Cara Smartphone Aman dan Nyaman minimal lakukan kewajiban ini

Cara keamanan dan kenyamanan smartphonemu.
Hai sahabat semua, ketika pertama kali memiliki smartphone tentunya cukup menggembirakan. Saat ini smartphone selain kebutuhan juga menjadi barang hiburan banyak orang dan kalangan mulai dari anak-anak belia sampai orang tua.

Banyak hal positif dan menarik dapat dilakukan mulai dari berinteraksi dan mencari informasi secara online melalui media sosial, situs berita, bisnis, permainan, dan lain sebagainya. Bermain smartphone ini cukup menghabiskan waktumu saking semangatnya bisa-bisa salah tekan dan aduh! mungkin bisa bingung mengembalikan setelan-setelan aplikasi di dalamnya 😀😀.


Menurut survei lembaga di AS orang Indonesia menghabiskan waktu 181 menit per harinya memelototi smartphonenya. Ini menunjukan bahwa semakin sering Kamu menggunakan smartphone maka semakin berisiko pula mengalami kerusakan, lambat akses memori, virus, maupun masalah sistem dan keamanan lainnya. Yang lebih parah lagi aktifitas kamu bisa diintip oleh spammer sampai mereka bisa menggunakan data penting dan bertindak seolah-olah Kamu sendiri.


Kemudian juga sebagai pengguna smartphone, tentunya Kamu tidak mau mengalami hambatan dalam mendapatkan informasi terbaru melalui ponsel cerdasmu. Mungkin banyak orang hanya terpaku pada bagaimana menggunakannya namun tidak begitu memperhatikan keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan smartphone. Berikut ini beberapa kewajiban yang mesti dilakukan agar smartphone kamu aman dan nyaman digunakan.


Seleksi dan nonaktifkan Aplikasi.

Banyaknya aplikasi yang diunggah dapat memperlambat kinerja smartphone Kamu terlebih aplikasi phishing dengan tampilan oke namun siap-siap menipu Kamu. Memiliki kapasitas memori smartphone yang kecil tanpa mengganggu kinerja ponsel pintar, pilihlah aplikasi yang menjadi kebutuhan harian Kamu misal chat menggunakan Whatsapp, Google Allo, dan lainnya. Begitu juga aplikasi permainan. Selain itu ketika pertama kali membeli smartphone mungkin ada aplikasi yang tidak pernah digunakan, kamu dapat menghapus atau menonaktifkannya melalui play store (untuk Android).

Memperbaharui Aplikasi.

Smartphone akan memberitahukan beberapa aplikasi yang memerlukan pembaharuan. Kamu dapat menyetel smartphone untuk mengunggah dan memperbaharui aplikasi secara otomatis dan berkala. Biasanya aplikasi yang sudah update memiliki kelebihan dari aplikasi sebelumnya. Pembaharuan ini bisa dalam hal tampilan, kecepatan akses, penambahan fitur, memperbaiki gangguan pada sistem, dan lain-lain sehingga kinerja aplikasi baru semakin mumpuni.

Mengosongkan Cache.

Cache istilah komputer, merupakan tempat penyimpanan sementara data hasil komputasi maupun aplikasi yang berguna untuk mempercepat akses atau perintah di masa mendatang. Misalkan ketika membuka sebuah aplikasi pada smartphone, maka semua aktifitas dan data aplikasi yang dijalankan sebelumnya tersimpan sementara dalam cache, kemudian akan mempercepat akses ketika aplikasi dibuka dan digunakan selanjutnya.

Namun cache ini memiliki ruang yang terbatas. Lebih mudah memahaminya saat kita mengosongkan cache maka akan menambah kapasitas RAM sehingga akses smartphone akan semakin cepat. Kamu dapat mengosongkan cache kembali melalui pengaturan ponsel cerdas masuk di manajer aplikasi, cek semua aplikasi dan hapus cache yang ada pada setiap aplikasi.


Backup Memori.

Backup memori dengan cara memindahkan data-data agar tidak menumpuk di dalam internal maupun eksternal memori smartphone. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam penyimpanan data (gambar, vidio, atau data lainnya):

1. Hardisk.

Pemindahan data secara manual yaitu memindahkan semua data dari smartphone ke komputer lalu melakukan backup data di hardisk. Penyimpanan data di hardisk sangat dianjurkan bila data-data pada ponsel benar-benar akan disimpan dan sewaktu-waktu dibutuhkan. Lakukan backup secara rutin setiap minggu atau sebulan sekali tergantung kebutuhan smartphone Kamu.

2. Google Drive

Kamu juga bisa menyimpan semua data di Google Drive. Aplikasi Google Drive biasanya sudah tersedia di Smartphone Kamu, namun kapasitasnya terbatas.  Secara gratis Google Drive memberikan paket ruang 15 GB dan 2 GB bonus ketika Kamu memeriksa keamanan pada Akun Google. Kamu harus menyewa ruang penyimpanan yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan data yang akan disimpan.

Update Sistem.

Selain update aplikasi yang ada di smartphone Kamu, juga update sistem wajib dilakukan pula. Buka pengaturan pada smartphone (Android), About Device, dan Software Update. Tujuan memperbaharui sistem ini adalah untuk mendapatkan versi terbaru sistem operasi android dengan biasanya kecepatan akses lebih cepat, tambahan fitur-fitur baru yang tidak ada pada versi sebelumnya, mungkin fix bugs intinya memperbaiki kekurangan-kekurangan pada versi sebelumnya.
Post a Comment

Teman-teman Google+ Terkren!

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.