Cara mudah dan cepat membuat pekasam.

Pekasam Babi hidangan goreng pedas sedap😂
Pakasapm (bahasa Dayak Kanayatn), Pekasam atau Bekasam pasti tidak asing lagi ditelinga kita. Apakah kamu sudah pernah mencicipinya? Banyak penggemarnya yang pasti rasanya khas, enak, dan terasa ingin nambah makan terus...😀😀😀

Yang tidak suka bilang ini "kok rasanya seperti daging busuk!" 😀😀😀 Ah..terlalu..

Eit! sebentar dulu ya, itu bukan "busuk" tapi sudah mengalami proses pengolahan makanan sehingga memiliki perubahan khas pada bentuk/tekstur dan rasa, ceritanya melalui jasa fermentasi oleh bakteri asam laktat loh. Tidak beracun! Ada teori dan cara pembuatannya sangat gampang, serta cepat.

Mengapa sih membuat pekasam.
Bila kita jauh mundur ke belakang metode dan tekhnik pengawetan makanan melalui proses fermentasi merupakan bagian dari perkembangan dalam bidang bioteknologi sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Mengapa ada bir, roti, keju, dan lain sebagainya salah satu produknya menjadi dasar ilmu ini sudah cukup tua, namun sudah mengalami perkembangan sampai saat ini. 

Terus bagaimana dengan perkembangan pekasam?😀  Tidak ada bukti tertulis yang sejelas-jelasnya kapan orang mulai membuat pekasam ini. Setiap daerah di Indonesia mempunyai kearifan masing-masing yang serupa dalam pengolahan dan penyimpanan makanan. Yang jelas cara mengawetkan makanan dengan pekasam ini bertujuan untuk penyimpanan jangka panjang sebuah metode yang boleh dikatakan tradisional namun juga masih ada moderen ini dilakukan turun-temurun oleh suku Dayak dari jaman nenek moyang dahulu kala.

Apa yang terjadi pada pekasam?
Adalah BAL (Bakteri Asam Laktat) mikroba yang sering ditemukan pada proses fermentasi pekasam (Sumber:http://jurnal.unpad.ac.id/akuatika/article/view/1611/1603).  Oleh BAL ini terjadi juga proses yang menghasilkan daya awet pada makanan yaitu asam laktat yang mampu menghambat bakteri pembusuk dan penyebab penyakit. Jadi pekasam tidak "busuk" seperti yang kamu duga 😄
Oleh karena pekasam ini merupakan bagian dari pengawetan makanan secara organik maka menurut saya tidak menurunkan kandungan gizinya. 

Pekasam jenis kuliner yang cukup menantang!
Bagaimana tidak, kamu yang belum terbiasa mencium aromanya akan mengira itu bau yang aneh, namun mungkin sekaligus tertantang untuk mencicipinya oleh karena makanan ini sudah menjadi konsumsi publik yang sangat aman. Sekali mencicipi eh langsung ketagihan, karena pekasam sangat enak apalagi disajikan pedas atau digoreng.👍👍

Daging apa saja yang dipekasam?
Sebenarnya daging apa saja bisa dijadikan pekasam tidak salah bila Kamu mencoba. Namun juga tergantung kebiasaan masyarakat setempat dalam memilih jenis daging untuk dipekasam. Bagi masyarakat Dayak di Kalimantan daging babi hutan dan semua jenis ikan sungai menjadi santapan menambah selera makan yang menggiurkan bila dipekasam.👍👍👍👍

Sudah panjang lebar ceritanya, mungkin sudah tidak sabar untuk menyimak dan membaca bagaimana membuat pekasam mudah dan cepat?😄😄  Cara ini tergantung kebiasaan dan selera setiap pembuatnya. Baiklah kita langsung saja caranya.

Bahan-bahan:
*Daging babi hutan/babi peliharaan atau ikan sungai mentah yang sudah dibersihkan sekitar 2 kg
*Garam 1 sendok makan.
*Nasi dingin kira-kira 1 genggam.

Cara pembuatan cepat dan mudah:
Ambil daging pilihan Kamu daging babi atau jenis ikan sungai 2 kilo masukan dalam toples kaca (disarankan), masukan garam sekitar 1 sendok, kemudian masukan nasi yang sudah benar-benar dingin. Gaulkan/aduk sampai merata kemudian tutup rapat. Setelah 1 sampai 2 minggu sudah bisa dan siap  dimasak.

Catatan: selama proses pembuatan dilakukan dengan benar-benar bersih. Tangan bersih, toples kering, bersih dan tidak lembab. Saran: Pemberian garam dan nasi dingin tidak boleh berlebihan karena daging terasa sedikit pahit bercampur terlalu asam. Namun begitu tergantung selera ada yang lebih suka agak asin dan tambah masam😜.

Hidangan pekasam.
Pekasam dapat dimasak dengan aneka jenis tambahan misalnya dimasak dengan campuran sayur dedaunan misal daun ubi, dll. Enak dimasak kuah juga, atau digoreng/tumis pedas..sedap! Pekasam merupakan hidangan istimewa bagi orang Dayak.

Demikian cara membuat pekasam sangat mudah dan Kamu dapat mencoba sendiri di rumah. Selamat Mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Filosofi Tato Burung Enggang Dayak

Ansabi sawi kampung sayuran khas Dayak.

Kenali macam-macam dosis obat dan jangan lagi ragu minum obat