27 May 2016

Ingin blog terkemuka di mata Google sudahkah lakukan ini?

Membuat blog dan banyak menulis apa saja yang menjadi hobi dan kesukaan tidaklah cukup bagi seorang blogger. Secuek-cueknya blogger pasti ia ingin pengetahuan, pengalaman dan inspirasi dalam bentuk tulisan pada blog pribadi dibaca orang lain. Yang perlu diingat bahwa saat Anda membuat sebuah blog dan mem-publish-nya berarti Anda dan blognya sudah ada di web, pertanyaannya adalah bagaimana orang lain dapat menemukan Anda di web?

Pengunjung yang datang melintas dan membaca situs blog Anda menemukan topik yang menarik dengan harapan memberikan solusi apa yang mereka harapkan dan cari melalui mesin pencari. Meskipun kejadiran mereka boleh dikatakan misterius namun Anda dapat mentarget dan melakukan analisis setiap kunjungan mereka.

Adalah Google sebuah perusahaan raksasa mesin telusur atau search engine yang mencari, menemukan, merayapi, mengindeks dan menyajikan hasil yang relevan sebuah konten situs blog patut menjadi perhatian Anda. Siapa yang tidak ingin blog-nya terkemuka muncul di halaman depan pencarian Google? Meskipun tidak ada jaminan dan Google sendiri tidak menjamin bagi sebuah blog selalu muncul terkemuka pada posisi pole atau halaman utama, namun bukan berarti Anda tidak dapat membuat blog yang ramah Google yang selalu nongol terkemuka di sana!

Setiap blog berpeluang muncul terkemuka. Naik turunnya peringkat blog pada mesin pencari terjadi setiap hari, blog satu dikalahkan oleh blog lainnya tergantung banyak faktor salah satu yang menjadi faktor dominan adalah blog Anda memiliki konten unik, berkualitas dan kata kunci tertarget tepat.

Sebagai contoh dan pengalaman saja. Saya juga mengelola sebuah blog khusus tentang pelestarian seni dan budaya tato Dayak. Pada jam dan menit ini blog Saya tetap pada pencarian utama Google dengan Anda hanya mengetik berbagai variasi kata kunci "tato" seperti tato, tattoo, tatoo, tato Dayak, tato Dayak Borneo, dll. Silahkan mencoba..:) apakah Anda masih melihat wajah Saya di halaman utama Google? atau bila wajah Saya tidak muncul setidaknya blog dan/atau kontennya di https://tattoo-motif-dayak.blogspot.com/.......html yang muncul.

Apakah usaha Saya sendiri sehingga blog di atas selalu tampil pada pencarian halaman utama mesin telusur? Tidak juga, namun usaha Anda dalam membangun konten yang unik, menarik, beda dengan yang lain-lah yang menjadi potensi kenaikan ranking dan menjadikan blog terkemuka. Anda tidak juga sendirian Google menyediakan panduan dan alat yang membantu Anda membuat blog yang sungguh-sungguh berkualitas sesuai topik kegemaran masing-masing.

Tentunya Anda yang sudah jago dalam menulis konten sudah tidak perlu bingung lagi untuk menyikapi hal di atas. Konsep dan panduan Google kiranya menjadi dasar Anda lagi dalam membuat blog semakin lebih baik, seperti:

Fokus Membangun Topik yang Fokus.
Satu Blog satu topik khusus yang menyajikan berbagai konten unik topik tersebut. Topik blog yang fokus atau spesifik biasanya mengupas satu topik beserta permasalahannya lengkap dan panjang lebar. Agar kata kunci benar-benar tertarget lakukan riset kata kunci.

Sebuah analogi saja bila Anda pergi ke sebuah pertemuan A yang tidak hanya berbicara mengenai topik A tetapi bicara topik B, C, D, dan seterusnya, apakah mungkin Anda menemukan solusi lengkap di sana? Demikian juga hal sebuah blog, topik yang spesifik mengarahkan pengunjung pada sebuah target minat, ketertarikan bahkan mungkin ada produk yang mereka cari yang sungguh bermanfaat. Topik yang fokus diiringi dengan membangun konten yang unik berkualitas menjadikan topik bermanfaat bagi pengunjung.

Pelajari dan Ikuti Pedoman Kualitas Webmaster Google.
Ingin Google membantu blog Anda terkemuka, ikuti Pedoman Kualitas Webmaster Google selengkapnya. Pedoman ini selain memberitahukan apa yang harus Anda lakukan agar blog benar-benar unik, berharga dan berkualitas sehebat webmaster, juga memberitahukan apa-apa saja praktik-praktik yang dihindari dalam mengelola sebuah blog. Selain itu juga dengan mengikuti Panduan Kualitas Webmaster Google meningkatkan keamanan Anda dan user, serta antisipasi terjadinya tindak peretasan terhadap blog yang Anda kelola.

Daftar Blog di Search Console Alat Google Webmaster.
Mendaftar Blog di Webmaster Google membuat blog Anda akan lebih mudah ditemukan oleh Google sendiri. Melalui Console ini pula Anda dapat memantau kesehatan blog dan memberitahu apakah ada kesalahan yang dapat menurunkan proses perayapan dan pengindeksan blog seperti kesalahan pada struktur data, perayapan, duplikasi deskripsi meta, keamanan, tindak peretasan, dan lain-lain, serta mengambil langkah dalam menyelesaikan kesalahan-kesalahan yang terjadi.

Search Engine Optimizer (SEO).
Pengoptimalan mesin telusur merupakan cara yang bijaksana dalam memperkenalkan blog Anda pada mesin telusur dan mengikuti petunjuk-petunjuknya. SEO yang tepat membuat blog dirayapi secara bijaksana sehingga terindeks dengan baik oleh Google. Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur dari Google memberikan petunjuk bahwa ada hal-hal yang penting yang perlu dikelola dan ditambahkan agar blog Anda menjadi ramah Google. Google tidak mentolerir praktik-praktik dalam mengelabui mesin telusur. Bila melanggar blog Anda tidak akan muncul pada pencarian Google bahkan dihapus.

Kesimpulan
Ingin blog terkemuka dimata Google membutuhkan usaha bersama antara Anda dan Google. Dari sisi Anda dituntut untuk mampu memilih topik spesifik, menyajikan konten blog yang unik dan menarik yang memiliki struktur kalimat kemungkinan besar diketik dan dicari oleh user pada mesin pencari Google. Google sudah memberikan panduan-panduan yang dapat Anda gunakan dalam mengembangkan blog yang berkualitas sehingga nantinya Google dapat menampilkan hasil yang relevan bagi solusi masalah pengunjung/user.

Ikutilah petunjuk dengan benar. Bila Anda sudah mencoba dan mempraktikan cara-cara di atas maka blog Anda secara bertahap akan dapat naik ranking dan bersaing dengan blog maupun situs-situs web lainnya dan muncul terkemuka pula bisa ranking 1 atau paling tidak muncul pada halaman depan hasil pencarian Google. Bagaimana apa Anda siap?
Post a Comment