Apa sih SEO dan mengapa perlu riset keyword?

Proses Optimasi situs dengan riset keyword. (Taken by ©Wilfirmus)

Teknik SEO untuk mendapatkan ranking #1 di Google penelusuran bukanlah magic! semuanya bisa dilakukan melalui analisa dan riset yang tepat namun tidak segampang yang dipikirkan. Kamu juga mesti selektif bila ada jasa SEO yang menawarkan situs nangkring di halaman #1 hasil penelusuran Google dalam waktu yang singkat coba pikir sejenak sambil merenung apa tidak mengecewakan gak sih, karena teknik SEO sebenarnya tidak instan belum lagi berhadapan dengan aturan algoritme Google yang setiap saat bisa saja berubah dalam menentukan hak situs tampil berdasarkan kata kunci tertentu. Google sendiri tidak dapat menjamin setiap situs tampil konsisten pada halaman #1 hasil pencarian.

Sebenarnya sekilas kita dapat mereview apakah sebuah situs sudah SEO atau belum dan melihat performanya pada hasil penelusuran Google.

Sebenarnya apa sih SEO itu?

Ketika kamu mengetik kata kunci untuk mencari sesuatu di Google, kamu akan disuguhkan kurang lebih 10 situs pada halaman #1 hasil pencarian yang berhubungan dengan apa yang kamu cari tersebut. Tentunya dengan bermodalkan informasi dari deskripsi singkat yang ditampilkan pada setiap URL situs kamu akan meng-klik situs sesuai dengan kesesuaian informasi yang ingin didapatkan. 

Jadi SEO (Search Engine Optimization) itu sederhananya adalah teknik dan pendekatan pengoptimalan situs berdasarkan kata kunci (ide) yang dipilih agar sesuai dengan minat pencari informasi lewat search engine yang berpotensi muncul terkemuka pada halaman #1 hasil pencarian Google. 

Mengapa SEO?

Pertama, SEO bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin situsnya dikenal dan memberikan manfaat bagi banyak orang.

SEO relatif terjangkau bagi siapa saja yang memiliki budget kampanye yang terbatas. 

Menurut saya pasar yang menjangkau luas pengguna internet tidak lain adalah melalui teknik SEO karena pangsa pasar internet mencakup semua pengguna suka nggak suka berselancar/browsing, jejaring sosial, dan pemilik website di internet.

Bisa kamu bayangkan bila seisi jagat maya ini atau setengahnya menjangkau situs kamu artinya situs kamu itu benar-benar tertarget dan sangat diminati banyak orang di dunia! Cara SEO sudah mewakili semua strateginya.


Lewat SEO juga sebagai salah satu indikator untuk menilai kesehatan sebuah situs dan keberlangsungannya.

Bagaimana memulainya sih?


Pertama pikirkan apa minat kamu kemudian hal apa yang bisa kamu lakukan lewat internet yang dapat membantu orang lain. 

Apakah itu membantu orang lain mencari jawaban tentang sesuatu, 


membantu orang lain menemukan produk yang cocok mereka gunakan, 


ingin menggugah orang lain untuk melakukan kebaikan bagi orang banyak,


menyebarkan prakarsa sosial tapi bukan menyebarkan hoax aja hehe, dan banyak yang lainnya. 


Bila itu akan dilakukan hanya sekedar menuangkan ide dan pemikiran saja, maka lebih cocok membuat situs berupa blog pribadi saja yang bercerita tentang prakarsa, pengalaman dan pengetahuan yang ingin kamu bagikan. 


Tetapi bila kamu ingin mengetahui apakah kata kunci yang kamu pilih sebagai topik di situs tertarget dan diminati banyak orang, serta ingin dijadikan ladang bisnis berkelanjutan? kamu WAJIB  melakukan RISET SEO sebelum memulai membuat situs tersebut.


Pada saat riset kata kunci bisa saja kamu mendapatkan puluhan, ratusan bahkan ribuan kata kunci turunan ide tersebut namun pada akhirnya setelah dilakukan riset satu per satu akan kelihatan mana yang berpotensi dijadikan niche yang akan dibuat dan dikembangkan menjadi topik situs. Perlu diingat bahwa belum tentu sesuatu yang kamu minati diminati atau dicari orang lain lewat internet. 


Apakah ada jenis SEO lain selain riset?


Ada 2 jenis SEO yang umum dikenal berbagai kalangan webmaster, yaitu SEO On Page dan SEO Off PageOn Page adalah cara pengoptimalan mesin telusur pada halaman situs sendiri diantaranya pengoptimalan konten/kata kunci, pembuatan meta tag deskriptif, breadcrumb, navigasi situs, mengelola link, pengoptimalan gambar, template responsif, AMP, dan lain-lainnya. Sedangkan Off Page adalah cara pengoptimalan situs untuk mesin telusur di luar situs seperti mendaftarkan situs ke Search Console Google dan RISET!

Meskipun SEO dilakukan supaya situs dikenal baik oleh si mesin pencari, namun bukan berarti tujuan utama SEO semata-mata demi pemeringkatan situs. Bila semata-mata itu yang dilakukan akan salah besar, karena dibalik SEO sebenarnya kita melayani kebutuhan user atau pengguna yang mencari informasi salah satunya lewat Google. Praktik terbaik SEO merupakan sebuah proses pengoptimalan supaya Google menemukan, memahami, merayapi, mengindeks, dan menampilkannya pada hasil penelusuran.


Jadi dengan SEO yang baik situs dikenal dan dimengerti oleh Google. Sebenarnya SEO juga bukan berarti kamu dituntut untuk membuat situs yang elegan, tetapi situs sederhana dengan Loading Page cepat, isi yang jujur, unik, relevan dan bermanfaat saja merupakan langkah SEO yang baik! So, terus berbuat dan mencoba.

Ketahui, Jangan rusak 4 aturan emas SEO

Jadi bagaimana cara para onliner bisa sukses? Atau kamu yang sudah banyak mencurahkan pikiran, keringat dan air mata dalam bisnis online namun tetap juga:


Tidak mendapatkan ranking di Google, 

Tidak mendapat kunjungan yang konsisten dan berkualitas,

Tidak ada bisnis online.


Mengapa?? 
Karena situs yang dibangun tersebut merusak 4 aturan emas SEO yaitu relevansi, trafik, kompetisi dan komersialitas. Keempat aturan ini dapat kamu temukan pada riset ketika akan memulai membuat atau menata ulang situs.

1. Relevansi.
Ibarat mendulang emas memisahkan sebagian besar pasir dan kotoran untuk mendapatkan emas, begitu pula ketika melakukan riset kata kunci SEO.  Pada akhirnya akan mendapatkan kata kunci yang relevan untuk topik situs. Ada banyak topik serupa yang dibahas di internet namun tahukah kamu dimana peluang kamu menjadi sukses di tengah perseteruan situs bersaing mendapatkan ranking pada hasil penelusuran Google?

2. Trafik
Situs memiliki pengunjung yang minat dan tertarget. Banyak pengunjung pada situs tidak menjamin tertarik terhadap apa yang kamu tulis atau jual karena target situs pada pengguna yang salah. 

3. Kompetisi
Ada banyak situs yang membahas topik yang sama dengan topik situsmu, pertanyaannya bagaimana bisa kamu menaklukan situs-situs tersebut? Sekali lagi memiliki pengunjung banyak (high traffic) belum tentu cukup untuk mengalahkan situs-situs lain yang membahas topik serupa dengan topik situs kamu! Dalam hal ini kamu harus melakukan riset kompetisi yang membantu menyediakan data agar kamu bisa mengambil keputusan kata kunci apa saja yang berkompetisi baik dan yang akan dijadikan konten situs selanjutnya.

4. Komersialitas
Apakah kata kunci yang dipilih ini benar-benar memiliki nilai jual atau bernilai bagi pengguna? Apakah kata kunci yang dipilih itu memiliki produk yang terkait dan banyak dipasarkan? Jadi dalam arti saat ini produk tidak mesti diartikan sebagai sesuatu barang saja, tetapi dapat berupa ide dan/atau jasa. 

Bagaimana cara kamu mendapatkan rahasia emas tersebut?

Untuk mendapatkan jawaban atas 4 aturan emas SEO tersebut kamu perlu ALAT RISET SEO. Alat tersebut sering saya gunakan dalam meneliti kata kunci (riset) dinamakan Market Samurai. MS sangat membantu menganalisa kata kunci dan menyediakan data statistik yang berguna bagi para pemula untuk mengambil keputusan topik situs yang akan dibuat atau dikembangkan. 

Untuk informas lebih lanjut alat Market Samurai tersebut silahkan tonton vidionya.



Selamat membaca dan mencoba semoga sukses selalu!😊

Comments

Popular posts from this blog

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Filosofi Tato Burung Enggang Dayak

Motif Tato Dayak Iban yang Terkenal

Ansabi sawi kampung sayuran khas Dayak.