Sitemap atau Peta situs adalah format file yang ada pada blog yang berisikan metadata yang Anda buat untuk perayap web agar perayap web Googlebot atau spider web lainnya dapat menjelajahi dan menemukan file-file di situs atau blog Anda. Metadata yang Anda buat pada peta situs merupakan informasi tentang laman web blog Anda seperti kapan terakhir kali Anda memperbaharui laman, kapan merubah laman web Anda, dan aktivitas lainnya pada blog tersebut.

Beberapa aktifitas yang dapat Anda terapkan dalam membuat dan mengelola peta situs blog seperti:

Mengetahui peta situs blog melalui robots.txt
Mengetahui format peta situs melalui seting robots.txt blog Anda. Caranya:
buka URL blog misalnya: http://wilbeblogger.com/robots.txt

hasil pencarian:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://wilbeblogger.com/sitemap.xml (URL Peta Situs Blog Saya)
format peta situs dengan/sitemap.xml memberikan data aktifitas blog cukup lengkap bagi spider web.

URL Feeds Google.
URL feeds yang diberikan kepada Anda setelah subscribe di feedburner Google dapat digunakan untuk dasar peta situs blog Anda. Namun, peta situs yang dibangun dengan URL feedburner hanya memberikan pembaharuan URL pos/artikel blog Anda saja, tanpa memberikan keterangan lengkap aktivitas-aktivitas seperti kapan memodifikasi, memperbaharui laman dan lain sebagainya.

Contoh URL feedburner Google Saya:
http://wilbinaul.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss


Membuat Peta Situs secara Online
Banyak jasa membuat peta situs online. Anda dapat memilih website sesuai dengan minat Anda. Misalkan https://www.xml-sitemaps.com dan web lainnya.

Sederhananya peta situs merupakan aktivitas Anda pada situs web sendiri seperti memodifikasi dan mengubah situs web yang terekam dalam bentuk file-file yang sebenarnya bukan rahasia publik.  Lihat contoh peta situs saya sebagai gambaran untuk Anda.

Agar mendapatkan servis dan proses perayapan secara cerdas dan maksimal tahap selanjutnya Anda dapat mendaftarkan peta situs Anda di Google Webmaster Tools.

Sumber: Blogger dan Google

Post a Comment:

Teman-teman Google+ Terkren!