Cara mengurus visa business visitor Australia online sukses!

Gedung Opera Sydney (Sumber: unsplash.com)

Hai para sahabat pembaca yang baik,

Kali ini saya mau membagikan pengalaman seputar pengurusan visa Australia yang merupakan visa pertama saya untuk bepergian ke luar negeri dengan visa dan kebetulan kesempatan pertama ini akan bertandang ke negeri kanguru Australia. Sebelumnya pernah ke luar negeri dua kali dalam rangka mengikuti temu para expert Google di Singapura tapi kan bebas visa. Kemudian berkesempatan diundang ke kantor pusat Google di San Francisco Amerika dengan acara yang sama, tapi 2 kali urus visa gatot visa ditolak mungkin dicurigai akan menjadi imigran gelap, cukup kecewa dan serasa kapok urus visa yang beginian nantinya. Tapi ya sudah itu kisah tahun lalu yang sudah berlalu jangan lagi kau tangisi.. Kisah ini bukan bermaksud pamer karena bisa ke luar negeri tapi kesempatan untuk bisa ke sanalah yang menjadi kebanggaan tersendiri saya sebagai insan yang lemah ini hehe.

Bagi yang sering bepergian menggunakan visa yang juga duitnya banyak :) dengan berbagai kepentingannya ke luar negeri, mengurus visa ibarat makanan sehari-hari aja. Tapi bagi kamu yang belum tahu, pasti sangat merepotkan sekali seperti saya pertama kali mengurus visa Amerika sebelumnya dan sekarang visa Australia. Tapi mudah-mudahan penjelasan ini mempermudah teman-teman semua yang akan ke Australia khususnya dalam rangka menghadiri kegiatan yang dibiayai pihak yang mengundang.


Lanjut... 


Visa itu sendiri adalah "izin (persetujuan) memasuki negara lain atau tinggal sementara di negara lain yang berwujud cap dan paraf yang dibubuhkan oleh pejabat perwakilan negara yang bersangkutan pada paspor pemohon" (KBBI KEMDIKBUD).


Waktu pertama kali mengisi formulir visa online saya lakukan sampai 1 bulan karena selain mengisi dengan hati-hati juga sebenarnya banyak tersangkut beberapa berkas persyaratan yang mesti dilampirkan berkenaan dengan dokumen sebagai warga negara yang baik ha ha. Beruntung saja usaha keras pontang-panting ini membuahkan hasil dari mulai submit visa online pada hari jumat dan persetujuan visa diterima pada siang hari senin depannya. Saya asumsikan 2 hari kerja cepat disetujui visanya, karena pada hari sabtu dan minggu pegawai kedubes pada libur.


Nah apa saja yang perlu diketahui, dipersiapkan dan dilakukan dalam proses pengurusan visa saya tersebut? Berikut tahapan yang sudah saya lakukan.


Langsung saja buka situs resminya di https://immi.homeaffairs.gov.au/.


Pertama, kita harus tahu dan tentukan tujuan kepergian ke Australia karena ini menjadi dasar jenis visa yang akan diurus. Maksud dan tujuan saya ke Sydney Australia dalam rangka diundang dalam temu regional Google Product Expert se-Asia-Pasifik.  


Kedua, kita cari jenis visanya. Berdasarkan situs resmi pengurusan visa Australia, saya mesti apply jenis visa visitor yaitu Business Visitor Stream.  Prinsip visa ini:

1. Visa tinggal terbatas dengan alasan kunjungan bisnis
2. Tidak bekerja atau menjual barang atau jasa
3. Bisa ke Australia sekali atau beberapa kali sesuai ketentuan waktu tinggal terbatas yang diberikan.
4. ketika apply visa sampai disetujui, mesti berada di luar Australia.
5. Mesti genuine visitor atau pengunjung yang dapat menunjukan identitas asli sesuai dokumen pada negara asalnya.

Ketiga, siapkan dokumen penting seperti KTP, KK, Akte Lahir, Akte Kawin (bagi yang sudah menikah), rekening koran bank pribadi, surat keterangan kerja dari tempat bekerja, surat cuti bila ada, surat undangan dari penyelenggara acara yang mengundang dengan alasan bisnis, surat konfirmasi kepastian mengikuti acara, slip gaji, sertipikat aset (bila menggunakan uang sendiri bepergian). Semua dokumen tersebut di-scan berbentuk softcopy yang nantinya diunggah di aplikasi pengajuan visa online.


Keempat, masuk kembali ke Business Visitor Stream kemudian klik Apply. Nanti akan dibawa ke halaman akun untuk login ke situs. Bila belum memiliki akun maka harus membuat akun terlebih dahulu sesuai panduan yang tertera pada website caranya sangat mudah kok.

Selanjutnya login ke situs immi, maka tampilan awalnya seperti ini:


Beranda situs imigrasi Australia
Kamu akan di suguhkan 19 halaman yang setiap halamannya berisi pertanyaan yang mesti kamu jawab dengan jujur dan data yang benar. Setelah 19 halaman terisi dengan benar kamu bisa langsung kirim (klik tombol kirim), jangan khawatir meskipun sudah dikirim kamu masih dapat mengedit kembali isian pada halaman-halaman tersebut. Setelah mengirimkan data 19 halaman kamu di bawa ke halaman selanjutnya merupakan halaman penting yang menjadi pertimbangan besar diterimanya visa kamu yaitu halaman untuk mengunggah semua dokumen visa yang dibutuhkan. Berikut kebutuhan dokumen ketika saya mengurus business visitor sebelumnya:

  • Photograph (Passport): pas foto 3,5x4,5 cm. Bila kesulitan membuatnya pakai aja cropping online khusus untuk foto paspor Australia.
  • Travel document: scan halaman depan paspor kamu yang ada fotonya
  • National Identity: KTP, Akte Lahir, Akte nikah
  • Evidence of the financial status and finding for visit: rekening koran 3 bulan terakhir, surat yang menyatakan menanggung biaya dari EO.
  • Evidence of current employment: surat cuti, surat keterangan kerja/rekomendasi dari tempat bekerja.
  • Travel history: scan cap-cap imigrasi dari negara pada paspor yang pernah dikunjungi.
  • Bussines reason: surat undangan penyelenggara acara atau surat yang menjadi bukti kamu benar-benar menjadi kandidat yang akan diundang dan pasti menghadiri acara tersebut.
  • Family register: KK
Nanti ada keterangan dokumen "receive" bila berhasil diunggah dan memenuhi standar dokumen paspor/visa Australia.

Oya, kamu dapat mengunggah file dokumen lebih dari satu. Dokumen yang diterima akan tersimpan aman dan kamu dapat menambahkan dokumen di waktu lain sesuai yang dibutuhkan. Bila kamu rasa semua dokumen sudah cukup, kirimkan melalui tombol "kirim" pada aplikasi tersebut.

Langkah selanjutnya kamu akan dibawa pada halaman billing atau pembayaran visa. Ada 4 metode pembayaran Debit/credit card, Paypal, UnionPay, BPAY (Australian bank accounts only). Harga visa akan tertera pada dasbor pembayaran visa yaitu 140 Dollar Australia sekitar 1,2 jutaan tambah biaya transaksi total 1,3 jutaan lah menurut saya sih cukup terjangkau😀.

Setelah selesai membayar visa, kamu akan menerima salinan invoice pembayaran visa dengan status paid artinya pembayaran sukses dan visa akan diproses dalam 10 - 16 hari. Sambil harap-harap cemas dan berdoa menunggu konfirmasi apakah diterima atau ditolaknya. Akhirnya ting-tong 3 hari kemudian dapat email seperti dibawah ini:

Dear WILFIRMUS UWIL


We have granted you a visitor dan seterusnya.


Visa elektronik Australia

INTINYA visa saya diterima yeayyy dan akan berkunjung ke Australia akhir Agustus 2019 nanti.

Untuk lebih jelasnya kamu juga dapat masuk kembali pada akun immi untuk melihat status dan perkembangan visa termasuk keterangan pembayaran yang sudah dilakukan sebelumnya. 

So, sangat mudah bukan mengurus visa Australia karena aplikasinya sangat mudah dipahami dan lebih sistematis.


Selamat mencoba dan berkunjung ke Australia. Bila ada pertanyaan kamu bisa langsung posting di komen blog di bawah ini. Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Filosofi Tato Burung Enggang Dayak

Ansabi sawi kampung sayuran khas Dayak.

Kenali macam-macam dosis obat dan jangan lagi ragu minum obat