Ansabi sawi kampung sayuran khas Dayak.

Sayur Ansabi siap dimasak
Ansabi, ansabe, sensabi, ensabi adalah jenis sayuran yang biasa ditanam bersamaan dengan saat penanaman padi ladang/gunung di daerah masyarakat suku Dayak di Kalimantan. Ansabi ini masuk dalam golongan sawi dengan jenis daun unik dan khas terasa pahit, namun banyak digemari oleh penikmatnya dan terasa sangat berkesan bagi siapa saja yang baru pertama kali merasakannya. 

Media penanaman ansabi.
Ansabi dapat ditanam dimana saja selain di ladang. Sangat cocok juga ditanam sekitar pekarangan rumah baik menggunakan media bedeng maupun pot. Seperti halnya menanam dan merawat tanaman sawi pada umumnya begitu pula ansabi ini ditanam. Ansabi tanaman yang sangat membutuhkan air dalam proses pertumbuhannya. Bila ditanam pada kondisi tanah yang kering (kurang penyiraman) tanaman ansabi tidak akan tumbuh subur gemuk. Kesuburan tanah sangat penting diperhatikan agar mendapat kualitas batang dan daun yang besar dan gemuk. 

Panen.

Ansabi paling cepat masa tumbuhnya sejak ditanam sampai satu bulan sudah dapat dipanen. Masa panen sekitar 1 sampai 2 bulanan, setelah itu tanaman ansabi semakin tua dan keras merupakan masa saatnya diambil bijinya untuk menjadi bibit yang akan dikembangkan selanjutnya.

Penyajian.Daun ansabi diolah dengan berbagai macam cara. Untuk penyimpanan jangka waktu yang lama sampai bulanan (sampai 5 bulan) dengan dibuat asaman (pekasam ansabi) atau asinan. Memasak sayur ansabi tidak sulit sama seperti memasak kebanyakan sayur lainnya. Ansabi yang baru dipanen dengan daun segar bisa dilalap atau dimasak tumis dan masak kuah dengan aneka campuran paling sederhana ditumis dengan ikan teri maupun dimasak dihidangkan sebagai kuliner enak dengan berbagai jenis daging seperti daging babi, ayam, dan lainnya.



Tumisan pekasam ansabi campur daging babi pedas
Pekasam ansabi tidak kalah enak dengan asaman lainnya. Pekasam ini memang rasanya asam enak dicampur dengan aneka daging seperti daging babi, ayam dan lainnya tergantung selera kamu. 

Membuat pekasam ansabi.

Berikut ini cara membuat pekasam ansabi yang jangan sampai kamu lewatkan. Ansabi difermentasi dengan bakteri asam alami yang bersumber dari air nasi. Proses pembuatannya tidak sulit, namun kebersihannya menjadi perhatian utama terutama toples tempat penyimpanan ansabi dalam keadaan benar-benar kering.

Bahan-bahan pembuatan pekasam ansabi:

1. Sayur ansabi daun beserta batang mudanya.
2. Air Nasi yang sudah dingin.
2. Toples kaca bertutup (dianjurkan).

Cara pembuatan:

1. Cuci sayur ansabi sampai bersih
2. Jemur Daun sampai sedikit layu tidak sampai terlalu kering
3. Diremas-remas kemudian dimasukan ke dalam toples
4. Masukan air nasi sampai memenuhi sayuran di dalam toples dan ditutup rapat
5. Tunggu minimal 1 minggu sudah bisa dihidangkan.


Pekasam Ansabi siap konsumsi
Jenis Sayuran Ansabi ini merupakan kuliner yang sudah mendunia, namun masih sedikit yang mengembangkannya menjadi kuliner utama makanan khas di Kalimantan. Kebanyakan dikelola untuk dikonsumsi pribadi rumah tangga. Ke depannya dapat dikembangkan menjadi kuliner kreatif di Kalimantan sebagai sayuran utama pada rumah makan disamping sayuran lainnya. Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.