24 November 2015

Upgrade Blog di Google+ dan Keuntungannya

Google memang keren abis!, perusahaan raksasa sejagat maya ini tidak kehilangan akal untuk selalu memberikan pelayanan terbaiknya bagi pengguna-pengguna produknya salah satunya platform Blog Blogger. Blogger secara langsung dapat terkoneksi dengan Google+ yang memungkinkan Blog Anda ter-upgrade dan mendapatkan pengunjung dari pengguna Google+ lainnya, serta Blogger akan lebih mudah terindeks di mesin pencari khususnya Google search engine. Anda pengguna Blogger sangat disarankan bergabung dan aktif di Google+, serta membagikan setiap pos/artikel Blog Anda di sana.

Bergabung, berbagi pengalaman dan pengetahuan dari pribadi dan/atau Blog Anda di Google+ merupakan salah satu tawaran metode dan saran yang sangat baik dari Google dalam meningkatkan pengunjung Blog atau situs web Anda. Berikut ini beberapa langkah yang dapat menjadi acuan Anda bagaimana meng-upgrade Blog di Google+ dan mengambil manfaatnya.

Pertama, mendaftar di Google+
Cari di Google kata kunci "Google+ atau Google Plus", kemudian Join Google+ (lihat gambar di bawah ini):




Masuk dengan Akun Google Anda (Gmail dan Password).


Buat Profil Google+ Anda dengan mengisi form seperti pada gambar di bawah ini kemudian   Tingkatkan 




Tambahkan orang lain sebaiknya yang Anda kenal (Catatan: jangan pernah menambahkan orang lain yang tidak Anda kenal). Kemudian    Lanjutkan   



Selanjutnya Tambahkan Foto dan Identitas lainnya sesuai permintaan pada form gambar di bawah ini. Anda juga bisa langsung klik   Selesai   dan dapat melakukan editing manambah foto dan profil lainnya di lain waktu.




Saat Anda klik   Selesai   Anda sudah bergabung dengan Google+ Anda langsung bisa membuka profil, melakukan posting pribadi dan/atau Blog dan edit profil di sana.




Kedua, Pasang Gadget Google+ Comment pada Blog
Tambahkan Gadget Google Comment pada bagian bawah (kaki) pos/artikel Blog Anda yang memungkinkan lingkaran Anda semakin luas karena user dari Google+ mengomentari Blog Anda.


Ketiga, Pasang +1 pada Blog
Gadget +1 sangat bermanfaat untuk sebuah konten Blog Anda. Pada saat pengunjung merasakan konten Blog Anda bermanfaat maka mereka akan memberikan +1. +1 juga sebagai ucapan terima kasih pengunjung atas manfaat Blog Anda. Semakin banyak orang yang memberikan +1 kepada konten Blog Anda, maka Blog Anda semakin unik di mata Google.

Keempat, Bagikan Pos/artikel ke Google+
Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk posting artikel Blog ke Google+
> Masuk pada Blogger Anda, Ijinkan Komentar Google+ dan buat pengaturan posting otomatis atau dengan konfirmasi saat akan mempublikasikan pos/artikel Blog. Lakukan sesuai gambar di bawah (tanda warna merah).




>> Bila tidak di atur secara otomatis share di Google+ lakukan secara manual dengan copy-paste URL asli artikel Blog yang ingin Anda bagikan dengan pengaturan share publik. Dengan membuka luas pembagian secara publik memberikan kesempatan dan peluang bagi web crawler Google menemukan dan mengindeks Blog Anda, sehingga Blog lebih dikenal oleh mesin pencari (search engine).

Kelima, Space Foto Lebih Besar
Anda yang sudah bergabung dengan Google+ tidak perlu kuatir dengan besarnya kapasitas foto yang akan anda posting pada setiap pos/artikel Blog Anda. Saat Anda bergabung dengan Google+ ruang yang diberikan semakin besar. 

Semua foto pada Blog Anda terkoneksi dengan Picasa (situs tempat menyimpan foto milik Google). Hanya Picasa hanya menyediakan space 1GB.  Bila Anda bergabung dengan Google+ space yang disediakan menjadi 15GB sharing kapasitas dengan Gmail dan Google Drive. Bahkan, Google menjamin ukuran foto pada Blog Anda dengan kapasitas di atas 16 megapiksel (4920 x 3264) dapat menempati ruang penyimpanan yang disediakan.

Keenam, Pasang Gadget Follow Google+


Anda yang sudah bergabung dan eksis di Google+ tentunya ingin apa yang Anda posting dari Blog Anda dikunjungi dan memberikan manfaat bagi pengunjungnya. Pasang Gadget Follow Profil Google+ Anda pada Blog agar lingkaran pertemanan Anda semakin luas berkat Google+.

Cukup sekian ada enam langkah bergabung dan upgrade Blog di Google+ semoga bermanfaat dan selamat mencoba semoga sukses bagi Anda semua.

Sumber: Blogger, Google dan Wikipedia
Post a Comment