Begini saran website yang Google harapkan.

Para sahabat dumay.

Saat ini ada milyaran halaman web bermanfaat membantu banyak orang mencari informasi yang mereka butuhkan setiap saat. Tanpa disadari kamu juga sudah menjadi bagian dari milyaran dalam web tersebut terutama kamu yang rutin melakukan pembaruan (update) berbagi informasi melalui website maupun sosial media.


Pertanyaannya adalah apakah website/blog yang sudah kamu buat dikunjungi dan benar-benar memberikan manfaat bagi banyak orang?


Google sejak sedia kala membangun mesin pencari untuk mencari dan mengumpulkan sebanyak mungkin halaman situs di web dunia (WWW). Website/situs kamu tentunya sudah ada di web dunia, tapi pernahkan kamu berpikir bagaimana cara Google mencari, mendapatkan dan menampilkannya pada hasil penelusurannya?


Google memiliki perayap yang dinamakan Googlebot yang secara otomatis mencari halaman pada web dunia. Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari bagaimana cara kerja Google penelusuran.


Untuk website tampil terkemuka pada hasil penelusuran Google, nampaknya perlu usaha bersama kamu dan Google. Kok bisa? Iya, memang mesin pencari terkemuka saat ini adalah Google dikit-dikit Google mau cari apa tinggal Google, sehingga pemilik situs web mesti tau saran situs yang diharapkan Google kalau mau situsnya dikenal dan terkenal di Google. Salah satu situs yang ramah Google, memiliki performa yang baik pada hasil penelusuran.


Loh, kok kerja sama dengan Google, bagaimana caranya?


Google memiliki pedoman bagi kamu pemilik bisnis, pemasar atau pakar SEO, admin situs, dan developer web. Intinya Google sudah menyediakan sumber daya untuk mengembangkan situs kamu menjadi situs ramah Google, tinggal sejauh mana kamu melakukan dan menggunakannya.


Memang apa yang dilakukan?


Pertama kamu bangun ide dan riset yang nantinya akan menjadi topik situs, nanti kamu akan tahu betapa pentingnya membangun situs dengan konten unik SEO. Pada tahap pertama ini akan menjadi gampang dengan menggunakan alat riset yang membantu menyediakan data. 


Alat riset kata kunci ini membantu kamu untuk mencari ide yang relevan dan menang berkompetisi di tengah persaingan topik yang akan menjadi situs pilihan kamu.


Setelah kamu membuat situs selanjutnya daftarkan ke mesin pencari Google melalui aplikasi gratis yaitu Search Console (SC). 


SC membantu kamu bagaimana Google melihat situs kamu dengan menyediakan data performa di sana serta memantau apakah situs kamu mengalami masalah keamanan, serta bagaimana saran situs yang memberikan manfaat kepada pengguna ada di sana.


Jika diinginkan pula, Search Console dapat mengirimkan pemberitahuan masalah kritis situs kamu kepada Google untuk ditindaklanjuti.


Bila ada permasalahan seputar webmaster Google atau Search Console kamu dapat juga mengajukan pertanyaan pada forum komunitas webmaster Google. Mendapatkan bantuan di forum webmaster membantu kamu dalam mengelola situs seperti yang Google harapkan.


Selamat mencoba.


Comments

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Filosofi Tato Burung Enggang Dayak

Ansabi sawi kampung sayuran khas Dayak.

Kenali macam-macam dosis obat dan jangan lagi ragu minum obat