Cara melatih diri berpikir selalu positif

Membangun semangat tim Yayasan ASRI di Taman Nasional BBBR Kab. Melawi Kalbar
Siapa sih di dunia ini tidak pernah berpikiran negatif. Contoh sederhana ngeliat orang di jalan aja hati kita bisa merasa sombong loh gara-gara salah paham dan salah menilai..haha. Lupa mengunci rumah saat bepergian dapat membuat kita berpikiran negatif akhirnya cemas pencuri akan masuk, padahal hal ini belum tentu terjadi. Atau kamu yang bekerja mendapat teguran keras dari atasan membuat kamu kurang percaya diri atau sedih sehingga mudah marah sampai frustasi pikiran mulai kacau kan?

Nah, tanpa kita sadari pikiran-pikiran negatif itu membuat tubuh dan jiwa kita stres dan bila berlebihan dapat memicu gangguan jiwa, serta merusak kesehatan loh. Jangan khawatir "semuanya indah pada waktunya" mudah-mudahan metode ini mampu membuat kita berpikiran positif di saat ada atau tidak ada masalah. Bagaimana caranya?

Bersyukur.
Bersyukur kepada siapa ya? hehe..tentunya bersyukur kepada Tuhan atas kehidupan yang diberikan hari demi hari. Kita masih diberikan kesempatan untuk hidup tentunya kesempatan hidup itu dimaknai sebagai sesuatu kesempatan untuk kita berbuat dan merubah diri menjadi lebih baik lagi. Bersyukur pula berarti mampu menerima kekurangan, kesederhanaan dan kondisi yang ada. Dengan begitu rasa bersyukur membuat kita mampu menghadapi cobaan hidup setiap hari dan selalu optimis kelak indah pada waktunya.

Be creative!
Kamu tipe orang yang selalu kreatif mungkin memiliki kemampuan menaklukan pikiran negatif dan mampu selalu berpikir positif melalui kegiatan menarik yang positif yang selalu dikerjakan. Tapi mungkin juga kamu yang tidak biasa saat ini bisa mencoba mengeksplor mengeluarkan sisi kreatif kamu misalkan menggambar, menari, bernyanyi, merapikan rumah, rekreasi dengan keluarga, menonton tv favorit, mencoret-coret membuat sketsa di kertas setiap hari, beternak, membuat pusisi, main musik dan lain sebagainya. Bila kamu bisa lakukan itu dengan rutin ini akan menjadi kebiasaan yang baik dalam mengekpresikan diri membangun semangat dan citra diri menjadi lebih positif.


Selalu optimis.
Seorang yang optimis selalu mendahulukan membangun sisi pandang pemikiran positif. Seorang yang optimis mencoba mengidentifikasi diri pada sesuatu yang menjadi tujuan hidup terpentingnya bagi kebaikan semua orang. Orang yang optimis juga merasakan hari yang baru sebagai sebuah kesempatan untuk melakukan yang terbaik. Optimis pula tidak lekas menilai kegagalan menjadi akhir segalanya, melainkan terus memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik lagi. Untuk menjadi orang yang optimis merupakan keterampilan yang setiap waktu perlu dilatih agar membentuk pola dalam diri yang mampu menumbuhkan pikiran positif kita.

Melawan pikiran negatif.
Pikiran negatif bercampur baur dengan kekuatiran atau kecemasan banyak hal, misalkan karena permasalahan sehari-hari yang tidak kunjung selesai. Melawan pikiran negatif bisa dengan cara melakukan aktifitas produktif maupun berolahraga. Selain itu mengupayakan berpikir menurut realita yang terjadi. Misalkan seorang siswa ujian tidak lulus berpikiran akan sulit mendapatkan pekerjaan, tetapi sebenarnya itu belum tentu terjadi.

Berolah raga.
Berolah raga secara rutin menstimulasi otak untuk mengeluarkan endorfin ke peredaran darah yang mampu membuat tubuh menjadi rileks dan menumbuhkan citra diri positif dengan berpikir positif pula.

Rajin berdoa.
Menurut studi para ahli psikis bahwa berdoa dapat menurunkan stres, bahagia, panjang umur dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berdoa sesuai keyakinan melatih konsentrasi sebagai sarana berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Dengan demikian menjadi cara melatih pikiran menjadi lebih positif.

Kesimpulan
Untuk menjadi orang yang selalu berpikir postitif bukan hal yang mudah. Membutuhkan komitmen pribadi dan dukungan orang lain juga. Bila cara-cara yang dilakukan di atas sudah sering kita lakukan percayalah kamu sudah memiliki modal untuk berbuat kebaikan dengan pikiran positif tersebut.

Sumber inspirasi:
https://id.wikihow.com/Berpikir-Positif
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3776154/berdoa-bermanfaat-menyehatkan-jiwa-amp-raga-inilah-buktinya

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Filosofi Tato Burung Enggang Dayak

Ansabi sawi kampung sayuran khas Dayak.

Kenali macam-macam dosis obat dan jangan lagi ragu minum obat