Endorfin membuat tubuh rileks (Sumber: www.behance.net)

Sangat sulit dipercaya bahwa tubuh mempunyai obat penawar tersendiri selain obat yang kita konsumsi yang membuat kita mampu merasakan sensasi lebih lega, tenang, enak saat, sedang dan setelah melakukan aktivitas yang menyenangkan, menantang maupun makan makanan tertentu. Apakah, di mana dan bagaimana penawar itu?

ENDORFIN adalah suatu kombinasi dari dua kata: endogeneus dan morfin yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari (pituitary gland) di bawah otak kita.

Kelenjar Pituitari (Sumber: papindayasmin.blogspot.co.id)
Secara umum endorfin menghambat nyeri dari trauma yang dirasakan oleh tubuh kita. Efek endorfin seperti efek narkotik dalam berespon dan mengurangi nyeri. Tentunya nyeri yang dimaksud ini tidak hanya sebatas rasa sakit oleh karena terluka karena trauma, tetapi semua sensasi ketidaknyamanan yang mengganggu kenyamanan fisik maupun psikis atau pikiran disebut dan dipersepsikan sebagai nyeri.

Misalkan Kamu merasa sedih, terluka hati dan teriris pisau pada tangan, murung, dan ketidaknyamanan lainnya yang disebabkan oleh stress (baik fisik maupun psikis) dipersepsikan sebagai nyeri (pain). 

Endorfin adalah sebuah zat yang tersimpan di dalam otak kita mempunyai efek yang paling baik bagi tubuh dalam mengendalikan nyeri/stress kita. Pelepasan endorfin setiap orang berbeda satu dengan yang lainnya. Misalkan ada dua orang ingin melepaskan stress yang berat dengan level berolah raga yang sama, maka pelepasan endorfin yang dilepaskan tidak sama dalam menurunkan stress atau nyeri yang dirasakan kedua orang tersebut.

Dalam dunia pekerjaan dan aktivitas sehari-hari sesungguhnya banyak hal yang dapat dilakukan untuk merangsang dan melepaskan endorfin dari dalam tubuh kita. Mulai dari kegiatan yang positif ternyata merangsang endorfin yang mampu memberikan sensasi surga dunia bagi kita sejenak. Tentunya hal ini akan semakin baik dan justru lebih meningkatkan kualitas hidup Kita bila dilakukan secara rutin.

Endorfin ini setidaknya juga berperan dalam kelancaran dan kesuksesan pekerjaan kita. Seseorang yang selalu tampil periang, menarik, dan menyenangkan menjadi lebih semangat dan menyenangi pekerjaannya, mampu menyesuaikan diri terhadap situasi dan akhirnya mencintai pekerjaan di mana pun berada.

Berikut ini beberapa aktifitas sehari-hari yang dapat merangsang pelepasan endorfin tubuh yang membuat kita lebih awet muda :).


Bisik gosip bikin lucu dan tertawa (Sumber: https://infosapa.blogspot.co.id)

Melepaskan endorfin dengan berinteraksi sosial

^ Temukan alasan dan cara untuk tertawa.
Tertawa sangat bermanfaat baik fisik maupun psikis dan langsung merangsang endorfin secara cepat sehingga membuat rasa nyaman dan rileks. Tertawa secara langsung menggambarkan suasana hati yang menyenangkan seseorang. Lakukan cara-cara agar Kamu tertawa seperti bercerita atau membicarakan hal yang lucu. Tertawalah terpingkal-pingkal sampai seluruh tubuh merasakan sensasi lega dan puas itu kuncinya. Tentunya tertawa juga tidak dibuat-buat sendiri dan berlebihan. Tetaplah serius dan fokus dengan pekerjaan yang membutuhkan tuntutan untuk itu.

^ Tersenyum
Senyum ini mencerminkan suasana hati yang sangat bahagia yang tidak mungkin dibuat-buat. Disebut senyum Duchenne yang terpancar melalui wajah sampai ke mata. Senyum ini memberikan manfaat dan khasnya dibangkitkan dengan melihat gambar yang membuat tersenyum atau berbicara dengan orang yang membuat Kita bahagia.

^ Gosip-gosipan
Gosip menurut para ahli mampu merangsang pusat senang di otak kemudian melepaskan endorfin yang membuat rileks. Namun perlu diingat bahwa gosip membicarakan orang lain untuk hal-hal yang positif. Gosip yang positif ini mampu mengikat hubungan erat sesama teman dan keluarga.

^ Lebih sering berhubungan intim
Berhubungan intim layaknya dilakukan bagi yang sudah berkeluarga. Khususnya dalam hubungan suami isteri dalam berumah tangga berhubungan intim merangsang pusat bahagia di otak dan melepaskan endorfin. Rasa cinta dan bahagia dirasakan dengan sentuhan fisik ditambah lagi dengan orgasme membuat kebahagiaan serasa menggebu-gebu. 


Wanita Tangguh menantang maut (sumber: selalutangguh.com)
Melepaskan endorfin dengan berolahraga dan latihan

Ambilah waktu Anda untuk melakukan aktifitas dan olahraga sesuai kebutuhan tubuh secara rutin agar tubuh Anda tetap bugar sampai usia tua.

^ Olah Raga apa pun
Kebanyakan orang yang hobi dan menyenangi kegiatan berolah raga sangat merasakan kepuasan tersendiri. Tanpa disadari endorfin lepas ke peredaran darah bertahan lama melalui latihan maupun olahraga yang Anda lakukan secara rutin. Bagi seorang pemain sepak bola misalnya ketika berlari dilapangan yang cukup luas secara sportif cukup membuat puas dan imbalan kesenangan bagi mereka. Bukan hanya itu aktifitas yang dapat melepaskan endorfin dapat dilakukan seperti berjalan berkelompok, jogging, kerja membersihkan halaman dan pekarangan rumah, berkebun, dan olah raga lainnya.
 
^ Olah raga menantang maut 
Olah raga ini memang tidak mesti dilakukan setiap hari dan tidak langsung membuat suasana hati gembira lagi pula berisiko tinggi, namun cara ini dlakukan untuk mencoba suasana baru yang menggairahkan. Aktifitas berikut ini yang memacu semangat seperti terjun payung, grass track, bersepeda gunung, memanjat tebing, dan lain-lain.

Selain cara-cara di atas ternyata Anda dapat merasakan lega, rileks dan tenang karena mengkonsumsi makanan-makanan di bawah ini:

^ Makan cokelat gelap.
Mungkin pernah merasakan ketika makan cokelat perasaan terasa lebih melegakan perasaan sedih kamu? Mengapa kamu memilih cokelat gelap? Dark chocolate adalah cokelat asli mengandung sedikit gula yang mengandung endorfin yang membuat lega dan tenang. Tidak dikonsumsi berlebihan cukup membawa sepotong di dalam tas sudah cukup membuat senang.

Kankung Tumis Pedas (Sumber: http://www.carakhasiatmanfaat.com)
^ Makan makanan pedas
Makan makanan pedas bagi semua penikmat pedas merupakan tantangan dan pengalaman cicip-mencicipi aneka makanan yang menimbulkan efek menyenangkan bagi penikmatnya. Semua jenis cabe seperti cabe rawit, cabe hijau, dan lain-lain mengandung Kapsaisin yang dapat melepaskan endorfin tubuh. Coba makan-makanan pedas seperti rujak sedap dan pedas, maka Kamu akan merasakan sensasi menyenangkan. Bisa dikatakan rasa pedas dapat menimbulkan adiksi dan meningkatkan mood, menjawab mengapa penikmat pedas tidak henti-hentinya menikmati makanan pedas. Peningkatan mood ini merangsang pelepasan endorfin tubuh yang senantiasan setia membantu kita menekan nyeri alamiah tubuh.

Selain itu, ada lagi kebiasaan yang dilakukan sendiri dalam keadaan rileks namun juga meningkatkan rangsangan kebahagiaan dan melepaskan endorfin sehingga dapat semakin rileks, santai sampai Anda tertidur :)
yaitu santai mendengarkan musik.

Santai dan rileks dengar musik (Sumber: beritasehat.com)
^ Mendengarkan musik
Mendengarkan musik sudah menjadi kebiasaan dan/atau rutinitas kita, merangsang pelepasan endorfin yang memberikan manfaat menambah mood, meredakan stress, menambah konsentrasi dan meningkatkan daya tahan tubuh. Semua orang menyenangi musik dan seperti halnya teman setia selalu menemani perjalanan, pekerjaan, dan aktifitas di mana pun kita berada. Luangkan waktu Anda untuk mendengarkan musik favorit Anda setiap harinya disela-sela santai.

Mari kita gunakan setiap waktu kita untuk senantiasa mengusahakan dan mampu berespon terhadap hal-hal yang membuat pelepasan endorfin tubuh agar tubuh dan jiwa kita sehat selalu, sehingga hidup semakin berkualitas dan akhirnya menjadi orang yang sukses dikemudian hari.

Sumber Inspirasi:
http://id.wikihow.com/Melepaskan-Endorfin 

Post a Comment:

Teman-teman Google+ Terkren!