Cara Blogger Berpikir dan Menghargai Waktunya

Hai Blogger apakah Anda sering merasa waktu begitu tidak bersahabat dan terasa terlewat begitu saja tanpa makna yang dirasakan? Atau merasa waktu sangat-sangat bermakna sehingga memiliki target tersendiri menulis dan terus menulis karena ada banyak ide dalam kepala yang siap mengisi halaman blog? "No time for Blogger" begitu ungkapan yang mungkin biasa kita dengar. Memang tidak ada waktu khusus bagi Anda sebagai Blogger, ide-ide akan muncul kapan dan di mana saja yang siap menjadi inspirasi bagi tulisan blog Anda. Kebanyakan Blogger banyak menghabiskan waktu istirahatnya dalam membangun blog menjadi dinamika yang tidak mengherankan. Dalam ulasan tulisan ini sekedar berbagi pengalaman pribadi bagaimana sebaiknya seorang Blogger berpikir dan menghargai waktunya, sehingga merasakan dan menemukan manfaatnya.

Apa dan Bagaimana waktu itu?
Waktu berjalan tiada hentinya, tidak pernah menunggu dan mengulur-ulur. Waktu adalah anugerah dan sekaligus kesempatan dimana kita masuk dalam suatu irama kehidupan yang panjang sepanjang hayat kita. 

jam berapa?
1 hari=24 jam
1 tahun=365 hari
kapan ya?
semua pasti ada waktunya
apa sempat nggak ya?
masih ada waktu nggak ya?
tepat waktu
ikut alur aja
habis waktu,dan sebagainya.

Waktu dan momen ibarat satu koin yang bersebelahan namun menyatu dan menjadi bagian kesatuan yang sama. Oleh karena itu butuh manajemen waktu yang tepat agar setiap momen dan perencanaan menjadi matang. Waktu tidak akan pernah berjalan mundur yang ada adalah "dejavu" merasa pernah mengalami pada waktu dan tempat sebelumnya :)

Sudahkah kita mengatur waktu kita dengan baik dan bijaksana? Saya dan Anda semua masih dalam proses untuk mencapai ini. Terkadang kita yang sering membuang dan mengulur waktu dalam aktifitas keseharian kita. Tapi tidak salah Kita semua saling mengingatkan dan mencoba mengatur waktu sebaik mungkin.

Suatu hari teman saya marah besar karena saya tidak tepat waktu dalam menjalankan tugas. Dia mengatakan "Hargai waktu dong". Loh kok waktu berharga? "Time is Money" waktu adalah uang, maka kelolalah waktu seperti halnya uang. Waktu dan manajemen waktu seperti halnya asset yang dapat diinvestasikan untuk mencapai tujuan dalam waktu kini dan masa yang akan datang.

Pakar mengatakan kebanyakan kita banyak membuang waktu sekitar 2 jam per hari karena meja berantakan, sulit menemukan sesuatu, janji-janji terlupakan dan lelah/tidak bisa berkonsentrasi.

"Untuk menjadi sukses tidak membuatmu mengelola waktu dengan baik, mengelola waktu yang baik membuatmu sukses" 

"Ada waktu baik dan jelek bagi setiap orang"

Find your creative time

Mengatur waktu yang baik membuat pekerjaan menjadi sebuah kreatifitas yang menarik seni dan kreatifitas. Untuk bisa mendapatkan hasil/pencapaian yang maksimal dalam pekerjaan, kita dituntut untuk mempunyai sikap dan perilaku disiplin dalam menjalankan setiap tugas/pekerjaan yang sudah diatur. Dengan manajemen waktu yang baik secara tidak langsung kita menggali potensi Kita dengan alokasi waktu yang efektif dan efisien mungkin.


Mencatat ide yang muncul menjadi bagian dari serangkaian penghargaan waktu kita. Kita sering lupa ide-ide cemerlang yang muncul sejenak dan bila tidak dicatat akan berlalu dan terlupakan. Sangat disayangkan bila semuanya itu berlalu begitu saja.

Prinsip Manajemen Waktu.
Dalam mengelola waktu untuk mencapai hasil yang baik, beberapa kiat yang Anda dapat lakukan seperti:
^Perencanaan.
Perencanaan merupakan prinsip awal dalam mengelola waktu kita. Perencanaan dan waktu, waktu dan perencanaan keduanya saling membutuhkan pencapaian. Dengan adanya perencanaan yang sistematis menuntut alokasi waktu yang efektif pula. 

^Aktif
Waktu yang sudah ditentukan membutuhkan komitmen dalam menjalankannya. Tidak membuang waktu dan segera menyelesaikan tugas. Sering kali kita menunda tugas dan akhirnya terburu-buru dalam menyelesaikannya. Seseorang yang menghargai waktu proaktif dalam merencanakan waktunya sebelum dia lakukan saat ini.

^Prioritas dan Sasaran.
Ada banyak hal yang dapat menyita waktu Anda. Buatlah prioritas waktu dari yang urgen sampai waktu yang tidak terlalu urgen dan sasaran yang jelas dan realistis. Sebisanya kita mengerjakan hal yang mesti/harus kita kerjakan bukannya mengerjakan yang bisa Kita kerjakan.

^Fokus..Fokus...Fokus
Memfokuskan diri dalam mengelola waktu memberikan diri untuk selalu konsentrasi pada target atau sasaran. Memfokuskan diri menata kembali cara dalam mencapai tujuan yang gemilang. Memfokuskan diri  juga dapat dilakukan dengan mendelegasikan beberapa waktu dan tugas kepada yang dapat melaksanakannya.

^Tidak Menunda-nunda waktu.
Setelah kita menentukan prioritas dan target waktu yang diharapkan dan Anda berfokus di dalamnya, maka langkah selanjutnya adalah lakukan itu sekarang (DO IT NOW). Tidak menunda-nunda waktu.

Dalam prosesnya mungkin sangat sulit bagi kita dalam mempraktikkan manajemen waktu. Oleh sebab itu lakukan langkah demi langkah dan perlahan-lahan anda akan merasakan manfaatnya. Di mana setiap kita mempunyai time freedom, tidak tergantung dan terpengaruh oleh kesesakan, kesibukkan, hiruk-pikuk waktu-waktu yang tidak bermanfaat bagi kita.

Singkatnya:
Ambil pulpen Anda, tulis semua pekerjaan dan waktu yang mesti kita lakukan. Kemudian urutkan berdasarkan prioritas, gunakan sistem 1 menit untuk hal-hal mendesak, interupsi, telefon, dll. Kemudian fokus pada waktu utama tentukan target atau capaian yang bermakna saat dan/atau hari itu. Waktu akan berjalan terus hari demi harinya dan akhirnya menjadi kegiatan rutinitas yang sudah menjadi bagian dari hidup kita. Jangan lupa doakan rencana ini kepada Tuhan agar Dia berkenan bagi semua.

^Seimbang.
Meskipun begitu sibuk dan padatnya waktu Anda, tetapi agar lebih seimbang lagi luangkan waktu bersama keluarga karena tanpa mereka hasil pekerjaan kita tidak ada apa-apanya. Juga yang tidak kalah pentingnya meluangkan waktu untuk Sang Pencipta, mendekatkan diri kepada-Nya karena Dia empunya waktu.

Meski hidup dalam waktu yang padat rencanakan dan ambil waktu untuk kegiatan-kegiatan yang meningkatkan pola hidup sehat kita seperti istirahat, berolahraga, tidak merokok dan makan makanan yang sehat dan seimbang.

Mari kita mengatur waktu kita seefektif dan seefisien mungkin, jangan membuang-buang waktu yang tidak perlu, fokuskan diri pada rencana, prioritas, dan target yang realistis baik dalam jangka waktu kini maupun yang akan datang.
 
Post a Comment

Teman-teman Google+ Terkren!

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.