Cantik cakep tidak cukup menjadi Perawat Idaman kalau bukan disertai ini.

Profil seorang perawat idaman | Jobdesc.net
Perawat merupakan tenaga kesehatan yang paling banyak. Menurut data profil kesehatan 2015 dari Depkes ada 45,65% jumlah perawat yang ada di rumah sakit seluruh Indonesia. Data ini mau menunjukan bahwa peran dan fungsi keperawatan dalam sebuah pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sangat dominan dan dibutuhkan. 


Sejalan dengan itu peran perawat sangat strategis di suatu fasilitas pelayanan kesehatan. Pertambahan kebutuhan keperawatan ini seiring dengan pertambahan partisipasi masyarakat untuk berobat dan membutuhkan pelayanan keperawatan baik di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya.

Kalau jumlah perawatnya dominan, apa kata orang mengenai perawat? atau sebaliknya apakah kamu sebagai seorang perawat sudah memberikan pelayanan yang baik? Terus terang masyarakat sangat mengindamkan seorang sosok perawat yang baik. Bila mereka mengidamkan hal itu, mungkin saat ini tidak banyak perawat yang menjadi idaman mereka?

Semua orang juga tahu perawat idaman bagi mereka adalah perawat yang ramah, senyum, teliti, bersih, cantik/cakep, dan lain sebagainya. Namun pada kenyataannya bila kita mau jujur dan menghitung satu per satu mungkin kita sulit mendapatkan bahkan kita sendiri sulit memenuhi kriteria yang diharapkan kebanyakan orang di atas. Mungkin ada perawat yang memiliki 2 dari sekian banyak hal baik di atas atau bahkan tercatat perawat terjudes sedunia😠😠😠. Mudah-mudahan tidak yaπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€...

Perawat idaman yang didambakan masyarakat adalah perawat yang dicintai masyarakat dan juga disenangi antar teman sejawat lainnya. Tolok ukur perawat idaman adalah bagaimana pelayanannya kepada masyarakat dan sesama. Namun begitu menjadi seorang perawat idaman membutuhkan proses yang tidak mudah. Perawat idaman tercapai berawal dari kesadaran dan insaf akan nilai-nilai yang baik demi tercapainya kesehatan yang optimal tanpa memandang perbedaan.

Perawat idaman bukan hanya perawat profesional dari segi akademik namun terbukti dari tindakan dalam pelayanan pekerjaannya. Perawat profesional selalu mengembangkan diri hari demi hari dalam bidang ilmu pengetahuan keperawatan, Keterampilan dan sikap. Berikut ini adalah beberapa cerminan prinsip dan nilai seorang perawat idaman profesional dalam bekerja:

Memiliki Pengetahuan dan Keterampilan.
Dasar seorang perawat melakukan tindakan keperawatan karena memiliki wewenang. Wewenang ini didapatkan melalui pendidikan dan keterampilan yang sudah didapatkan sebelumnya. Seorang perawat wajib tahu setiap tindakan apa yang dilakukan sebab tindakan ini ada landasan ilmu pengetahuannya. Perawat harus mampu mempertanggungjawabkan setiap tindakan yang dilakukannya bila kelak mengalami masalah hukum. Memiliki pengetahuan dan keterampilan pada setiap tindakan keperawatan yang dilakukan demi tercapainya tujuan yang diharapkan oleh klien untuk mendapatkan peningkatan taraf kesehatannya.

Ramah.
Perawat idaman senantiasa ramah, tidak judes, tidak lekas marah, bertutur kata yang mudah dipahami oleh klien, senang menyapa, penuh perhatian dengan kondisi penyakit yang dirasakan oleh klien maupun keluarga. Ketidakramahan perawat membuat klien semakin merasakan sakit yang mendalam dan kompleks, memperlambat kesembuhan bahkan menambah penyakit klien semakin parah😁.

Disiplin.
Perawat idaman siap sedia melakukan pekerjaan, tepat waktu dan tahu apa yang menjadi tugas, kewajiban dan tanggungjawab profesional sebagai perawat. Perawat yang disiplin bekerja sistematis dan berhati-hati.

Jujur.
Perawat yang jujur senantiasa bertindak yang jujur pula. Perawat yang jujur adalah perawat yang senantiasa memperhatikan the rule of game dalam bertindak melakukan praktik keperawatannya. Perawat yang jujur juga memahami batas kemampuannya dalam melakukan tindakan dan dengan bijak membuat keputusan klinis terhadap klien yang dirawatnya. Perawat yang jujur tidak bertindak sendiri-sendiri melainkan selalu melakukan kolaborasi dengan teman sejawatnya.

Cekatan.
Perawat selalu cekatan dan tanggap terhadap situasi dan kebutuhan akan situasi itu. Perawat seperti ini kerap diilustrasikan sebagai perawat yang berjalan cepat, tidak loyo, pintar dan penuh perhatian. Perawat yang cekatan adalah perawat yang kreatif dalam melakukan pekerjaan. Misalkan tanggap akan situasi gawat darurat, tanggap akan pentingnya pencatatan dan dokumentasi keperawatan, pentingnya menjaga privasi dan kerahasiaan rekam medis, memelihara suasana pelayanan yang kondisif, tanggap terhadap tindakan keperawatan sesuai kebutuhan klien, dan lain sebagainya.

Bersih dan Rapi.

Perawat idaman selalu menjaga kebersihan diri (higiene personal perawat), lingkungan dan berpakaian rapi. Perawat profesional tanggap terhadap kondisi lingkungan yang berpotensi mengganggu keamanan dan kenyamanan perawatan klien.

Perawat Cakep/Cantik!
Tidak dapat disangkal bahwa kebanyakan klien yang pernah berobat ke salah satu tempat layanan kesehatan tidak lepas dari pandangannya akan "perawatnya baik, cantik, ada yang ganteng juga lo.. yang di ruang itu..." πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€. Apakah itu di antaranya teman-teman semua!? Perawat yang cakep/cantik selalu memikat perhatian bagi sesiapa yang melihatnya di fasilitas kesehatan mana pun. Namun apalah artinya bila seorang perawat cakep namun tidak memenuhi kriteria-kriteria baik di atas!πŸ˜‰πŸ˜€.


Mungkin teman-teman perawat semua dan juga saya belum dapat dikatakan bahkan sulit menjadi perawat idaman?πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ yang terpenting bagi seorang perawat (apapun kondisi dan latar belakangnya) diharapkan mampu memancarkan suasana hatinya lewat pelayanan terbaik yang diberikannyaπŸ‘πŸ‘.

Bagi teman-teman perawat dan saya, apakah kita sudah layak disebut perawat idaman dan melayani dengan sungguh-sungguh bagi semua? (semoga).
Post a Comment

Popular posts from this blog

Daftar Blog atau Situs Web di Google Webmaster.

Memperbaiki Eror Struktur Data hAtom Markup Microformat pada Structured Data Testing Tool.

Rahasia Konten Blog Unik SEO