Google Allo: percakapan dibantu Assistant cerdas bak manusia.



Google Allo instan chat cerdas dengan assistant seperti manusia 
Google Allo tentunya tidak asing lagi bagi para daringer (onliner) yang selalu mengikuti perkembangan IT GoogleMungkin juga Anda bertanya-tanya apa keunikan Google Allo dari sekian banyak media chat pesan instan yang biasa dikenal seperti BBM, WhatsApp, FB Messenger, Google Hangout, dan lain sebagainya?

Apa itu Google Allo?
Google Allo adalah sebuah aplikasi media percakapan/chat pesan singkat terintegrasi dengan Google Search sebagai asistennya yang menjawab dan memberikan saran kepada pengguna tentang situasi dan kebutuhannya ketika itu.


Misalkan ketika Anda mengirimkan pesan singkat dan ingin memperkenalkan Google Allo kepada teman (silahkan mengunduh dahulu di Google Play) lakukan percakapan dengan hanya mengetik:

"@google What is the Google Allo?", pada Anda langsung disuguhkan dengan jawaban seperti halnya saat melakukan pencarian pada mesin pencari Google (lihat gambar di atas).

Asisten '@google' membantu Anda mencari informasi apa pun tanpa harus meninggalkan editor percakapan. Selain itu Anda juga dapat mengakses Google Assistant dan memulai percakapan langsung bak percakapan dengan manusia.

Sejarah Singkat.
Google Allo boleh dikatakan sebuah teknologi aplikasi yang sudah menjadi impian dan rencana Google bukan muncul seketika. Google Allo tentunya dengan mesin yang dirancang bekerja dan berfikir mendekati manusia dalam memberikan informasi kepada user. 

Ceritanya Google memiliki kegiatan rutin tahunan bernama Google I/O disebut Google "input" dan "output" atau Innovation in the Open. Google I/O sebuah pertemuan khusus pengembangan perangkat lunak mengundang peserta di seluruh dunia yang diadakan di San Francisco Amerika Serikat. Pada pertemuan Google I/O Mei 2016 lalu Allo diperkenalkan kepada peserta dan diluncurkan 4 bulan kemudian yaitu 21 September 2016.

Berapa pengguna Google Allo saat ini?
Ketika baru diluncurkan 2 hari setelahnya Saya mulai registrasi karena belum ada perintah unduh di Google Play.  Saat ini Google Allo mencapai 10 Juta unduhan dari pemirsa di Google Play dan akan terus meningkat hari demi harinya seiring dengan pengembangan aplikasi ini selanjutnya.

Allo masih belajar, cerdas, dan juga lucu namun menyenangkan :)
Anda dapat mencari dan berbagi informasi apa saja dari Google Allo bersama teman chating. Sayangnya saat ini Google Assistant pada Google Allo masih dalam proses 'training' Bahasa Indonesia :) lihat contoh cuplikan percakapan di bawah ini:


Sekian banyak orang sudah memiliki eksistensi web tersendiri entah berasal dari sosmed, situs/blog pribadi, dan sebagainya yang semuanya itu tentunya dapat terlacak dan ditemukan oleh mesin pencari Google.  Sebagai contoh silahkan ketik nama Anda masing-masing dan Google dengan gampang menemukannya.

  
Anehnya Google Assistant pada Google Allo tidak mengetahui sama sekali dengan menunjukan hasil yang tidak tepat :( kemudian ada beberapa pilihan salah satunya jempol atas dan bawah, Saya tetap tidak puas dengan jawabannya saya klik jempol bawah. Kemudian si Assistant bilang:

"Can you share a bit more info about what you didn't like? I'll pass it on so that we can do better next time" 


Kalau dibilang "Wilfirmus has Google Plus" untungnya Assistant-nya sudah tahu sudah cukup aman rasanya :)


Selanjutnya Anda dapat melakukan percakapan dan menanyakan langsung pada Assistant tentang apa saja. Bila pesan diketik dengan ejaan dan kalimat yang baku maka Google Assistant segera memunculkan hasil penelusurannya.

Google Allo aman dan terenkripsi dengan incognito?
Google Allo media pengiriman pesan singkat yang aman memiliki assistant yang menawarkan bantuan hanya sekali tekan dan terkoneksi dengan Google Search.


Anda dapat menggunakan mode penyamaran atau diskusi private dengan menggunakan mode Incognito. Jangan kuatir Google dan apalagi penyamar lain tidak dapat membaca percakapannya seperti percakapan yang Anda lakukan tanpa menggunakan incognito. Mode incognito terenkripsi sehingga tidak akan ada yang bisa mengintipnya dan Anda dapat memilih berapa lama pesan dihapus dalam 5 detik, 1 menit sampai maksimum dalam satu minggu.

Selain itu juga Anda dapat memperbesar dan memperkecil ukuran teks dengan menekan lama dan menggeser tombol kirim ke atas atau ke bawah. Font teks kecil ibarat membisikan sesuatu pada penerima pesan. Sementara font teks besar ibarat berteriak.

Kini Google Allo sudah menjadi sosial chat Kamu yang sangat familiar dan cerdas, serta terus mengalami proses pengembangan performa hingga saat ini.

Penasaran, silahkan unduh aplikasi Androidnya di Google Play agar pengalaman penggunaan Google Allo semakin berkesan.

Post a Comment

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.