifkan verifikasi 2 langkah oleh peretas mohon bantuannya....."
Banyak pengguna Akun Google yang diretas kemudian diaktifkan verifikasi 2 langkah oleh peretas itu sendiri. Biasanya dalam kondisi seperti ini peretas sudah mengubah kata sandi dan mengaktifkan verifikasi 2 langkah dengan mengganti nomor ponsel untuk pengiriman kode verifikasi.

Dalam situasi ini Anda membutuhkan ponsel cadangan. Masuk Akun melalui ponsel cadangan, dengan cara masuk ke layanan Google, seperti Gmail.

Bila Anda kehilangan ponsel dan/atau peretas tidak mengubah kata sandi Akun tetapi mengaktifkan verifikasi 2 langkah sehingga tidak dapat menerima kode verifikasi melalui ponsel yang dilakukan adalah masuk menggunakan kode cadangan yang Anda simpan. Kode cadangan terdiri dari 10 kode yang setiap kodenya sekali pakai.    

Kesimpulan untuk dapat memulihkan Akun Google dengan sukses yang perlu dipersiapkan oleh Anda mulai dari sekarang adalah:
1. Catat username dan kata sandi Akun Google pada buku rahasia Anda
3. Aktifkan opsi cadangan: ponsel cadangan dan kode cadangan
4. Buat email pemulihan
5. Ingat beberapa data yang dibutuhkan untuk verifikasi identitas.

Dengan demikian Anda tidak perlu kuatir bila suatu ketika Akun Anda diretas, karena Google akan mengalahkannya melalui bantuan Anda sendiri.
Post a Comment

Teman-teman Google+ Terkren!

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.