13 November 2015

Apa Sih Blogger itu Sebenarnya?

Pengertian Blogger di mata para Blogger
Gambar dari Google
Istilah Blogger tidak asing di telinga para pengguna internet. Blogger atau biasa disebut Blog merupakan sebuah situs web yang memuat tulisan pribadi, topik yang khusus, publikasi, dan karya seni, politik dan banyak lagi lainnya. Blogger juga merupakan sebutan untuk penulis Blog yang aktif melakukan Blogging yang mengelola dan memperbaharui konten Blog miliknya secara rutin. Berbicara Blogger juga maksudnya mengarah pada Blogger.com kepunyaan Google.

Blog diperkenalkan dengan nama Blogger pertama kali oleh perusahaan yang bernama Pyra Labs dengan situs web Blogger.com. Seperti halnya sekarang ini Blogger yang dibangun Pyra Labs menyediakan fasilitas Blogging gratis kepada user. Setelah melewati kesulitan internal yang berhubungan dengan kualitas server milik Pyra yang tergolong kurang baik, maka pada tahun 2002 Blogger dikembangkan Pyra kembali dan mulai dilisensi bagi perusahaan lain. Setelah berjalannya waktu, pada akhirnya tahun 2003 diakuisisi oleh Google

Sejak diakuisisi Google, Blogger.com ditata dan dikembangkan kembali dengan fitur-fitur yang terbuka untuk pengembangan para penulis Blog tersebut. Pada tahun 2007 semua data pengguna (user) dari server Pyra Labs selesai dipindahkan ke server GoogleGoogle kala itu sudah memiliki server yang lebih baik untuk penyimpanan dan keamanan data pengguna seluruh dunia.

Blog dapat diakses pula di internet sesuai topik dan tujuan penggunanya. Malah topik-topik di internet yang muncul pada Search Engine banyak diprakarsai dan ditulis oleh para Blogger.

Seperti paltform Blog lainnya, Blogger juga membuka ruang diskusi penulis dan antar pengunjung melalui kolom komentar yang tersedia oleh sebab itu lebih dipercaya publik. Blog dengan topik yang selalu di-update sangat mudah ditemukan di internet hanya dengan mengetikan kata kunci (keyword) yang diinginkan pada Search Engine.

Kini Anda yang hobi menulis dengan leluasa kapan pun bisa. Banyak perusahaan yang menawarkan pembuatan Blog gratis seperti Wordpress, Tumblr, Joomla, dan lain-lainnya. Setidaknya Blogger milik Google hadir dengan subdomain Blogspot.com dengan tampilan ramah dan mudah dioperasikan meskipun mulai baru pertama kali daftar di Blogger.

Blogger memiliki fasilitas dan akses gratis tidak juga serta-merta menurunkan fungsinya. Di dalam hosting atau dasbor blogger, Anda dapat memiliki lebih dari 100 Blog dalam satu Akun Google, selain itu diberikan space dan bandwidth yang tidak terbatas. Tidak ada batas jumlah post dan laman, khususnya disediakan space sampai 1 MB per laman.

Pada tahun 2004 Google membeli Picasa web yang terintegrasi dengan Blogger. Foto yang Anda unggah pada Blog tersimpan di Picasa web. Blogger memiliki ruang penyimpanan foto ekstra yang lebih besar bila Anda bergabung dengan Google+. Menurut Wikipedia ukuran foto pada setiap posting yang tidak melebihi 16 megapiksel (4920 x 3264) selalu diberikan ruang yang tidak terbatas.

Blogger juga tersedia dalam URL (Uniform Resource Locator) khusus negara-negara atau disebut ccTLD (Country code top-level domain). Sejak bulan September 2015 yang lalu Blogger tersedia dalam URL (Uniform Resource Locator) khusus negara Indonesia. Misalkan contohnamablog.blogspot.co.id bukan [dot] id. Terlepas dari segala regulasi web, Google memperhitungkan para Blogger di setiap negara dengan menyediakan id khusus pada URL.

Blogger juga mengijinkan user tanpa bayaran yang ingin me-redirect Blogspot ke domain sendiri (custom domain).

Contoh:
URL Blog contohnamablog.blogspot.co.uk dapat di-arahkan ke custom domain Anda ke contohnamablog[dot]com, [dot]net, [dot]org, dan dot-dot TLD (Top Level Domain) lainnya.

File CSS (Cascading Style Sheets) pada template HTML Blogspot bisa diedit dengan bebas dan penggunaan java script yang tidak rumit. Dengan mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools Anda dapat mengontrol dan mengetahui apakah situs web atau Blog anda harus dilakukan peninjauan ulang dan perbaikan dari berbagai macam aspek.
 
Oleh karena fungsinya yang selalu di-update dan dipelihara oleh satu user atau lebih, Blogger sangat potensial dikembangkan menjadi sebuah media komunikasi dan bisnis di internet yang handal disamping website

Platform Blogger ini sudah banyak dijadikan sebuah bisnis dengan Niche Blogging yang sangat menjanjikan salah satunya Google Adsense. Bahkan sudah banyak yang menjadikan platform ini menjadi satu-satunya sumber penghasilan (source of income) dari part time sampai full timer dari Blogger pemula sampai profesional.

Kesimpulan.
Pengembangan fitur-fitur Blogger dan beberapa keunggulannya bukanlah tanpa sebab selain Anda bisa dengan mudah melakukan perubahan pada template dan konten juga dimaksudkan membuka ruang dan menumbuhkan kebanggaan kepada para Blogger untuk memilih dan membangun sebuah Blog yang memberikan manfaat kepada dunia entah lewat pengalaman pribadi, inspirasi, maupun bisnis.

Terakhir, karena Blogger milik Google maka ia sangat diistimewakan asalkan mengikuti ketentuan-ketentuannya.

Sumber: Blogger, Google, dan Wikipedia.
Post a Comment