23 May 2016

Aplikasi Google Authenticator untuk Keamanan Akun Google dan Cara Mengaktifkannya.

Google Authenticator verifikasi
keamanan Akun Google dari hacker
Gambar dari Google
Anda yang sudah pengalaman dan serius berlanglang buana di dunia maya, serta sudah memahami betapa pentingnya keamanan identitas pribadi khususnya data identitas dari Akun Google sendiri, mungkin berpikir dengan cara apa bisa memulihkan Akun Google bila diretas?

Dalam proses pemulihan Akun Google tidak asing lagi dan wajib bagi Anda mengaktifkan metode verifikasi melalui ponsel Anda, seperti verifikasi 2 langkah sebagai metode keamanan utama yang mengharuskan memasukan kode verifikasi terlebih dahulu yang didapatkan melalui pesan teks/suara untuk masuk mengakses produk-produk Google, diantaranya Blogger, Google Plus, dll. Dalam Verifikasi 2 langkah juga memberikan pilihan untuk memasukan nomor ponsel cadangan dan juga meminta Anda mengunduh dan menyimpan kode cadangan dalam arsip pribadi.

Saat terjadi peretasan pada Akun Google pribadi, misalnya nama pengguna dan/atau kata sandi diubah oleh peretas, maka sejauh ponsel, layanan seluler dan koneksi internet, serta kode cadangan yang tersimpan dalam buku arsip Anda masih maka pastinya proses pemulihan dalam mendapatkan Akun Google berjalan dengan lancar.

Bilamana ponsel cerdas kesayangan masih ada, yang terjadi mungkin Anda:

1. Sudah mengaktifkan verifikasi 2 langkah namun Anda sudah mengganti nomor ponsel dan kartu sim lama sudah tidak berfungsi lagi sehingga tidak dapat menerima kode verifikasi lewat nomor ponsel tersebut? dan ini juga terjadi pada nomor ponsel cadangan Anda?

2. Lupa tempat menyimpan 10 kode cadangan sekali pakai sebagai kode verifikasi dalam proses pemulihan Akun?  

3. Sudah atau belum pernah menambahkan email pemulihan yang memerlukan koneksi internet dalam proses pemulihan Akun Google?

Anda butuh kode melalui Aplikasi, yaitu Aplikasi Google Authenticator. Sebagai sebuah aplikasi yang terpasang pada ponsel Google Authenticator sama seperti aplikasi game-game atau aplikasi lainnya yang di unduh dan dapat langsung digunakan meskipun ponsel dalam keadaaan tidak ada layanan seluler maupun internet.

Kalau mau jujur orang akan lebih bisa menjaga posel sendiri ketimbang kartu sim di dalamnya. Orang akan mudah menggonta-ganti kartu sim, memilih operator seluler dan lainnya ketimbang harus kehilangan (mengganti) ponsel cerdasnya. Maksud Saya mulai saat ini Anda dapat segera memasang Aplikasi Google Authenticator pada ponsel cerdas yang dimiliki untuk menjadi langkah kedua dalam mengamankan Akun Google dari tindak peretasan.

Untuk dapat memasang Aplikasi Google Authenticator wajib terlebih dahulu mempersiapkan keamanan dengan pesan teks/suara pada Akun Google Anda. Setelah itu:
1. masuk ke Google Play lewat ponsel kamu
2. cari Google Authenticator
3. Unduh dan pasang aplikasinya. Aplikasi Google Authenticator dapat diunduh melalui android, iPhone, iPhod Touch, iPad dan BlackBerry. Meskipun berbeda perangkat namun prinsip pemasangan dan penyiapannya tidak jauh berbeda.

Langkah menyiapkan aplikasi:
2. masuk dan keamanan
3. sandi dan metode masuk, klik verifikasi 2 langkah dan masuk kembali dengan Akun Google Anda

4. siapkan langkah kedua alternatif


5. penyiapan
6. pilih ponsel yang Anda miliki untuk mendapatkan kode Authenticator, klik selanjutnya.


7. muncul Kode QR untuk di pindai atau discan.


untuk melakukan pemindaian kode QR, silahkan :
1. buka Aplikasi Google Authenticator yang sudah dipasang;
2. begin setup/mulai pengaturan
3. ada 2 pilihan: scan a barcode atau enter provided key.

Saya sendiri sudah melakukan ini namun tidak dapat memindai kode QR. Silahkan klik "tidak dapat memindai kode?" pada bagian bawah kode QR gambar di atas, kemudian masukan kode/sandi pada Aplikasi dengan memilih "enter provided key"


klik selanjutnya dan kini Aplikasi Google Authenticator pada ponsel sudah berjalan dan aktif. Lihat tampilan contoh kode pada Aplikasi Google Authenticator pada ponsel Anda:


Proses penyiapan Google Authenticator pada Akun Google belumlah selesai sebelum Anda memasukan 6 digit salah satu kode Authenticator sebagai bukti verifikasi aktifasi Authenticator pada laman web Akun Google Anda.


Maka selesailah proses penyiapan Google Authenticator pada ponsel dan Akun Google Anda.

Kini Anda mendapatkan kode verifikasi lewat Aplikasi Google Authenticator sebagai langkah kedua dalam mengamankan Akun Google yang dibutuhkan dalam proses verifikasi pemulihan Akun Google bila diretas.

Selamat mencoba mulai dari sekarang.
Post a Comment