Apa yang terjadi saat Anda demam?


Siapa yang tidak pernah merasakan demam selama hidupnya? Semua orang tidak terlepas dari gejala ini bahkan binatang juga bisa mengalami sakit demam. Berbagai macam tindakan kita mengatasi demam dari mulai cara tradisional sampai minum obat. Apa sih sebenarnya yang terjadi di balik demam tersebut?



Dalam 1 minggu ini Amin aktif bekerja tanpa mengenal lelah, pergi pagi dan pulang malam hari. Hasil yang didapatkan lumayan banyak dan cukup untuk menghidupi keluarga dengan jumlah tanggungan 2 orang anak dan 1 isteri :) namun saat menjelang sore Amin merasakan badannnya meriang, flu, dan pusing. Apa sebenarnya yang terjadi?

Sore itu Dia pulang saat hujang turun deras tanpa menggunakan jas hujan. Mulai meriang hingga mencapai suhu yang tinggi dirasakan oleh Amin. Saking tingginya sampai menggigil. Huh....demam kali ini benar-banar membuat Amin kapok tidak dapat bekerja seperti biasanya. Maklum karena pekerjaan banyak sering tidak menghiraukan demam sebelumnya karena tidak begitu parah.

Demam hilang datang sudah minum obat namun demam tidak dapat reda. 3 hari kemudian Amin berobat ke dokter dan di sana mendapatkan pengobatan obat turun panas dan nyeri. Pesan dokter untuk beristirahat jangan bekerja dulu sampai tenaga pulih sehingga demamnya sembuh.

Dari cuplikan cerita singkat di atas setidaknya ada beberapa hal yang menjadi pertanyaan kita:

Mengapa Amin demam menggigil?
Apa penyebabnya?
Bagaimana pengobatannya?
Kok istirahat dan minum obat saja sudah dapat sembuh?
bagaimana kalau tidak sembuh?
Obat apa lagi yang dibutuhkan?

Pembaca sekalian dalam hal ini penulis tidak mengulas semua pertanyaan yang dilontarkan di atas atau mengulas penyakit tertentu, namun fokus adalah bagaimana kita memahami tubuh kita secara sederhana mulai dari masuknya penyakit sampai menimbulkan gejala dan akhirnya sembuh.

Demam
Demam merupakan GEJALA suatu penyakit. Disebut GEJALA karena respon tubuh awal, dalam bentuk demam sebelum dia menunjukan penyakit tertentu yang jelas. Kita sering mendengar orang lain berkata: "Gejala demam berdarah ya?" sesuatu disebut gejala belum suatu kondisi pasti, hanya masih gejala kok. Tubuh yang mengalami demam menunjukan penurunan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit.

Demam disebabkan oleh adanya infeksi yang masuk dalam tubuh kita bersumber dari luar, seperti disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, dan parasit yang dalam jumlah tertentu menimbulkan demam. Kerentanan seseorang terhadap suatu penyakit dipengaruhi salah satunya oleh seberapa kuat kekebalan tubuh kita menahan serangan dari penyebab penyakit. Ada orang cuman 1000 kuman yang masuk udah sakit/demam, ada cuman 10,000 kuman baru sakit, dan sebagainya.

Agen yang masuk dalam tubuh dalam jumlah yang banyak (bakteri, jamur, virus, parasit dll) ini menjadi sesuatu agen asing bagi tubuh mereka menghasilkan pirogen (penyebab demam), sehingga tubuh meresponnya dengan cara tersendiri dan unik.
Timbul demam ini merupakan repon tubuh atau sebuah "alarm" bagi tubuh dalam mempertahankan keseimbangan tubuh terhadap suatu perubahan baik dari luar dan dalam tubuh. Demam bukanlah sebuah malapetaka kalau kita mengetahui strategi penanganannya.

Pada saat agen asing masuk dalam tubuh tubuh berespon dengan mengirimkan signal ke otak tepatnya ke termostat pengatur suhu tubuh di hipotalamus untuk meningkatkan suhu tubuh. Tinggi rendahnya suhu tergantung banyaknya agen asing yang masuk.
Hipotalamaus juga mengirimkan sinyal melalui syaraf simpatik ke pembuluh darah permukaan agar dalam kondisi mengecil agar penguapan tidak terlalu tinggi agar tidak terjadi syok. dalam kondisi ini kita terasa dinggin gemetar atau menggigil.

Pada saat bersamaan atas perintah syarat membuat denyut nadi cepat, jantung berdetak cepat, dan napas cepat.


Tidak mau ketinggalan juga sel darah putih yang merupakan sel balatentara tubuh menyerang agen asing tersebut dengan jumlah yang banyak. Pada kondisi ini sel darah putih meningkat bahkan meningkat tajam dari normalnya. Sel darah putih memakan semua agen asing itu dan meninggalkannya. Sebagai tentara mereka juga dapat mati kewalahan menghadapi musuh yang masuk dalam tubuh itu. Proses ini berlangsung beberapa hari sampai mingguan bila tidak segera ditangani.


Istirahat sangat dibutuhkan tubuh karena dengan istirahat/mengurangi aktivitas/tidak beraktivitas sama sekali mengurangi kerja organ-organ. Karena setiap kita beraktivitas tubuh menghasilkan panas. banyangkan bila demam tapi masih beraktivitas juga panasnya juga bisa semakin tinggi dan bahkan tidak dapat sembuh cepat.

Demam yang tinggi juga akhirnya menyebabkan vasodilatasi (pembesaran) pembuluh darah permukaan tubuh sehingga menyebabkan keringat dan panas dilepaskan sehingga suhu mulai normal kembali. Untuk membantu vasodilatasi ini juga dilakukan kompres hangat sangat dianjurkan dalam melepaskan panas secara mekanis.


Obat parasetamol berespon secara kimia menurunkan nyeri dan bekerja langsung pada pusat pengaturan suhu sehingga menurunkan nyeri. Namun pada kondisi kimia tertentu pada daerah radang keampuhan parasetamol berkurang.

Sepertinya cerita Amin di atas menunjukan respon tubuh yang normal tanpa adanya penyakit yang parah. Sehingga dengan penanganan seperti yang sudah diuraikan demam Amin segera reda dan sembuh. Mulai sekarang kita tidak terlalu takut dan panik bila kita dan seisi keluarga kita mengalami demam.

"Terima Kasih"


Post a Comment

Teman-teman Google+ Terkren!

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.