HTTPS Dukung Keamanan Blogger Anda

Sama seperti standar keamanan kebanyakan situs web lainnya kini HTTPS mendukung keamanan Blog Blogger juga. Setiap Anda mengetikan alamat pada jendela browser dengan HTTPS dengan sendirinya data yang dikirimkan selalu digembok atau dikunci tidak ada yang tahu kecuali penerima (server). Data yang digembok tersebut merupakan data yang sudah dienkripsi secara otomatis. Data yang dienkripsi adalah data yang sudah diubah menjadi kode lain yang sulit dipecahkan oleh penyerang.

Bayangkan saja ada milyaran pengguna internet setiap waktu mengakses milyaran situs web melalui mesin pencari yang tidak meng-enkripsi data yang dikirimkannya, ternyata berpotensi besar di-hack  oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan perangkat lunak atau netstat yang mudah dan mampu menampilkan data aktivitas para user internet dalam mengakses situs-situs di jagat maya dan mempergunakan data-data tersebut  untuk tujuan kejahatan. Yang paling berisiko adalah data-data user dan password pengguna internet.

Mungkin Anda yang bukan pelaku bisnis online yang selalu melakukan aktivitas mungkin tidak merasakan risiko yang besar. Tetapi bagi yang aktif dalam melakukan aktivitas internet yang penting, transaksi, dan lain sebagainya memiliki risiko ketidakamanan.

Tidak terlepas dari itu juga dunia blogging yang notabene banyak diminati Blogger dalam menggeluti bisnisnya harus juga mematuhi keamanan dalam melakukan aktivitas blogging-nya. Blogger Buzz mulai September 2015 yang lalu mengumumkan bahwa HTTPS sudah dapat mendukung semua pengguna Blogger. Mulai kini Anda semua pengguna Blogger segera melakukan pengaturan Blog dari HTTP menjadi HTTPS dengan cara yang sangat-sangat mudah.

HTTPS bermanfaat: 1) mengamankan Blog dari aktor kejahatan yang mencoba mencuri informasi seperti jejak penulis dan para pengunjung Blog; 2) mendeteksi penyerang yang mencoba mengalihkan pengunjung pada situs yang berbahaya; 3) Mendeteksi penyerang mengubah data yang dikirimkan Blogger kepada pengunjung Blog.

Untuk melakukan pengaturan HTTP menjadi HTTPS, yaitu dengan:

1. Sign in Blogger home Anda
2. Pilih "Settings" 
3. Pilih "Basic"
4. HTTPS Settings
5. Centang "YES"

Baiklah pengaturan HTTP menjadi HTTPS Anda sudah selesai. Untuk menghindari gangguan redirec ke HTTPS setiap halaman Blog Anda, Blogger sarankan: >> gunakan widget yang hanya berasal dari Blogger Google >>selalu browsing dengan HTTPS setiap mengunjungi Blog Blogger Anda, dan >> ganti HTTP menjadi HTTPS pada template Anda yang ada HTML-nya.

Catatan:
Bagi Anda yang sudah meredirek blogspot ke custom domain, seting HTTPS pada blog secara otomatis nonaktif.

Demikian Selamat Mencoba. Be Secure!

Sumber:
1. Gambar: http://www.allblogthings.com/2015/10/10-best-ssl-certificate-providers.html
2. Blogger
3, Google
    Post a Comment

    Teman-teman Google+ Terkren!

    Popular posts from this blog

    Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

    Jarum suntik: cara penggunaan dan risikonya.

    Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.