08 October 2016

Langkah Situs Beradaptasi dengan Algoritme Mobile Friendly Google

Kita semua merasakan bahwa pergeseran gaya hidup masa kini dari desktop ke mobile seluler bertahap namun cepat terjadi sejak lama. Perangkat mobile seluler praktis, mudah dibawa dan digunakan kemana saja dalam mengakses informasi lewat internet. Perubahan yang begitu cepat ini sudah diantisipasi sejak awal dan menjadi perhatian penting Google. Pergeseran gaya hidup ke ponsel cerdas ini menjadi langkah strategis pengembang situs web dengan tampilan yang sederhana, menarik, mudah dan cepat tayang ketika situs tersebut diakses melalui perangkat mobile seluler. Bagaimanakah hal ini bisa dilakukan?

Anda dan Saya yakin bahwa saat ini orang dapat melakukan apa saja di mana pun dia berada melalui ponsel cerdasnya seperti internet, komunikasi, dan aktifitas lainnya. Anda yang sudah berpengalaman dan serius mengembangkan bisnis online pastinya tidak mau ketinggalan dengan perkembangan ini pastinya sudah mulai mengantisipasi dan mempersiapkan situs yang mudah diakses bagi pengguna seluler agar Google memperhitungkan situs dengan peringkat yang baik di mesin pencari.

Algoritme Mobile Friendly salah satu dari lebih 200 Algoritme Google bertujuan memberikan kepuasan pengguna dalam mengakses konten di web jagat maya pada perangkat mobile seluler. Pertama kali dirilis April 2015 dan dirilis kedua kalinya pada Mei 2016 dengan mempertegas kembali pentingnya situs yang dirancang cepat akses dan cepat tayang melalui perangkat mobile seluler. Dengan menitikberatkan kecepatan loading tayang laman per laman situs menjadi kuncinya.
Tampilan blog/situs mobile
(Sumber gambar: Google)

Sebenarnya apa sih situs mobile friendly itu? 
Situs mobile friendly adalah situs yang dirancang khusus ditampilkan/mendukung perangkat dan pengguna terutama ponsel cerdas atau mobile seluler. Situs dirancang dengan tampilan versi yang lebih sederhana namun tetap setara dengan tampilan yang ada bila kita akses lewat desktop atau komputer dengan layar yang lebih lebar. Situs yang ramah seluler mengutamakan kepuasan pengguna mobile seluler terutama tampilan kontennya yang jelas, mudah dinavigasi/digunakan dan loading tayang yang cepat.

Sudahkah laman situs Anda mobile friendly?  


Memastikan apakah situs Anda mobile friendly menjadi dasar awal untuk mengembangkan situs. Gunakan  Alat uji situs mobile friendly Google melihat apakah situs Anda ditampilkan dengan jelas dan benar sesuai ukuran layar pada mobile seluler. Situs yang dirancang ramah mobile seluler selain mudah digunakan juga mampu meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengakses situs Anda melalui mobile seluler.

Bagaimana langkah membuat situs ramah mobile seluler?
Secara umum konsep membuat atau menyajikan situs ramah seluler dapat dilakukan dengan beberapa cara:

^  Merancang halaman situs khusus mobile terpisah dari situs desktop namun keduanya tetap setara.

Situs desain khusus mobile seluler (Sumber gambar: Google)
Untuk merancang situs khusus mobile dibutuhkan cara yang khusus pula. Adalah GitHub sebuah perusahaan yang membantu orang dan dunia dalam mengembangkan software juga mengembangkan proyek yang membantu pengembang dalam merancang situs ramah ponsel cerdas atau mobile seluler. Proyek khusus ini dinamakan Proyek AMP (Accelerated Mobile Pages) yang merancang AMP HTML sebagai sumber terbuka yang menjadi dasar dalam mendesain situs ramah mobile seluler bagi Anda.

Situs khusus mobile seluler dengan menerapkan AMP yang benar memiliki kinerja baik pada hasil penelusuran dan mampu meningkatkan pengalaman pengguna karena akses mudah dan cepat.

Misalkan:
Situs versi desktop di www.contohsitusseluler1.com, kemudian dirancang situs
versi mobilenya  m.contohsitusseluler1.com.

Artinya ketika Anda membuka komputer atau laptop maka situs yang akan muncul dengan alamat www.contohsitusseluler1.com, sementara pengguna ponsel cerdas diarahkan pada alamat situs m.contohsitusseluler1.com sederhana mudah dinavigasi dan memiliki loading tayang lebih cepat.

Terlepas dari bagaimana cara membuat situs mobile seluler, untuk SEO pada seluler baik memperhatikan beberapa hal seperti berikut:
1. Memberikan sinyal kepada Google bahwa Anda sudah memiliki situs mobile dengan pengalihan yang benar sehingga pengguna mendapatkan konten yang akurat ketika dimunculkan pada seluler.
2. Tidak memblokir mesin telusur dalam melihat laman. Ijinkan Googlebot dapat mengakses semua sumber daya penting dalam situs Kamu.
3. Hindari kesalahan umum seperti video tidak dapat diputar yang tidak membuat nyaman pengguna. Situs seperti ini dapat diturunkan peringkatnya dan diberikan peringatan dari Google. 

^ Merancang/menggunakan desain web responsif dalam satu halaman situs yang mendukung tampilan desktop dan seluler.

Desain responsif mendukung desktop dan mobile. (Sumber gambar: Google)
Bagi Anda webmaster yang sudah mahir dan ahli dalam mendesain web responsif tentunya dengan mudah mendesain web dengan menerapkan dan membangun kode-kode HTML sendiri. Namun bagi Anda yang memiliki keterampilan dan pengalaman editing, dapat mencari sendiri template/theme/tampilan situs responsif dan melakukan penyesuaian situs sesuai kesukaan.

Banyak situs penyedia template responsif baik gratis maupun berbayar daring (online) dengan mudah didapatkan. Kamu dapat mencari dan memilih sendiri template yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Memilih theme atau template responsif juga disarankan Google karena sangat mudah dalam proses setelan pada situsnya, efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya.

Untuk situs terpisah yang memiliki laman AMP tergolong masih baru dan belum dimiliki kebanyakan webmaster di Indonesia, mungkin proses pembuatannya memerlukan biaya yang tidak sedikit oleh sebab itu langkah menggunakan desain/theme/template/tampilan responsif menjadi pilihan yang tepat.

Mengapa memilih desain responsif?
Desain responsif mampu menyesuaikan tampilan ketika sebuah situs ditampilkan pada mobile seluler, tanpa menyentuh memperbesar dan menggeser layar. Pada dasarnya desain responsif dan laman yang didesain AMP khusus seluler, memiliki kemampuan yang sama untuk tampil menyesuaikan diri pada layar mobile seluler. Setidaknya alasan di bawah ini menjadi pertimbangan mengapa Anda memilih desain web responsif sebagai langkah awal yang tepat era Algoritme Mobile Friendly Google.

Desain responsif: mengiring Googlebot mengindeks properti/situs pada laman dengan akurat sebagai fokus Algoritme.

Desain responsif:  waktu penyesuaian lebih singkat untuk mengelola beberapa laman yang memiliki konten yang sama.

Desain responsif: dapat mengurangi eror yang berpengaruh pada situs mobile seluler. Seperti konten yang tidak dapat diputar.

Desain responsif:  mengurangi waktu pemuatan laman situs, karena situs tidak dialihkan untuk menampilkan tampilan yang dimaksimalkan.

Desain responsif: menghemat sumber daya saat Googlebot merayapi situs. Bot cukup sekali merayapi laman ketimbang mengambil semua versi konten seperti konten yang dibuat versi seluler.

Oleh sebab itu bila Anda sudah menggunakan desain web responsif, tahap berikutnya apakah situs kamu harus memiliki kecepatan muat laman (loading) cepat untuk mengetahuinya cek di PageSpeed insight Google. Pada uji test kecepatan muat laman Anda dapat mengetahui bagaimana laman bisa lebih cepat.

Tentunya Anda tidak mau situs memiliki peringkat bergeser begitu signifikan sehingga sulit ditemukan. Dengan mempertimbangkan beberapa hal di atas, menjadi langkah yang baik dalam memulai maupun mengembangkan situs yang ramah mobile seluler sehingga situs Kamu memiliki peringkat yang baik ditambah lagi dengan mengusahakan membuat konten yang berkualitas bagi pengguna.

Post a Comment