13 August 2016

Solusi Cepat Eror Blog Posting Markup: Schema.org

Hai Blogger terjadi kesalahan pada struktur data terjadi ketika Anda mulai melakukan beberapa perubahan seperti menambah dan/atau mengurangi kode pada markup yang ada pada template blog. Pada keadaan struktur data yang benar blog Anda akan semakin baik dipahami oleh mesin pencari dan ditampilkan dengan benar dengan cara yang relevan. Seperti halnya Anda memahami ketika membaca halaman web, demikian juga Anda dapat memberitahu mesin pencari utama seperti Google, Bing, dan Yahoo untuk memahami halaman blog Anda dengan menambahkan tag-tag yang saat ini diperkenalkan bersama dengan HTML5.

Pada tulisan ini hendak melengkapi tulisan terdahulu mengenai Eror Struktur Data hAtom. Dirasa perlu dijelaskan secara terperinci tambahan solusi secara lengkap dalam mengatasi Kesalahan/Eror pada Struktur Data yang terjadi pada situs/blog Anda semua, sebab hal ini juga pernah menjadi pertanyaan di Forum Webmaster. Silahkan cek diskusinya di Forum Bantuan Webmaster Google.

Oke kembali pada topik lagi, Tag-tag yang dimaksud di atas berguna memperjelas apa yang menjadi maksud pada judulnya. sebagai contoh:

<h1>Kancil</h1>

Atribut di ini hanya bilang 'Kancil', namun tidak jelas apa yang dimaksudnya. Apakah maksudnya 'mobil kancil?', 'binatang kancil?', dan masih banyak lagi kemungkinannya.  Kemudian bila kita menambahkan lagi seperti contoh di bawah ini:

<div itemscope itemtype="http://schema.org/Movie">
<h1>Kancil</h1>
<span>Producer:Wilfirmus (lahir 16 Agustus 1950)</span> <span>Dongeng</span>
<a href=".../movies/cerita-jenaka-kancil.html"></a>
</div>

Markup dengan penambahan 'itemscope' pada <div>...</div> menunjukan item utama dan khusus tentang film 'Dongeng Kancil' yang ditutup dengan </div>.  Artinya bila Anda menambahkan item baru yang khusus tidak terkait secara langsung dengan markup di atas silahkan ditambahkan pada bagian bawahnya.

Dari contoh di atas penambahan 'itemscope' dapat memberikan signal kepada mesin pencari untuk berupaya menampilkan 'film dongeng kancil' kepada user ketika mengetikkan kata 'kancil', 'dongeng kancil' atau 'produser film kancil', dan kueri lainnya yang berhubungan dengan 'kancil' sesuai relevansinya untuk ditampilkan kepada pengguna.

Kemudian kita coba memfokuskan pikiran kita pada apa itu 'itemscope', karena atribut mikrodata ini menjadi kunci solusi cepat mengatasi kesalahan (eror) struktur data Blog Posting yang dilaporkan pada Search Console Webmaster Anda.

Eror Blog Posting Markup Schema.org menjadi nol
Itemscope
Sederhananya Adalah sebuah atribut yang menjadi tanda untuk memberikan/menjelaskan skop spesifik pada tema yang ingin dijelaskan (lihat contoh dan penjelasan di atas). Pada intinya setiap atribut baik 'itemscope' atau atribut lainnya harus/wajib memiliki nilai atau tag-tag yang mengisi dan menjelaskan judul yang dimaksud. Bila tidak maka akan terjadi kesalahan/eror pada Blog Posting yang Anda dapat ketahui pada Alat Uji Struktur Data.

Setelah banyak menghabiskan waktu untuk mencari cara dan mengutak-atik template blogspot sendiri untuk mengatasi eror atau kesalahan Blog Posting ini, akhirnya menemukan juga solusi cepatnya. Ternyata dengan melakukan perlakukan pada 'itemscope' pada template blog menyelesaikan masalah eror-nya. Anda cukup masuk pada blogger dasbor dan membuka template blogspot Anda. Kemudian cari kode seperti atau yang serupa dengan kode ini:

<div class='post h-entry'itemprop='blogPost'
itemscope='itemscope' itemtype='http://schema.org/BlogPosting'></div>

Untuk mengatasi Eror pada Blog Posting Anda dapat melakukannya dengan dua cara: Pertama, cukup hapus nilai 'itemscope' saja namun dengan cara ini Anda harus menghapus satu per satu eror pada Blog Posting sehingga memerlukan waktu yang tidak sedikit apalagi kesalahan Blog Postingannya ratusan bahkan ribuan! Kedua, hapus semua atribut itemscope='itemscope' cara ini cukup sekali dilakukan dan semua eror pada Blog Posting langsung dapat diatasi semua.

Setelah Anda melakukan proses ini maka Eror atau kesalahan Blog Posting Markup pada Search Console akan mengalami penurunan secara bertahap sampai pada titik nol tidak terjadi kesalahan lagi.
Post a Comment