15 April 2017

Posisi tidur sehat bangun pagi segar.


Sekitar 1/3 waktu hidup kita dihabiskan untuk tidur. Tidur merupakan irama dan pola hidup manusia yang sangat penting. Tidur yang berkualitas dapat menentukan kualitas hidup karena istirahat tidur membuat badan terasa bugar dan meningkatkan konsentrasi berpikir. Namun selama tidur kita tidak menyadari bahwa setiap perubahan posisi ada yang menguntungkan dan ada juga yang berdampak buruk terhadap kesehatan. 

Apakah kita sering merasakan leher tegang dan sakit kepala pada saat bangun tidur? Mungkin posisi tidur kamu tidak sehat ketika saat mulai tidur dan saat posisi berubah dalam keadaan tidur? Sebenarnya ada banyak posisi tidur kita namun secara alamiah ada 3 posisi yang sering kita lakukan yaitu posisi telentang, miring dan tengkurap.

Posisi Telentang

Posisi ini merupakan posisi  tidur yang paling baik, karena posisi ini menopang kepala, leher dan punggung. Untuk mengurangi beban punggung bawah lebih baik selipkan bantal pada lipatan bawah lutut kaki sehingga dalam posisi sedikit tertekuk. Dengan demikian otot daerah punggung bawah relaks dan membuat tidur Anda nyaman. 

Posisi Miring


Posisi tidur miring merupakan posisi tidur yang populer. Setiap orang merasa nyaman dengan posisi miring baik miring kiri maupun miring kanan tergantung kebiasaan. Sebaiknya tidur pada posisi miring kanan karena posisi ini tidak menekan dan membebani jantung dalam memompa darah. Posisi miring yang baik seperti "tidur bayi" dengan cara posisi lutut kaki tertekuk ke arah dada. Posisi ini mengurangi tekanan tulang punggung dan memudahkan pernafasan. Gunakan bantal yang sedikit keras di bawah kepala dan leher untuk mengurangi tekanan di pundak. Sisipkan bantal di antara kedua kaki yang tertekuk agar tumpuan badan tidak terlalu berpusat di pinggul yang dapat menimbulkan pegal-pegal.

Posisi Tengkurap
Posisi tidur ini merupakan posisi tidur yang buruk karena membuat stress pada otot dan tulang leher, menekan paru-paru, jantung dan otot perut. Posisi ini dapat membuat leher anda tegang, kaku dan sakit kepala saat terbangun tidur pada pagi harinya.

Semua orang mempunyai posisi yang sama pada saat mulai tidur dan berubah pada saat tidur dan bahkan saat terbangun. Dan memungkinkan pula posisi yang sama pada saat mulai dan bangun tidur Kamu. Apabila Kamu sudah melakukan posisi yang baik namun masih terasa lelah dan tidak segar ketika bangun tidur, mungkin disebabkan beberapa hal seperti gangguan ngorok, berisik, waktu tidur yang singkat, kelelahan, dan penyakit-penyakit yang menyebabkan tidur Kamu tidak berkualitas diantaranya penyakit jantung.

Silahkan berkonsultasi dengan dokter bila sebab-sebab kualitas dan kebugaran tubuh terganggu mungkin oleh karena penyakit akut maupun kronis yang kamu derita.
Post a Comment