22 November 2015

Membuat dan Setting Post unik di Blogger

Anda yang sudah mendaftar dan memiliki Blog baru di Blogger pastinya sudah tidak sabar segera membuat artikel-artikel baru Anda. Membuat pos Blog dan melakukan pengaturan (setting post) mungkin jarang menjadi perhatian Blogger. Agar Anda dapat membagikan manfaat artikel yang ditulis, setidaknya ada ketentuan yang harus dilakukan selain konten Blog yang berkualitas juga harus melakukan pengaturan pos (setting post) yang tepat dan unik agar tulisan Anda berangsur-angsur dapat dikenal oleh pengunjung lewat mesin pencari (search engine).

Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat artikel baru Blog di Blogger:
1. Masuk dengan Akun Google Anda di Blogger.com
2. Buat pos baru (new post): Buat judul dan tulisan seperti pada gambar di bawah.


3. Buat Label unik, permalink, dan search description pada pengaturan pos (Post Settings) lihat gambar di bawah ini


Label sering juga disebut tag adalah kata atau kalimat pendek terdiri dari kata-kata unik penyusun yang terdapat dalam pos/artikel yang baru saja Anda buat. Tidak melebihi 20 label dalam 1 pos/artikel Blog. Sebagai contoh Anda dapat memperhatikan label pada setiap pos/artikel pada Blog ini agar mendapatkan gambaran cara penggunaannya. 



Label ini dapat diibaratkan peluru senapan yang siap mentarget setiap pencarian kueri/kata pada mesin pencari.  Label/tag berguna dalam proses perayapan Blog (web crawler) Anda di web dengan memberikan beberapa label/tag unik maka pos Blog Anda semakin mudah dikenali dengan target kata-kata yang dibuat. 

Permalink tidak lain adalah URL Pos Blog Anda sendiri yang sedikit banyak dapat menggambarkan judul Blog serta isi keseluruhan Blog. Anda dapat menggunakan salah satu permalink ini baik permalink otomatis (automatic permallink) atau permalink sendiri (custom permalink).  Lihat contoh pada gambar di bawah ini, Saya tetap menggunakan Permalink Otomatis karena judul Blog tidak terpotong. 

Permalink Otomatis Wilbeblogger

Bila judul Blog yang terlalu panjang, Permalink Otomatisnya kerap terpotong sehingga Anda dapat membuat permalink sendiri (Custom Permalink) untuk mengantisipasinya. Caranya klik Custom Permalink kemudian tambahkan setiap kata judul blog Anda dengan strip sebagai pemisahnya. Contoh:

Custom Permalink Wilbeblogger

Membuat Custom Permalink bisa sama atau berbeda dengan judul Blog yang Anda buat. Yang paling penting dalam membuat custom permalink adalah permalink itu menggambarkan keseluruhan isi pos/artikel yang baru Anda buat pastinya lebih ramah SEO (Search Engine Optimization).

Search Description (Deskripsi Penelusuran) juga merupakan pengaturan pos yang juga tidak kalah pentingnya. Kalimat deskripsi ini yang menjadi acuan mesin pencari dalam mengidentifikasi pos/artikel di web. Anda yang harus membuat dan menentukan deskripsi penelusuran pos/artikel sendiri dengan membuat kalimat singkat, tegas, lugas dan padat yang memberikan gambaran secara keseluruhan isi pos/artikel Blog Anda sehingga saat ditemukan pengunjung pada pencarian internet kalimat deskripsi ini menggugah pengunjung untuk meng-klik dan membacanya.



Sekian dulu penjelasannya semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga bisnis Anda sukses selalu.

Sumber: Blogger dan Google.
Post a Comment