Cara Cepat Menurunkan Eror HTML Validator W3C Template Blogger Blogspot.

Organisasi Standar Web Utama Dunia | danrichard.com
Sulit sekali dipercaya bisa mengatasi eror HTML Template Blogger pada hasil validasi W3C apalagi tidak memahami sama sekali coding HTML yang ada pada template blogspot tersebut. 

Validasi adalah cara mudah untuk memeriksa apakah suatu laman situs kamu sesuai dengan standar web atau tidak. Bila belum standar, akan terlihat banyak eror ketika divalidasi. Web desainer yang membangun website indah tanpa memeriksa apakah laman mereka sesuai standar web adalah rapuh dan tidak dapat diandalkan, begitu kata pakarnya.


Pada saat ini peramban-peramban (browsers) sudah canggih mampu menerima dan menyajikan laman web meskipun HTML mereka tidak sesuai standar atau eror. Sejauh tidak fatal maka laman web masih bisa ditampilkan dengan baik. Eror-eror ini dapat menyebabkan kesalahan perayapan oleh bot mesin pencari, dan juga membuat loading laman lambat.

Banyak orang tidak menghiraukan eror ini. Ketika coba memvalidasi source code template di Validator W3C lumayan agak terkejut ternyata ada ratusan kode eror!😮😮

Mengapa mesti divalidasi di W3C?
W3C singkatan dari World Wide Web (WWW) Consortium merupakan organisasi standar utama Internasional untuk web dunia. Tujuan utamanya meningkatkan ketersediaan dokumen online yang berkualitas bagi pengguna internet. Oleh sebab itu webmaster mesti mengikuti standar mereka agar masalah ketidakcocokan dengan browser dapat dikurangi. Layanan validasi markup oleh W3C adalah validator, yang mana pengguna internet dapat memeriksa dokumen HTML dan XHTML sesuai dengan format markup yang baik. Dampaknya dengan SEO masih belum jelas, tetapi mengurangi kesalahan (eror) merupakan praktik terbaik juga menguntungkan untuk belajar bagi kamu.

Baiklah berikut cara cepat memvalidasi dan menurunkan eror markup HTML template blogger blogspot di Validator W3C sebagai berikut:

Pertama,
Buka situs Validator W3C dan masukan URL situs (contoh lihat gambar).




Setelah centang check, hasil akan menunjukan sejumlah eror pada markup X/HTML pada template blogspot kamu, bisa dari puluhan bahkan sampai ratusan eror markup HTML.

Jangan panik dulu😀, berikut langkah cepat mengurangi kesalahan (eror) sampai 95% caranya:
1. masuk ke dasbor Blogger;
2. theme;
3. edit HTML;
4. cari markup ini di bagian utama pembuka X/HTML:

<!DOCTYPE html>
<html b:version='2' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>

ganti dengan:
<!DOCTYPE html>
<html b:version='2'>
<html xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'/>


5. Simpan.
Kemudian kembali pada laman validator W3C tadi lalu klik check kembali, maka eror akan jauh berkurang dan selamat mencoba.
Post a Comment

Teman-teman Google+ Terkren!

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.