Tips ahli seputar memilih layanan domain web hosting yang tepat.

Situs web atau blog yang dikenal baik dimata pengunjung (visitor) dan search engine adalah impian dan sekaligus prestasi Blogger yang hebat!  situs web atau blog yang memiliki reputasi baik ini pastinya dibangun atas dasar  konten yang baik dan sudah SEO friendly, memiliki pengunjung unik (unique visitor) yang banyak, teratur, dan interaktif. Oleh sebab itu setiap blogger terus berusaha, belajar dan mencoba agar reputasi situs web atau blognya semakin baik.  Domain dan Webhosting sangat berperan penting terhadap kesehatan situs web atau blog Anda sehingga situs web Anda lebih mudah dicari oleh pengunjung yang membutuhkan informasi bermanfaat lewat blog Anda. Apa dan bagaimana menemukan penyedia layanan domain dan webhsoting yang dapat dipercaya?

Bagi Anda yang hanya memiliki blog pribadi yang menulis pengalaman, inspirasi, ide, dan sebagainya setiap hari, tidak dirasa urgen dan terburu-buru dalam mencari nama dan hosting blog. Untuk itu Anda dapat memulainya pada layanan blog dan hosting gratis yang lebih banyak dikenal seperti  blogspot, wordpress, dan lain-lain.

Namun bagi yang sudah mulai serius memilih niche blog sendiri, sebaiknya sudah mulai harus mempertimbangkan memiliki nama blog sendiri yang berekstensi TLD yang dianalogikan seperti memiliki lahan terbuka sendiri di internet (hosting) yang sesuai kebutuhan situs web atau blog. Hosting web ini nantinya berfungsi menampung semua file situs web atau blog Anda, serta siap melayani akses setiap pengunjung bila yang membaca situs web atau blog Anda ramai. Apa jadinya bila Anda salah memilih domain dan hosting web, bisa-bisa situs web atau blog Anda sulit mencapai ranking di search engine dan sulit ditemukan oleh pengunjung atau visitor. Rugi dong!

Memilih Domain
Sebelum Anda membeli domain terlebih dahulu mencari dan memilihnya. Memilih domain dapat dilakukan dengan cara riset dalam memilih niche dalam mendapatkan kata kunci yang tepat dan tertarget bagi pengunjungnya. Melalui riset ini juga sekaligus menemukan judul-judul artikel kreatif yang nantinya menjadi topik tulisan konten situs web atau blog Anda.

Khusus blogspot, Anda hanya memerlukan custom domain saja seperti blog saya ini. Keuntungannya hosting web blogspot langsung terletak pada server Google dengan melalui akses Blogger.com. Bagi Anda yang hostingnya bukan melalui blogger, tentunya ingin mengelola situs web dengan menyewa hosting sendiri.

Memilih Web Hosting
Ada beberapa faktor tekhnis yang menentukan seberapa besar web hosting sesuai kebutuhan  situs web Anda, selain besar file apalagi berisi gambar dan video juga seberapa besar pengunjungnya. Berikut ini tips memilih layanan domain dan web hosting yang tepat sesuai kebutuhan Anda:

1. Keberadaan tempat web hosting.
Penyedia layanan web hosting yang dekat menentukan kecepatan akses data servernya dari pada letaknya di Amerika. Selain itu pertimbangan kemudahan dalam melakukan komunikasi saat terjadi masalah tentunya akan lebih mudah dilakukan di dalam negeri sendiri.

2. Lama penyedia Hosting
Perusahaan penyedia layanan domain dan web hosting yang berdiri sudah sejak lama memiliki pengelaman yang cukup banyak dalam mengelola keluhan para pelanggannya. Anda tidak perlu kuatir dengan seputar masalah yang terjadi ketika menyewa domain dan web hosting pada mereka.

3. Banyak pelanggan 
Untuk mengetahui seberapa banyak pelanggan untuk sebuah weh hosting lihat di Domain Tools dan Anda cukup memasukan nama servernya kemudian    lookup  . Pelanggan yang banyak menunjukan banyaknya tingkat kepercayaan pelanggan terhadap penyedia domain dan web hosting tersebut.

4. Customer Servis.
Penyedia domain dan web hosting memiliki keunggulan masing-masing. Carilah penyedia yang memungkinkan Anda live chat untuk bertanya baik pertama kali maupun saat akan konsultasi seputar masalah domain dan web hosting yang Anda sewa. Cari dan tanyakan beberapa servis yang mungkin dan/atau vital dibutuhkan sesuai kondisi situs web atau blog Anda seperti server tidak berfungsi, hacker, pemeliharaan, dan lain-lain. Selain itu ada perusahaan yang juga berani memberikan garansi uang kembali dalam hal servis uptime jaringan dan server.

5. Kecepatan Server. 
Kualitas server yang baik akan mendukung situs web atau blog Anda yang baik pula. Server adalah ruang tempat penyimpanan data situs web atau blog Anda. Kualitas server sangat ditentukan oleh seberapa besar (space), kecepatan akses data (bandwidth) yang dibutuhkan pengunjung situs web atau blog Anda. Banyak tools online yang digunakan untuk mengetahui kecepatan server sebuah penyedia hosting salah satunya host-tracker.com.

6. Backup data server.
Mekanisme backup data situs web atau blog, pertama dilakukan langsung dari cPanel/server sendiri, kedua oleh penyedia web hosting pada servernya. Anda juga dapat menanyakan seberapa sering penyedia melakukan backup data pada server mereka, sehingga bila terjadi masalah Anda dapat meminta data situs web atau blog sebelum-sebelumnya.

7. Fitur-fitur menarik.
Banyak webmaster berpengalaman menulis pentingnya database penyimpanan data-data dalam situs web atau blog Anda. Database yang paling sering digunakan untuk penyimpanan data saat ini menggunakan MySql. Selain itu juga dikenal pula PHP (Personal Home Page) yang juga dikenal pula dengan Hypertext Preprocessor berisi bahasa pemrograman untuk membuat situs web pribadi lebih profesional. Web hosting dengan paket yang cukup mahal menyediakan beberapa domain yang dinamakan sub-domain. Anda yang menyewa hosting ini diijinkan dan diberikan fasilitas dapat membuat beberapa domain (biasanya paling banyak 5 domain) dalam satu server cPanel Anda. Misalkan: domain Anda www.saya1.com, www.saya2.com, www.saya3.com, dan seterusnya.

Tentunya memilih layanan domain dan web hosting diputuskan oleh Anda masing-masing, namun uraian di atas sudah cukup memberikan informasi mengenai penyedia domain dan web hosting secara umum. Anda tinggal memutuskannya. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk semua. :)

Sumber:
http://www.webhostingterbaik.org/2014/12/tips-memilih-domain-dan-hosting.html
http://www.duniailkom.com/pengertian-dan-fungsi-php-dalam-pemograman-web/ 
https://www.jagoanhosting.com/aturan-layanan
Post a Comment

Teman-teman Google+ Terkren!

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.