5 kemampuan supranatural suku Dayak pedalaman yang bikin ngeri dan geli.

Acara persaudaraan Dayak Naik Dango (Sumber: borneotrip.net)
Suku Dayak yang mendiami pulau Kalimantan dan Sarawak terkenal dengan beragam sub suku kaya akan ciri khas adat dan budayanya. Dalam mempertahankan eksistensinya Dayak memiliki tali persaudaraan yang sangat kuat meskipun dibedakan oleh berbagai sub suku Dayak itu sendiri.

Orang Dayak terkenal dengan keramah-tamahannya dan senantiasa dapat menjadi teman yang baik dalam perjalanan dan perantauan. Orang Dayak sesungguhnya sangat toleran dengan siapa saja, sikap toleransi ini tercermin dalam Adat dan Budaya yang unik, setiap pelanggaran memiliki metode pemecahan masalah yang tercermin dalam hukum Adat turun-temurun. Namun jangan salah orang Dayak sangat tidak mentoleransi bila mereka ternyata harus dipaksa untuk marah 😑😑. Berbagai respon yang dapat terjadi mulai dari yang mungkin membuat kamu ngeri dan bisa juga geli. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜†.

Berikut ini 5 kemampuan supranatural suku Dayak pedalaman yang dapat dilakukan sesuai situasinya yang bikin kamu ngeri dan geli.

Tariu

Tarian Panglima Burung (Sumber: otonami.co.id)

Tariu (Dayak Kanayatn) adalah teriakan magis keras dan panjang juga teriakan perang (huuuuu.........huuuuuuuu) dalam membangun spirit/semangat. Sebelum melakukan tariu terlebih dilakukan ritual dengan memanggil roh/arwah nenek moyang yang sakti. Ritual ini hanya dilakukan oleh seorang panglima yang mampu membangkitkan roh, yang kehidupan sehari-harinya sederhana tidak terlihat seperti seorang panglima. Tariu ini hampir dimiliki hampir oleh semua sub suku namun dalam proses ritual dan penyebutannya berbeda. Kononnya dari cerita orang tua yang sudah berpengalaman, hanya mendengar tariu ini musuh sampai tidak berkutik, pucat dan sampai mati sebelum dibunuh. Diceritakan bahwa kamang (sebutan hantu) tariu yang terlebih dahulu memakan darah si musuh target.

Mampu membedakan bau badan musuh

Mencium bau badan orang yang belum mandi itu dapat dilakukan siapa saja, namun kemampuan mencium bau badan karena mampu membedakan dia musuh atau bukan. Tidak semua orang Dayak yang mampu memiliki kemampuan ketajaman penciuman seperti ini. Musuh tidak akan lolos dari penciumannya meskipun masuk dalam septik tank dengan bau yang menyengat. Dalam setiap peperangan tidak diketahui persis dari mana orang ini datang, biasanya akan selalu ada dimana pun bila dalam keadaan gawat peperangan.

Kerasukan dan sampai memakan korban

Hudoq (sumber: kaskus.co.id)
Seseorang yang sudah dirasuki roh dalam kondisi perang atau kerusuhan besar kerap terjadi sampai memakan jasad korban. Hal ini dilakukan karena perselisihan tersebut sampai menghina dan menimbulkan kemarahan yang besar sehingga yang dirasuki tidak segan-segan melakukannya.


Sihir mengadakan makanan

Kisah ini terjadi di sebuah kampung pedalaman Kalimantan. Adalah seorang kakek tinggal di rumah yang sederhana, kumuh, dan hidup dalam rumah itu sebuah sarang tawon yang setiap saat dapat menyengat kamu. Tapi anehnya kakek tersebut tidak pernah disengat. Suatu ketika ada 2 orang tamu yang berkunjung di rumah itu. Seraya menunggu si kakek karena kakek bilang dia akan memasak dulu di belakang. Dengan rasa penasaran kedua orang tamu tadi mengintip apa yang dilakukan si kakek. Ternyata kakek sedang memancing dan mendapat ikan besar-besar di dalam sebuah tempayan yang kecil di dalam rumahnya. 

Kamu mungkin berpikir ah..kan kakek memelihara ikan di dalam tempayan sudah lama dan dia hendak mengambilnya? Setelah menunggu sekian lama, maka kakek tadi datang dengan membawa hidangan lezat hasil pancingannya tadi.

Sambil makan iseng salah satu tamu mengambil sepotong ikan dan menyimpannya di dalam kocek celananya. Setelah selesai bercakap-cakap akhirnya kedua tamu akhirnya memohon diri untuk pamit. Sementara di dalam perjalanan pulang salah satu tamu tadi penasaran apakah benar yang dimakan tadi ikan, rasanya memang rasa ikan dan enak. Sambil mengambil daging yang ada di dalam saku celana tadi, dia kaget ternyata daging tadinya sudah berubah menjadi potongan sayur jantung pisang. Setelah kejadian itu mereka takut dan tidak mau lagi mengunjungi rumah tersebut.

Sihir Kemaluan bisa lepas menempel ke dinding


Jangan salah di perkampungan suku Dayak pedalaman kalimantan ada yang bisa membuat kemaluan kamu lepas dan menempel di dinding. Oleh karena itu jangan sekali-kali mengecewakan orang Dayak pedalaman dalam bercinta, oleh karena sakit hati ada beberapa yang pandai membuat sihir dengan melepaskan kemaluan orang lain dan menempel di dindingπŸ˜€πŸ˜€.

Demikian 5 kisah kemampuan supranatural Suku Dayak Pedalaman Kalimantan yang diangkat dari pengalaman nyata dan cerita tutur kata orang tua yang berpengalaman. Cerita ini tidak hendak menakut-nakuti tetapi yang paling penting Dayak cinta damai dan tidak ingin tanah leluhurnya dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.